Sukses

Ganbatte Artinya Semoga Berhasil, Pahami Cara Pengucapan dan Penerapannya

Liputan6.com, Jakarta Ganbatte artinya dalam bahasa Indonesia adalah semoga berhasil. Namun selain terjemahan ini, kata ganbatte artinya juga bisa diterjemahkan sebagai bertahanlah, jangan menyerah, lakukan yang terbaik, teruskan, lakukan yang terbaik, maju, bertahan, tetap fokus, dan kata-kata yang berisi mendoakan keberuntungan serta kerja keras.

Menjadi salah satu kata dalam bahasa Jepang yang sering digunakan, mengetahui makna dari kata ganbatte artinya mengetahui juga terminologi dan juga latar belakang penggunaan kata ganbatte dalam budaya Jepang sendiri. Kata ganbatte sendiri sangat sering digunakan untuk mendorong diri dan orang sekitar untuk melakukan sesuatu sebaik mungkin.

Mengetahui cara pengucapan ganbatte yang baik dan benar juga menjadi salah satu poin yang penting, dengan mengetahui penggunaan kata ganbatte artinya Anda bisa menggunakan kata ini dalam situasi atau kondisi yang cocok. Karena untuk menyemangati seseorang, tidak hanya kata ganbatte saja yang dapat Anda gunakan dalam bahasa Jepang.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (25/1/2023). Pengertian kata ganbatte, terminologi dan latar belakang budaya ganbatte di Jepang, serta cara pengucapannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Ganbatte Artinya

Ganbatte Artinya

Ganbatte adalah salah satu ekspresi paling umum yang akan anda dengar dari penduduk setempat dan menjelaskan pandangan mereka tentang tekad dan ketekunan. Kata Ganbatte dapat ditulis dalam 3 cara berbeda menggunakan katakana, kanji, atau hiragana.

Kata ganbaru dan ganbatte sering digunakan dalam masyarakat Jepang sebagai cara umum untuk mendorong seorang teman untuk melakukan segala sesuatu dengan sebaik mungkin, atau menyemangati teman maupun orang-orang yang anda sayangi.

Orang non Jepang yang akrab dengan istilah Jepang "ganbatte" terkadang menganggap terjemahan bahasa Inggrisnya sebagai "keberuntungan" atau "kerja keras". Namun, ganbatte bukan tentang keberuntungan seseorang dan lebih banyak tentang menentukan takdirnya sendiri. Terjemahan ganbatte yang lebih spesifik dan tepat adalah "lakukan yang terbaik".

3 dari 5 halaman

Terminologi Ganbatte

Terminologi Ganbatte

Istilah Ganbatte sebenarnya adalah bentuk kata penghubung dari kata kerja 'ganbaru' yang terdiri dari dua karakter 頑 (gan) yang berarti keras kepala atau keras dan 張る (haru) yang berarti menonjol. Saat anda menggabungkan kedua karakter tersebut bersama-sama, mereka membentuk konsep bekerja keras atau berjuang tanpa henti untuk mencapai tujuan tertentu.

Jika anda menemukan diri anda dalam situasi yang membutuhkan dorongan dan dukungan, gunakan istilah Ganbatte yang secara harfiah dapat berarti salah satu dari ungkapan berikut : semoga berhasil, bertahanlah, jangan menyerah, lakukan yang terbaik, teruskan, lakukan yang terbaik, maju, bertahan, tetap fokus dan seterusnya.

Berbeda dengan ganbare yang terdengar lebih tegas, ganbatte adalah cara sederhana untuk menyemangati seseorang, dan berharap mereka melakukan yang terbaik. Dalam situasi yang mengharuskan anda untuk bersikap sopan, anda dapat menggunakan kudasai setelah ganbatte atau anda mungkin terlihat sedikit kasar secara tidak sengaja.

Diyakini bahwa Ganbatte telah digunakan sejak zaman Edo, yang berasal dari ungkapan 'melihat ke depan, lanjutkan.' Istilah Ganbatte dapat ditulis dalam kanji sebagai ganbatte, katakana sebagai ganbatte atau dalam hiragana sebagai ganbatte.

Untuk lebih menekankan tentang mengatasi tugas yang dihadapi dapat juga dikatakan sebagai "ganbatte ne" atau "ganbatte yo Kata ini digunakan untuk mendorong orang untuk berjuang untuk sesuatu yang mereka lakukan, baik di tempat kerja atau sekolah dan hal-hal lain. 

4 dari 5 halaman

Cara Pengucapan Ganbatte

Latar Belakang Budaya Ganbatte di Jepang

Ganbatte lebih dari sekedar kata dalam bahasa Jepang. Ganbatte adalah komponen bahasa inti dari budaya dan etos negara. Ganbatte menggambarkan sesuatu yang mengakar pada warga Jepang sejak lahir, sebuah sentimen yang dibawa bersama mereka sepanjang hidup mereka.

Ganbatte adalah panggilan untuk bertekun apapun tantangan yang ada, apakah itu tugas sehari-hari yang sederhana, wawancara kerja penting, kompetisi olahraga remaja, atau sesuatu yang serius seperti berjuang melawan penyakit yang mengancam jiwa. Meskipun ada unsur empati dalam ganbatte dan kemiripan dengan menyarankan agar seseorang "bertahan", Ganbatte juga merupakan seruan di saat-saat sulit. 

