Sukses

Kebakaran Maut di Klub Malam Brasil, 200 Tewas

Api mengepung bangunan klub malam saat sekitar 500 orang tengah menyaksikan penampilan grup band lokal.

Kebakaran besar terjadi di sebuah klub malam di Santa Maria Selatan, Brasil, Minggu (27/1/2013), waktu setempat. Api mengepung bangunan tempat hiburan saat sekitar 500 orang tengah menyaksikan penampilan grup band lokal. Akibatnya, sekitar 200 orang tewas dan ratusan lainnya terluka.

"Api membesar dari Pyrotechnics (Kembang api panggung) yang terbakar," ungkap petugas keamanan setempat, seperti dilansir Reuters.

Mayjen Polisi Rosa Ferreira menyatakan, hingga saat ini, puluhan jasad masih dievakuasi dari dalam gedung klub malam. 159 Jasad sudah berhasil dikeluarkan dari gedung.

Dituturkan dia, saat api besar mulai berkobar, ratusan orang di dalam klub malam langsung lari dan berdesak-desakan berusaha keluar. Akibatnya, banyak korban yang jatuh terinjak-injak.

"Sebagian besar korban tewas karena sesak nafas dan terinjak-injak. Jumlah korban kemungkinan besar bertambah," ujar Ferreira.

Menurut laman CNN, api mulai menyala sejak pukul 02.00. Meskipun kebakaran diduga kuat karena percikan kembang api, manajemen klub membantahnya. Untuk itu, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan.

Sementara, berdasarkan keterangan wartawan lokal kepada BBC, kemungkinan besar ada ribuan orang yang berada di dalam klub malam tersebut. Sebab, tempat hiburan itu dapat menampung maksimal 2.000 orang. Sehingga, tidak menutup kemungkinan, jumlan korban bisa terus bertambah jauh dari jumlah korban sekarang. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini