Sukses

Cantiknya Cincin dengan 24.697 Berlian yang Pecahkan Rekor Dunia, Dibanderol Rp 1,4 M

Sebuah perusahaan perhiasan ini memecahkan rekor dunia dari Guinness World Record ketika menetapkan jumlah luar biasa berlian dalam sebuah cincin.

Liputan6.com, Kerala - Sebuah perusahaan perhiasan India memecahkan rekor dunia dari Guinness World Record ketika menetapkan jumlah luar biasa berlian dalam sebuah cincin.

Tak tanggung-tanggung, jumlahnya mencapai 24.679 berlian yang disematkan dalam sebuah cincin.

Pihak Guinness World Record, seperti dikutip dari situs UPI.com, Minggu (17/7/2022), mengumumkan SWA Diamonds mendapatkan rekor dunia atas cincin besar, yang dijuluki "The Touch ofAmi". 

Desain cincin didasarkan pada jamur tiram merah muda.

"Jamur melambangkan keabadian dan umur panjang," kata Abdul Gafur Anadiyan, direktur pelaksana di SWA Diamonds, kepada Guinness World Records.

Berlian alami yang dipasang di cincin disertifikasi sebagai bebas konflik oleh Kimberley Process Certification Scheme.

Cincin berlian itu, yang beratnya sekitar 12 ons, dihargai oleh SWA Diamonds dengan harga USD$95.243 atau sekitar Rp 1,4 miliar.

Rekor Sebelumnya

Mengutip situs Indian Express, cincin tersebut mengalahkan rekor terbaik sebelumnya yaitu cincin tunggal dengan 12.638 berlian yang dibuat oleh pembuat perhiasan Harshit Bansal yang berbasis di Meerut pada tahun 2020.

Renani Jewels milik Bansal meraih gelar untuk cincin bernama ‘The Marigold – The ring of prosperity’, yang bentuknya terinspirasi dari bunga marigold.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dibuat dalam 3 Bulan

 

Cincin bertema jamur bernama 'The Touch of Ami', menurut Guinness World Records, dibuat oleh SWA Diamonds yang berbasis di Kerala dalam waktu tiga bulan.

"Model cincin itu terinspirasi oleh jamur tiram merah muda yang melambangkan keabadian," kata SWA kepada indianexpress.com yang berbagi bahwa Rijisha TV, seorang pascasarjana dalam desain aksesori gaya hidup dari National Institute of Design “mendesain cincin dengan cermat”.

Cincin itu dibuat menggunakan pencetakan 3D dengan emas cair yang dituangkan ke dalam cetakan, didinginkan dan diisi dengan bentuk 41 kelopak jamur yang unik.

“Sebagian besar berlian diatur dalam satu cincin – 24.679 oleh SWA Diamonds,” tulis keterangan tersebut.

Menariknya, cincin itu, yang diproduksi di Distrik Malappuram, Kerala, telah memenangkan beberapa penghargaan bergengsi, termasuk Asian Book of Records, menurut pernyataan toko perhiasan itu.

Dalam sebuah pernyataan, Abdul Gafur Anadiyan, direktur pelaksana, SWA Diamonds mengatakan, “Ini adalah hak istimewa dan kehormatan kami bahwa cincin ini dibuat di India dan juga pemilik cincin itu adalah orang India. 'The Touch of Ami' juga menandai kejayaan kewirausahaan di sektor berlian negara kita.”

Mikroskop digunakan untuk menghitung set berlian. Setelah evaluasi, pejabat Guinness mengkonfirmasi kejelasan, karat, berat, jenis potongan dan jenis berlian yang digunakan.

3 dari 4 halaman

Ingin Beli Berlian? Ikuti 6 Tips Berikut Biar Tidak Tertipu

Beli berlian bisa menjadi pengalaman yang menakutkan sekaligus membingungkan bagi sebagian orang khususnya yang baru pertama kali. Lantas, apa saja hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli berlian agar tidak tertipu atau menyesal di kemudian hari?

Melansir laman CNA Lifestyle, Sabtu (18/6/2022), berikut ini tips beli berlian jika Anda bingung karena baru pertama kali membeli.

Cari tahu 4C

Dasar-dasar beli berlian yang harus diketahui secara alami adalah 4C, yaitu cut, colour, clarity, dan carat atau potongan, warna, kejernihan, dan berat karat.

Meskipun semuanya merupakan aspek penting yang berkontribusi pada keindahan berlian secara keseluruhan, yang lebih penting adalah memahami bagaimana reaksi antara satu sama lain.

Beli Secara Langsung

Cara terbaik untuk memahami apa yang membedakan berlian yang baik dari yang benar-benar luar biasa adalah dengan melihatnya secara langsung.

Seringkali, perbedaan tipis dalam warna dan ukuran berlian biasanya tidak terlihat, kecuali jika Anda membandingkan dua batu secara berdampingan. Perbedaan harga di antara keduanya, bagaimanapun, kadang-kadang bisa sangat signifikan. Namun, perbandingan tersebut dapat membantu Anda memutuskan mana pilihan yang lebih baik.

Pilih model

Setelah itu, langkah berikutnya adalah menentukan model. Apakah berlian tersebut akan dijadikan cincin atau mungkin liontin atau anting-anting? Tentu sesuaikan dengan keinginan Anda.

4 dari 4 halaman

Cincin dengan 12.638 Berlian Kecil

Mengadopsi bentuk bunga, cincin rumit dengan 12.638 berlian kecil telah memastikan tempatnya di Guinness World Records. Kendati telah mencetak rekor dunia, melansir laman Strait Times, Sabtu (5/12/2020), penciptanya di India belum berencana menjual perhiasan disebut cincin kemakmuran tersebut.

Bertajuk "The Marigold-The Ring of Prosperity," cincin bundar tebal ini memiliki berat lebih dari 165 gram. "Dapat dikenakan dan nyaman," kata Harshit Bansal yang menggambarkan ciptaannya sebagai proyek impian.

Bansal mengatakan, ide membuat cincin tersebut didapatkannya dua tahun lalu saat mempelajari desain perhiasan di kota barat Surat, pusat berlian India. "Target saya selalu lebih dari 10 ribu berlian. Saya merombak banyak desain dan konsep selama bertahun-tahun hingga akhirnya membidik desain tersebut," tuturnya.

Dalam sebuah pernyataan, perusahaannya mengatakan bahwa setiap kelopak kecil dalam desain bunga delapan lapis cincin itu unik. Bansal mengatakan, ia sudah menarik kembali permintaan dari calon pembeli.

"Kami tak berencana menjualnya sekarang," katanya. "Ini masalah kebanggaan bagi kami. Itu tak ternilai harganya."

Rekor sebelumnya yang ditentukan oleh Guinness, juga dibuat di India, adalah cincin berisi 7.801 berlian. Fakta bahwa cincin berlian tersebut diciptakan jeweller berusia 25 tahun pun kian menambah faktor mengejutkan dalam penentuannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.