Bagi orang Jepang, ganbatte merupakan cara hidup, tidak peduli kesulitan apa pun yang dihadapi. Ganbatte terkait dengan istilah gaman, dari Buddhisme Zen, yang pada akhirnya berarti bertahan dengan bermartabat tidak peduli betapa sulitnya keadaan seseorang. 

Ganbatte adalah elemen-elemen yang menentukan budaya Jepang, yang ditampilkan dalam berbagai cara mulai dari komitmen dan kesetiaan mereka di tempat kerja hingga rasa hormat yang diperoleh oleh mereka yang bertahan dengan kerendahan hati dan tanpa keluhan. 

Cara Pengucapan Ganbatte

Pengucapan kata Ganbatte yang benar adalah gahn-baht-te, yang telah ditransliterasikan dari huruf kanji atau aksara Jepang. Sekarang setelah kita memiliki pengucapan yang benar, kita akan beralih ke cara penggunaannya. 

5 dari 5 halaman

Cara Menggunakan Ganbatte

Cara Menggunakan Ganbatte

Tergantung pada orang atau situasinya, orang Jepang menggunakan ganbatte dalam beberapa cara berbeda, masing-masing menyerukan tema sentral ketekunan dan mencoba yang terbaik. Dalam menggunakan kata ini, terdapat sejumlah variasi berbeda yang perlu dipahami, berikut penjelasannya.

1. Ganbatte kudasai

“Ganbatte kudasai” adalah cara yang lebih formal atau sopan untuk memberi tahu seseorang “lakukan yang terbaik”, sedangkan ganbatte sendiri akan dianggap sebagai cara yang lebih santai. Penambahan “kudasai” mengubah frasa menjadi “lakukan yang terbaik, tolong.” Bagaimanapun, itu adalah panggilan bagi pendengar untuk berusaha mencapai potensi tertinggi mereka, untuk memberikan segalanya, usaha apa pun yang ada di depan mereka.

2. Ganbarimasu

Tanggapan yang tepat untuk Ganbatte kudasai adalah “Hai, ganbarimasu!” dan tanggapan yang tepat untuk ganbatte adalah "Un, ganbaru!" Kedua hal tersebut merupakan pengakuan kepada pihak lain yang dapat diterjemahkan sebagai “ya, saya akan melakukan yang terbaik”. Ada dua perbedaan penting dalam hal bagaimana anda dapat menggunakan ganbatte dengan rekan kerja dan dengan atasan anda.

3. Ganbare

Ganbare adalah bentuk penting dari ganbatte, dan masih dapat diterjemahkan sebagai "lakukan yang terbaik", tetapi dalam hal ini, ini lebih merupakan perintah daripada keinginan. Anda tidak perlu mengatakan "ganbare" kepada atasan di tempat kerja, misalnya. Ganbare lebih cocok di antara teman sebaya atau dari atasan dengan seseorang yang peringkatnya di bawahnya di lingkungan kerja, misalnya.

4. Ganbarou

Bentuk seruan kolektif dari ganbatte adalah "ganbarou," yang diterjemahkan menjadi "mari kita semua melakukan yang terbaik." Ganbarou adalah tentang tim yang menghadapi tantangannya bersama; itu adalah komitmen di antara semua anggota untuk mengerahkan upaya terbaik mereka.

5. Ganbatte iru

Saat tugas sedang berlangsung, atau bahkan setelah selesai, ada variasi tambahan ganbatte yang digunakan dalam budaya Jepang. “Ganbatte iru” adalah salah satu contoh yang digunakan saat tugas sedang berlangsung, dan terutama jika perjuangannya sulit, untuk menekankan “Saya melakukan yang terbaik”.

6. Ganbaritai

“Ganbaritai” dapat digunakan saat tugas sedang berlangsung untuk mengungkapkan suatu bentuk keraguan, “Saya melakukan yang terbaik, tetapi saya mungkin tidak dapat mengatasi rintangan ini.”

7. Ganbatte ita

"Ganbatte ita" akan digunakan untuk menggambarkan melakukan yang terbaik di masa lalu, sebagai cara untuk merenungkan perjuangan masa lalu atau tugas yang sulit dan memastikan bahwa seseorang memang mencoba yang terbaik.

8. Ganbarrankatta

“Ganbarankatta” adalah pengakuan bahwa “Saya tidak dapat melakukan yang terbaik,” dan ini adalah cara rendah hati untuk mengambil tanggung jawab atas kegagalan diri sendiri, tanpa menyalahkan keadaan atau orang lain.

9. Ganbatta

Demikian pula, sebagai tindakan untuk menghibur atau menyemangati seseorang dalam skenario di atas, anda dapat memberitahu mereka "ganbatta daro", yang dapat diterjemahkan menjadi "kamu melakukan yang terbaik yang kamu bisa". Dalam kasus di mana tugas telah diselesaikan, terlepas dari hasilnya, seseorang dapat memberi tahu teman dan keluarganya "ganbatta", yang berarti "Saya melakukan yang terbaik". "Ganbarimashita" akan menjadi cara yang lebih formal untuk mengatakan hal yang sama.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS