Sukses

Ras Kucing Termahal di Dunia 2023, Ada yang Harganya Mencapai Rp 1 Miliar

Kucing mempunyai berbagai macam ras, berikut ini adalah 10 daftar ras kucing termahal di tahun 2023 dari kisaran harga 12 juta hingga 1M.

Liputan6.com, Jakarta - Konon katanya kucing adalah hewan yang sejak zaman mesir kuno dicintai oleh masyarakatnya. Bahkan sampai sekarang kucing merupakan hewan yang dicintai masyarakat dari segala belahan dunia.

Perilakunya yang kalem dan menggemaskan membuat hewan ini kerap menjadi peliharaan favorit warga Asia.

Ras kucing yang dipelihara umumnya berbeda-beda, apalagi banyak jenis yang ada. Dari yang dijual dengan harga murah hingga mahal sampai seharga Rp 1 miliar.

Kucing apa yang dibanderol sebegitu mahal?

Berikut ini daftar ras kucing termahal di dunia, dengan kisaran harga  tahun 2023, dilansir Liputan6.com dari sejumlah sumber, salah satunya FinancesOnline, Sabtu (4/3/2023): 

1. British Shorthair $800 - $1.000 (Rp 12 - 15 juta)

British Shorthair dikenal sebagai salah satu ras kucing tertua di dunia. Meskipun mereka mempunyai warna atau pola bulu yang beragam, awalnya dikenal dengan bulu padat berwarna abu-abu. Kucing ras ini memiliki dada yang lebar, leher berotot, rahang yang kuat, dan moncong yang bagus.

2. Maine Coon $1.000 (Rp 15 juta)

Kalau Anda pecinta film Harry Potter, pasti Anda pernah melihat ras kucing ini, berperan sebagai Mrs. Norris, hewan peliharaan di film tersebut.

Kucing ras ini dikenal karena ukurannya yang sangat besar dan lapisan ganda tebal dari rambut panjangnya, cocok dengan musim dingin di Maine, negara bagian asalnya. Ras Maine Coon mempunyai berat dari 9-16 pon sekitar 4-7 kg untuk betina dan 13-18 pon sekitar 5-8 kg pejantannya.

3. American Curl $1.200 (Rp 18 juta)

Keunikan dari ras kucing lucu satu ini adalah kupingnya yang melengkung. Kucing American Curl dilahirkan dengan telinga yang lurus. Telinganya mulai meringkuk dalam waktu tiga sampai lima hari, dan menjadi bentuk melengkung penuh dalam waktu sekitar empat bulan.

Pecinta ras ini menjulukinya 'Peter Pan' karena kepribadian mereka yang suka bermain.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kucing dengan Kisaran Harga 40 - 50 Juta

4. Sphynx $3.000 (Rp 46 juta)

Merawat kucing ras ini cukup mahal biayanya. Mereka perlu sering dimandikan walaupun bulunya tidak tebal. Bila dilihat sekilas, kucing ini seperti tidak berbulu, padahal sebenarnya mereka dilapisi bulu tipis yang halus. Mereka tidak suka suasana dingin dan mempunyai metabolisme cepat, sehingga mereka makan lebih banyak dibandingkan ras kucing pada umumnya.

5. Scottish Fold $3.000 (Rp 50 juta)

Scottish Fold dikenal suka duduk, berdiri, atau berbaring dalam berbagai posisi lucu seperti manusia. Kucing ras ini membutuhkan penanganan yang lembut, terutama dalam hal ekor karena dapat menyebabkan rasa sakit yang serius. Bintang pop terkenal, Taylor Swift, memelihara kucing ras ini juga lho!

 

 

3 dari 4 halaman

Kucing dengan Kisaran Harga 70 - 400 Juta

6. Peterbald $5.000 (Rp 76 juta)

Ras ini tidak sama dengan Sphynx, hanya mirip. Ciri khas lain dari kucing Peterbald termasuk kepala segitiga panjang dengan moncong tumpul, telinga runcing ekstra besar, mata berbentuk almond, dan ekor cambuk panjang. 

7. Persia $5.500 (Rp 84 juta)

Kucing Persia mempunyai ciri khas moncong yang pesek dan bulu yang panjang. 

8. Bengal $25.000 (382 juta)

Seperti namanya, kucing ini merupakan turunan dari macan tutul jenis Bengal.

Ras ini biasanya sangat aktif dan mempunyai mantel yang menampilkan pola bintik-bintik dan mawar, memberi mereka penampilan kucing hutan yang eksotis. Dalam cahaya yang tepat, bulu kucing Bengal dapat terlihat berkilau warna-warni.

4 dari 4 halaman

Kucing dengan Kisaran Harga 700 Juta - 1M

9. Savannah $50.000 (Rp 765 juta)

Kucing Savannah dikatakan mempunyai sikap yang mirip seperti anjing. Mereka sangat loyal dan memiliki kebiasaan mengikuti pemiliknya di sekitar rumah. Kucing ras ini suka dibawa jalan menggunakan tali, namun tetap perlu berhati-hati karena badannya tidak sekuat hewan anjing.

10. Ashera harganya mencapai  $125.000 (Rp 1,9 miliar)

Ashera adalah salah satu kucing domestik paling eksotis di dunia. Mirip dengan kucing Bengal, ras ini juga merupakan keturunan dari Macan Tutul Asia.

Ras ini sangat langka dan jauh lebih besar dari kucing domestik konvensional dengan kapasitas mencapai ketinggian satu meter. Kucing Ashera yang tampak seperti macan tutul salju hanya menghasilkan lima kotoran per tahun, jadi memelihara ras satu ini adalah permata sejati.

Bagi yang tertarik memelihara kucing, coba telusuri lagi ras apa yang cocok dengan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.