Sukses

5 Fakta Hoa Minzy, Suporter Vietnam yang Instagramnya Ramai Diserbu Netizen Indonesia

Seorang wanita cantik bernama Hoa Minzy jadi sorotan setelah parasnya tertangkap kamera saat mendukung tim Vietnam dalam laga melawan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang wanita cantik bernama Hoa Minzy jadi sorotan setelah parasnya tertangkap kamera saat mendukung tim Vietnam dalam laga melawan Indonesia.

Ia tampak kesal lantaran teriakan dukungan atlet Vietnam kalah lantang dari suporter Indonesia.

Lantas siapa Hoa Minzy? Berikut 5 fakta soal wanita tersebut:

1. Penyanyi Terkenal Asal Vietnam

2. Pemenang Star Academy Vietnam tahun 2014

3. Punya Followes Mencapai 4,1 Juta di Instagram

4. Berusia 27 Tahun

5. Kelahiran 31 Mei 1995

Hoa Minzy Sempat Jadi Korban Hoaks

Sementara itu, artis kenamaan Vietnam ini diduga pernah menyebarkan informasi hoaks.

Hoa Minzy didenda Pemerintah Vietnam karena menyebarkan hoaks terkait pandemi virus corona covid-19. Ia harus membayar denda sebesar 7,5 juta Vietnam Dong atau Rp 4,7 juta.

Pada Selasa (28/7/2020), Minzy mengunggah sebuah postingan di semua media sosialnya. Isinya soal peringatan dari Deputi Perdana Menteri, Vu Duc Dam soal bahaya berpergian selama covid-19.

Postingan tersebut juga mengingatkan agar semua orang tetap di rumah karena kasus positif covid-19 di Vietnam meningkat dari 75 hingga 100-500 kasus. Padahal informasi tersebut tidak pernah dibagikan Pemerintah Vietnam.

Setelah mengetahui postingannya salah, Minzy langsung membuat klarifikasi di Facebook dan menghapusnya. Namun Pemerintah Vietnam tetap mendendanya karena dianggap melanggar aturan.

Di Vietnam setiap orang yang memposting berita hoaks di sosial media akan didenda hingga 15 juta Vietnam Dong. Sebelum Minzy, penyanyi Dam Vinh Hung dan aktor Cat Puong juga didenda 10 juta Vietnam Dong karena menyebarkan postingan hoaks soal Covid-19.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Klarifikasi Hoa Minzy

"Saya bukan orang yang menulis hoaks tersebut. Namun saya hanya orang yang menyebarkannya," tulis Minzy dalam akun Facebook dan Instagramnya.

"Namun setelah saya melihat klarifikasinya, saya langsung menghapusnya. Sebagai artis saya punya tanggung jawab untuk memberikan berita akurat bagi pengikut saya," ujatnya menambahkan.

"Mari bergabung bersama saya untuk mencari berita yang akurat dari website resmi Pemerintah. Berita baik atau buruk yang namanya hoaks tetaplah hoaks."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.