Sukses

Korban Akibat Topan Super Rai di Filipina Capai 112 Orang, Seruan Bantuan Menguat

Korban tewas akibat Topan Rai di Filipina mencapai setidaknya 112 orang, dengan penambahan signifikan datang dari Provinsi Bohol.

Liputan6.com, Manila - Korban tewas akibat Topan Rai di Filipina mencapai setidaknya 112 orang, dengan penambahan signifikan datang dari Provinsi Bohol.

Gubernur dari provinsi pulau di Filipina tengah itu mengatakan pada Minggu 19 Desember 2021 bahwa setidaknya tambahan 63 orang tewas dalam kehancuran yang ditimbulkan oleh Topan Rai di lebih dari setengah kota yang berhasil menghubunginya.

Arthur Yap, Gubernur Bohol, mengatakan 10 lainnya hilang dan 13 lainnya terluka, dan menyarankan korban jiwa mungkin masih jauh meningkat dengan hanya 33 dari 48 walikota yang dapat melaporkan kembali kepadanya menyusul sistem komunikasi yang kolaps.

Para pejabat berusaha mengkonfirmasi sejumlah besar kematian yang disebabkan oleh tanah longsor dan banjir besar di tempat lain.

Dalam pernyataan yang diposting di Facebook, Yap memerintahkan walikota di provinsinya yang terdiri dari lebih dari 1,2 juta orang untuk meminta kekuatan darurat mereka untuk mengamankan paket makanan bagi sejumlah besar orang bersama dengan air minum, yang katanya merupakan masalah mendesak karena stasiun air turun selama pemadaman listrik.

Setelah bergabung dengan survei udara militer terhadap kota-kota yang dilanda topan, Yap mengatakan "sangat jelas bahwa kerusakan yang diderita oleh Bohol sangat besar dan mencakup semua," ujarnya sebagaimana diwartakan Associated Press, Minggu (19/12/2021).

Setidaknya 39 kematian topan lainnya dilaporkan oleh badan tanggap bencana dan polisi nasional. Para pejabat di Kepulauan Dinagat, salah satu provinsi tenggara yang pertama kali dilanda topan, secara terpisah melaporkan 10 kematian hanya dari beberapa kota, sehingga keseluruhan korban jiwa sejauh ini menjadi 112.

Pemerintah Filipina mengatakan, sekitar 780.000 orang terkena dampak, termasuk lebih dari 300.000 penduduk yang harus mengungsi dari rumah mereka.

Dalam titik terkuatnya, topan bergerak dengan kecepatan 195 kilometer per jam dengan hembusan angin 270 km/jam, tercatat sebagai salah satu yang paling kuat dalam beberapa tahun terakhir di Filipina.

Setidaknya 227 kota dan kota kehilangan listrik, yang sejak itu telah dipulihkan hanya di 21 daerah, kata para pejabat Filipina, menambahkan tiga bandara regional rusak, termasuk dua yang tetap ditutup.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Respons Pemerintah Pusat

Presiden Filipina Rodrigo Duterte dilaporkan telah terbang ke Provinsi Dinagat pada hari Sabtu dan menjanjikan 2 miliar peso ($ 40 juta) dalam bantuan baru. Ajudan mengatakan presiden akan mengunjungi Bohol pada hari Minggu 19 Desember.

Kematian dan kerusakan luas yang ditinggalkan oleh Topan Rai menjelang Natal di negara yang sebagian besar Katolik Roma membawa kembali kenangan akan bencana yang ditimbulkan oleh topan lain, Haiyan, salah satu yang paling kuat dalam catatan. Ini menghantam banyak provinsi tengah yang dihantam pekan lalu, menyebabkan lebih dari 6.300 orang tewas pada November 2013.

Sekitar 20 badai dan topan menghantam Filipina setiap tahun. Kepulauan ini terletak di wilayah "Cincin Api" Pasifik yang aktif secara seismik, menjadikannya salah satu negara paling rawan bencana di dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.