Sukses

Di Tengah Lonjakan COVID-19, Puluhan Ribu Peziarah Hadiri Festival Agama di India

Puluhan ribu peziarah menghadiri sebuah festival keagamaan tahunan di India.

Liputan6.com, New Delhi - Puluhan ribu peziarah Hindu telah berkumpul di kota Prayagraj di India utara (sebelumnya Allahabad) untuk sebuah festival di tengah lonjakan besar infeksi Covid-19. 

Dilansir BBC, Jumat (14/1/2022), para peziarah percaya bahwa mandi di sungai Gangga selama festival Makar Sankranti akan membersihkan dosa-dosa mereka.

Acara serupa telah berkontribusi pada gelombang kedua mematikan di India tahun lalu.

Namun pihak berwenang di negara bagian Uttar Pradesh, di mana Prayagraj berada, telah menolak untuk melarang acara tahun ini.

Sebuah tayangan TV menunjukkan orang banyak di tepi sungai ketika para peziarah berdoa dengan sedikit memperhatikan jarak sosial. Saluran berita Hindi ABP melaporkan bahwa lebih dari 70% orang tidak mengenakan masker.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Banyaknya Kerumunan

Sebuah tenda besar bermunculan di tepi sungai dalam beberapa hari terakhir untuk menampung para peziarah dan pihak berwenang mengatakan lebih dari 5.000 polisi dikerahkan untuk mengatur kerumunan.

Ketua Menteri Yogi Adityanath telah mengimbau masyarakat untuk mengikuti semua protokol Covid yang diperlukan selama acara yang dikenal sebagai Magh Mela.

Tetapi infeksi dilaporkan dari tanah mela bahkan sebelum dimulainya acara.

Pejabat senior polisi Rajeev Narayan Mishra mengatakan kepada BBC pada hari Kamis bahwa setidaknya 38 personel polisi yang bertugas telah dinyatakan positif, memicu kekhawatiran bahwa festival itu dapat berubah menjadi pusat penyebaran infeksi dalam beberapa hari mendatang.

Pada April tahun lalu, jutaan peziarah berkumpul di kota Himalaya, Haridwar, di negara bagian Uttarakhand, untuk berpartisipasi dalam festival Kumbh Mela bahkan ketika beberapa kota bergulat dengan masalah kekurangan oksigen dan tempat tidur rumah sakit yang parah. 

Beberapa peziarah - yang datang dari seluruh bagian negara - dinyatakan positif setelah kembali ke rumah, dengan ahli epidemiologi menggambarkan festival itu sebagai "super spreader event".

3 dari 3 halaman

Infografis Anak Indonesia Usia 6-11 Tahun Siap Terima Vaksin Covid-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini