Sukses

Mantan PM Thailand Thaksin Shinawatra Bebas Hari ini

Kabar bebasnya Thaksin Shinawatra dikonfirmasi oleh PM Thailand Srettha Thavisin pada Sabtu (17/2/2024).

Liputan6.com, Bangkok - Mantan Perdana Menteri (PM) Thailand Thaksin Shinawatra (74) yang dipenjara akan dibebaskan pada Minggu (18/2/2024). Hal tersebut dikonfirmasi PM Srettha Thavisin, hanya enam bulan setelah Thaksin kembali dari 15 tahun pengasingan.

Miliarder kontroversial, yang dua kali terpilih sebagai PM dan digulingkan dalam kudeta militer tahun 2006, divonis penjara selama delapan tahun atas tuduhan korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan sekembalinya ke Thailand pada Agustus 2023, namun dalam beberapa hari hukumannya dikurangi menjadi satu tahun oleh Raja Maha Vajiralongkorn.

Berbicara kepada wartawan pada Sabtu (17/2) sebelum menaiki pesawat, PM Srettha mengatakan pembebasan Thaksin akan dilakukan pada tanggal 18 Februari dan ditangani sesuai dengan aturan hukum. Demikian seperti dilansir CNA.

Hal ini terjadi setelah Menteri Kehakiman Tawee Sodsong mengatakan awal pekan ini bahwa Thaksin akan termasuk di antara 930 tahanan yang diberikan pembebasan dini.

"Dia termasuk dalam kelompok yang kondisinya kritis atau berusia di atas 70 tahun. Dia akan dibebaskan setelah enam bulan secara otomatis," kata Tawee.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rincian Pembebasan Thaksin Masih Misteri

Media Thailand melaporkan Thaksin mungkin akan dibebaskan pagi-pagi sekali, sementara PM Srettha mengaku dia tidak mengetahui rinciannya.

Kepulangan Thaksin ke Thailand bertepatan dengan kembalinya Partai Pheu Thai ke pemerintahan yang beraliansi dengan partai-partai pro-militer, membuat banyak orang menyimpulkan bahwa sebuah perjanjian telah dicapai untuk mengurangi masa hukumannya.

Rumor tersebut semakin kuat ketika dia dipindahkan ke rumah sakit polisi beberapa jam setelah dijatuhi hukuman karena kesehatannya yang buruk. Tidak jelas apakah Thaksin pernah menghabiskan waktu di sel penjara.

Media lokal menyebutkan Thaksin menderita sesak dada dan tekanan darah tinggi ketika dia dirawat di rumah sakit dan keluarganya mengatakan dia menjalani dua operasi pada bulan-bulan berikutnya.

Rincian pasti mengenai pembebasan Thaksin tidak jelas, namun dia mungkin harus diawasi - mungkin dengan tanda di pergelangan kaki - dan haknya untuk bepergian dibatasi.

3 dari 3 halaman

Bagian Tak Terpisahkan dari Politik Thailand

Putri Thaksin, Paetongtarn Shinawatra, yang saat ini menjabat sebagai Ketua Partai Pheu Thai, menyambut baik kabar pembebasan ayahnya awal pekan ini. Dia mengatakan bahwa ini adalah waktunya baginya untuk menjalani sisa hidupnya dengan bahagia.

Thaksin, seorang taipan telekomunikasi adalah salah satu tokoh paling berpengaruh dalam sejarah modern Thailand. Dia dicintai oleh jutaan warga pedesaan Thailand karena kebijakan populisnya pada awal tahun 2000-an, namun dicerca oleh kelompok kerajaan dan pro-militer.

Sebagian besar politik Thailand selama dua dekade terakhir diwarnai oleh perebutan kekuasaan antara penguasa dan Thaksin serta sekutunya.

Ketika Thaksin mendarat di Bangkok, para pendukungnya memberinya sambutan bak pahlawan dan tindakan publik pertamanya adalah bersujud di depan potret raja di bandara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.