Sukses

Konsulat Haji KJRI Jeddah: Bandara Kertajati Dapat Digunakan untuk Jemaah Haji 2023

Konsul Haji KJRI Jeddah, Nasrullah Jasam mengatakan Bandara Kertajati (KJT) Jawa Barat sudah dapat digunakan untuk pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji 2023 atau 1444 H.

Liputan6.com, Jakarta Konsul Haji KJRI Jeddah, Nasrullah Jasam mengatakan Bandara Kertajati (KJT) Jawa Barat sudah dapat digunakan untuk pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji 2023 atau 1444 H. Dia mengungkap, surat yang dikirimkan pihak General Authority of Civil Aviation (GACA) Arab Saudi terkait penggunaan bandara itu, sudah diterima.

"Alhamdulillah, setelah melalui proses komunikasi intensif, Bandara Kertajati dipastikan bisa digunakan mulai tahun ini untuk pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji," terang Nasrullah Jasam di Jeddah, seperti dikutip dari siaran pers Kamis (2/3/2023).

Menurut dia, bandara baru ini akan mengoperasikan sekitar 21-23 penerbangan. Ini berarti, ada hingga 8.000 jemaah yang akan berangkat dan pulang dari Bandara Kertajati.

"GACA mengizinkan kurang lebih 7.000 sampai 8.000 jemaah haji berangkat dari dan pulang melalui Bandara Kertajati sebagai pada musim haji 1444 H/2023 M. Mereka akan terbagi dalam 21 sampai 23 penerbangan," jelas Nasrullah. 

Dia memastikan, GACA juga sudah mengirimkan surat terkait hal ini kepada Kementerian Haji dan Umrah Saudi pada per 1 Maret 2023. Nantinya, Bandara Kertajati digunakan untuk pemberangkatan dan pemulangan sebagian jemaah haji asal Jawa Barat. 

"Diketahui kuota jemaah haji Provinsi Jawa Barat berjumlah 38.723 orang. Dari jumlah itu, sekitar 7.000-8.000 di antaranya, memungkinkan untuk berangkat melalui Bandara Kertajati pada musim haji tahun ini,” yakin dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penentuan Asal Kabupaten/Kota Jemaah Haji yang Menggunakan Masih Dikoordinasikan

Nasrullah menambahkan koordinasi dengan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah terkait penggunaan Bandara Kertajati terus dilakukan. Termasuk terkait penentuan jemaah asal kabupatan/kota mana yang akan menggunakannya.

"Kami akan dikoordinasikan juga rencana memasukkan Bandara Kertajati dalam lelang penyediaan penerbangan jemaah haji 2023," dia menutup.

 

Muhammad Radityo Priyasmoro

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.