Sukses

Berawal dari Jatuh, Sepeda Seimbang Pun Tercipta

Liputan6.com, Beijing - Setelah kehilangan keseimbangan dan jatuh dari sepedanya, seorang insinyur China yang cerdas mendedikasikan waktu luangnya untuk merancang dan membuat sepeda yang tidak hanya menyeimbangkan diri, tetapi juga mendeteksi dan menghindari rintangan.

Insinyur berbakat Zhi Hui Junu terpesona oleh sepeda self-driving yang dibuat oleh para ilmuwan di Universitas Tsinghua Beijing pada tahun 2019, dan setelah mengalami kecelakaan sepeda yang menyebabkan luka ringan di wajahnya, insinyur muda itu memutuskan untuk membuat sepeda self-balancing sendiri.

Mengutip Odditycentral, Selasa (22/6/2021), dengan hanya mendedikasikan waktu luangnya (kebanyakan akhir pekan), selama empat bulan, Zhi Hui Jun berhasil merancang dan membangun sepeda self-balancing yang mengesankan menggunakan sistem akselerometer.

Selain itu, di sepeda tersebut juga terdapat giroskop canggih yang mampu memantau gerakan halus sepeda dan mengoreksinya sehingga tidak pernah miring ke satu sisi.

Berkat sistem Zhi Hui Jun, yang ditenagai oleh baterai lithium, sepeda dapat menjaga keseimbangannya baik saat diam maupun bergerak. Bahkan menggantung beban berat, seperti batu bata, di salah satu setang tidak cukup untuk menariknya dari keseimbangan, karena dengan cepat mengkompensasi perbedaan berat untuk menjaga level.

 

2 dari 2 halaman

Dilengkapi Kamera Penginderaan Kedalaman RGB dan Sensor LIDAR

Seolah-olah sepeda self-balancing DIY (Do it Yourself) yang dibuat oleh satu orang tidak cukup mengesankan, kreasi Zhi Hui Jun juga dilengkapi kamera penginderaan kedalaman RGB dan sensor LIDAR yang memungkinkannya menghindari rintangan yang terdeteksi pada lintasannya. Bahkan, sepeda ini juga bisa bergerak sendiri.

Zhi Hui Jun lulus dari China University of Electronic Science and Technology pada tahun 2018, dan sejak itu telah menjadi bagian dari program Young Genius Huawei dan bekerja di program kecerdasan buatan pengembang smartphone Oppo. 

Di saluran YouTube-nya, insinyur muda itu memposting serangkaian proyek menarik, dari bank daya yang menampilkan layar warna mereka sendiri, hingga robot kecil.

Kreasi Zhi Hui Jun mengingatkan saya pada gadget keren lainnya yang kami tampilkan di OC baru-baru ini, tongkat berjalan yang dapat menyeimbangkan diri.

Reporter: Lianna Leticia