Sukses

Kasus Bergejala Baru di Korea Utara di Bawah 100 Ribu, Upaya Lawan COVID-19 Makin Panas

Liputan6.com, Pyongyang - Kasus demam harian di Korea Utara turun menjadi di bawah 100.000 untuk pertama kalinya, media pemerintah mengatakan pada Sabtu (27 Mei), kurang dari tiga minggu setelah pengakuan pertama wabah COVID-19 di negara itu.

Negara yang terisolasi itu telah berada dalam pertempuran sengit melawan gelombang COVID-19 yang belum pernah terjadi sebelumnya sejak menyatakan keadaan darurat dan memberlakukan penguncian nasional bulan ini, memicu kekhawatiran tentang kurangnya vaksin, pasokan medis, dan kekurangan makanan. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Sabtu (28/5/2022).

Sekitar 88.520 lebih banyak orang menunjukkan gejala demam pada Jumat malam, dibandingkan dengan hampir 400.000 sekitar 10 hari yang lalu, kata kantor berita resmi KCNA, mengutip data dari markas besar pencegahan epidemi darurat negara bagian.

Total pasien demam sejak April naik menjadi 3,36 juta dari 25 juta penduduk. KCNA tidak melaporkan kematian tambahan. Hingga Jumat, jumlah korban tewas mencapai 69 orang.

Korea Utara belum mengkonfirmasi jumlah total orang yang dites positif virus corona, tampaknya kekurangan pasokan pengujian. Para ahli mengatakan angka yang diumumkan mungkin tidak dilaporkan, dan sulit untuk menilai skala situasi yang sebenarnya.

Media pemerintah mengatakan "semua sektor dan unit" di negara itu "mempertahankan kewaspadaan maksimum dan memobilisasi postur" untuk melawan virus, dengan pihak berwenang mendorong pemeriksaan dan tes medis yang "ketat, cepat dan canggih".

"Beberapa tembok pelindung telah didirikan untuk penguncian dan penutupan ibu kota, perbatasan, depan, pantai, laut, dan wilayah udara untuk secara menyeluruh memeriksa masuknya varian virus baru," tambah KCNA.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Korea Utara Klaim Telah Kendalikan Wabah Covid-19

Korea Utara mengatakan pada Selasa (24/5/2022), tidak ada kasus kematian baru di antara pasien di negara itu, pertama kali sejak ditandai wabah Covid-19 hampir dua minggu lalu, menambahkan bahwa mereka melihat tren penurunan stabil dalam kasus terkait pandemi.

Gelombang virus, yang pertama kali diumumkan Korea Utara pada 12 Mei, telah memicu kekhawatiran akan kurangnya vaksin, infrastruktur medis yang tidak memadai, dan potensi krisis pangan di negara berpenduduk 25 juta itu.

Tetapi Korea Utara mengatakan telah melaporkan keberhasilan dalam membendung penyebaran virus, dan bahwa tidak ada kematian akibat demam baru yang dilaporkan pada Senin (23/5/2022) malam, meskipun bertambah 134.510 pasien baru, dilansir dari NBC News.

 Ini menandai hari ketiga berturut-turut angka harian tetap di bawah 200.000 dan pertama kalinya bagi Korea Utara untuk melaporkan tidak ada kematian baru sejak mengumumkan jumlah pasien demam harian, menurut kantor berita resmi KCNA.

3 dari 4 halaman

Banyak yang Belum Dites

Rupanya kekurangan pasokan pengujian, Korea Utara belum mengkonfirmasi jumlah total orang yang dites positif terkena virus Corona, melainkan melaporkan jumlah dengan gejala demam. Jumlah total kasus tersebut, yang dihitung sejak akhir April, naik menjadi 2,95 juta, sementara jumlah kematian mencapai 68, menurut KCNA.

“Dalam beberapa hari setelah sistem pencegahan epidemi darurat maksimum diaktifkan, tingkat morbiditas dan mortalitas nasional telah menurun drastis dan jumlah orang yang pulih meningkat, sehingga secara efektif membatasi dan mengendalikan penyebaran penyakit pandemi dan mempertahankan situasi yang jelas stabil,” kata KCNA.

Namun, banyak analis meragukan kredibilitas angka-angka tersebut, dengan mengatakan bahwa angka-angka itu hanya menunjukkan betapa sulitnya menilai skala sebenarnya dari gelombang virus Corona di negara yang terisolasi itu.

“Melalui campuran pengujian yang tidak memadai, disinsentif di tingkat administrasi yang lebih rendah untuk melaporkan wabah serius, kasus, kematian, dan motivasi politik apa pun yang mungkin dipendam oleh eselon atas, kami memiliki statistik yang pada dasarnya tidak masuk akal,” Christopher Green, spesialis Korea di Universitas Leiden di Belanda, menulis di Twitter.

4 dari 4 halaman

Distribusi Makanan dan Obat-obatan

Korea Utara mengatakan pihak berwenang mendistribusikan makanan dan obat-obatan di seluruh negeri, dengan petugas medis militer dikerahkan untuk membantu mendistribusikan obat-obatan dan melakukan pemeriksaan kesehatan.

KCNA juga mengatakan Korea Utara sedang memperluas produksi pasokan obat-obatan esensial, meskipun tidak merinci dengan tepat jenis apa yang sedang diproduksi.

Korea Selatan dan Amerika Serikat telah mengusulkan untuk membantu Korea Utara memerangi pandemi, termasuk dengan vaksin, tetapi Pyongyang belum menanggapi tawaran itu.

“Secara statistik, pengumuman harian hampir tidak sebanding dengan standar internasional dan tampaknya lebih ditujukan untuk audiens domestik,” kata Moon Jin-soo, seorang profesor di Seoul National University College of Medicine, mengacu pada tingkat kematian yang dilaporkan di Korea Utara sebesar 0,002 persen.

Tingkat kematian Covid-19 Korea Selatan mencapai 0,13 persen pada hari Selasa (24/5/2022). Badan mata-mata Korea Selatan sebelumnya mengatakan kepada anggota parlemen bahwa angka harian yang diumumkan oleh Korea Utara tampaknya termasuk pasien non-Covid-19, karena sejumlah penyakit yang ditularkan melalui air sudah tersebar luas di negara itu sebelum mengumumkan wabah virus Corona.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.