Sukses

Jet Tempur Militer Myanmar Jatuh, Diduga Alami Masalah Teknis

Jet tempur milik militer Myanmar jatuh dan terbakar pada Kamis (1/3) di pedesaan wilayah Magway tengah.

Liputan6.com, Yangon - Sebuah jet tempur Myanmar jatuh dan terbakar pada Kamis (1/3) di pedesaan wilayah Magway tengah.

Laporan otoritas menyebut, kecelakaan disebabkan oleh kesalahan teknis selama manuver proses pelatihan, dikutip dari laman Straits Times, Jumat (1/3/2024).

Kecelakaan itu terjadi tak lama setelah pilot dilaporkan keluar dari pesawat dan berhasil diselamatkan.

Laporan TV lokal menyebutkan ada satu pilot yang menyelamtkan diri, namun misi pelatihan di Myanmar kemungkinan besar menggunakan pesawat MiG-29UB dengan dua kursi.

Militer Myanmar telah kehilangan setidaknya empat helikopter dan tiga jet tempur sejak mereka merebut kekuasaan pada Februari 2021 dari pemerintahan terpilih Aung San Suu Kyi.

Kudeta ini memicu perlawanan tanpa kekerasan yang ditanggapi dengan kekuatan mematikan.

Krisis ini telah menyebabkan tumbuhnya perlawanan bersenjata dan melibatkan negara dalam perang saudara.

Militer yang melancarkan serangan di berbagai wilayah menggunakan kekuatan udara secara besar-besaran, yang tidak dapat dilawan secara efektif oleh perlawanan.

Serangan udara menyebabkan ribuan orang meninggalkan rumah mereka dan menyebabkan korban sipil yang jumlahnya tidak diketahui.

Pasukan perlawanan telah beberapa kali mengklaim telah menembak jatuh pesawat militer namun klaim mereka tidak dapat dikonfirmasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pesawat Jatuh di Lapangan

Wilayah Magway tempat terjadinya kecelakaan, sekitar 220 kilometer (140 mil) barat daya Mandalay, kota terbesar kedua di negara tersebut, merupakan basis perlawanan namun tidak terjadi pertempuran di wilayah tersebut pada saat kecelakaan terjadi.

Seorang warga desa Kyo Wun, yang juga meminta untuk tidak disebutkan namanya, mengatakan kepada The Associated Press bahwa pesawat tersebut jatuh di sebuah lapangan di bagian barat desa tersebut.

Dia mengatakan, dua pilot tampaknya telah berhasil melontarkan diri dengan aman menggunakan parasut. Dia menambahkan bahwa pasukan keamanan berusaha memeriksa ponsel penduduk desa untuk mencari kemungkinan foto puing-puing yang muncul secara online.

 

3 dari 3 halaman

Warga Melihat Ada 2 Tentara yang Melontarkan Diri dari Jet

Seorang anggota terkemuka dari Pasukan Pertahanan Rakyat setempat, yang meminta untuk diidentifikasi dengan nama samaran “A Nyar Thar”, mengatakan kepada AP bahwa dua pilot yang terlempar segera dijemput oleh helikopter militer.

Dia mengidentifikasi pesawat yang jatuh itu sebagai MiG-29, meskipun laporan TV pemerintah tidak merinci modelnya.

Sebagian besar pesawat tempur di militer Myanmar berasal dari Tiongkok atau Rusia, yang juga memasok persenjataan lainnya.

Banyak negara Barat yang mempertahankan embargo senjata, selain sanksi lain terhadap militer yang berkuasa, dan melakukan upaya untuk memblokir pasokan bahan bakar penerbangan untuk mencegah serangan pesawat terbang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.