Sukses

2 Hal Ini Jadi Fokus Kementerian Agama Jelang Puncak Haji

Jelang puncak haji, Kementerian Agama akan fokus pada dua hal.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang puncak haji, Kementerian Agama akan fokus pada dua hal. Hal ini disampaikan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Pertama, kata dia, pihaknya akan memusatkan perhatian pada mobilisasi jemaah calon haji menuju Arafah, Mina, dan Muzdalifah (Armuzna).

"Karena puncak haji adalah wukuf di Arafah, maka fokus utama kita untuk memberangkatkan seluruh jemaah ke sana," ujar Lukman di Makkah, Minggu 12 Agustus 2018.

Fokus kedua, kata Lukman, adalah proses pemberangkatkan seluruh jemaah calon haji setelah fase Armuzna, baik pulang ke Tanah Air maupun menuju Madinah.

"Setelah itu, bagi jemaah gelombang I kita persiapkan untuk pulang ke Tanah Air, sementara gelombang II kita persiapkan untuk didorong ke Madinah," ucapnya.

Lukman berharap, prosesi haji dapat berjalan sesuai harapan masyarakat dan pemerintah.

"Inilah yang menjadi fokus perhatian kita agar seluruh prosesi haji dapat berjalan sesuai harapan kita," kata dia.

Sejauh ini, pemerintah Arab Saudi secara terbuka memuji penyelenggaraan haji yang digelar pemerintah Indonesia. Meski demikian, Lukman mengatakan pihaknya akan terus mencermati kekurangan pelayanan yang ada.

"Pemerintah Saudi secara eksplisit menyampaikan pujian dan apresiasi kepada Pemerintah Indonesia yang terus meningkatkan pelayanan penyelenggaraan haji," tegas Lukman.

 

Laporan jurnalis Dream, Maulana Kautsar, dari Tanah Suci

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.