Sukses

Terbelenggu Hubungan Cinta Tak Sehat? Begini Cara Melepaskannya

Jika Anda menjadi salah satu pihak yang pernah mengalami ini, maka begini cara melepaskan belenggu hubungan beracun dengan pasangan?

Liputan6.com, Jakarta - Mempelajari cara meninggalkan hubungan beracun tidak pernah mudah, terutama tidak saat Anda sedang jatuh cinta dengan pasangan Anda.

Jika Anda pernah berada dalam hubungan yang tidak sehat, Anda tahu persis betapa melelahkannya secara emosional, fisik, dan mental.

Tetapi jika hubungan beracun begitu membebani, mengapa begitu sulit untuk meninggalkannya?

Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui mengapa sulit untuk meninggalkan hubungan yang beracun dan bagaimana meninggalkan hubungan yang beracun untuk selamanya.

Penyebabnya yaitu, seringkali karena manipulasi yang terlibat dalam sebuah hubungan. Alasan lain mengapa sulit untuk mengakui bahwa Anda berada dalam hubungan yang beracun adalah karena tidak ada pelecehan lahiriah. Pasangan Anda mungkin tidak memukul atau melanggar batasan seksual yang jelas, tetapi itu tidak berarti Anda berada dalam hubungan yang sehat.

Berikut adalah sejumlah contoh racun dalam sebuah hubungan. Apakah pasangan Anda melakukan salah satu dari hal berikut?

- Tidak memberi Anda privasi

- Menjauhkan Anda dari teman, keluarga, keuangan

- Mencegah Anda bersekolah atau bekerja

- Sangat punya kendali dan cemburu

- Membuat semua keputusan dalam hubungan Anda

- Menekan Anda ke hal-hal yang tidak Anda sukai

- Membuat "lelucon" atau mengkritik Anda

- Tidak setia

- Hancurkan sejumlah properti, baik miliknya maupun Anda

- Mengirim pesan teks yang mengancam

- Menyerang privasi Anda (memeriksa ponsel, media sosial, mengikuti Anda)

- Mengancam akan melakukan sesuatu yang mengerikan jika Anda meninggalkan hubungan beracun tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengapa seseorang tetap bertahan dalam hubungan semacam ini?

Salah satu penyebab utamanya adalah oksitosin. Oksitosin adalah hormon dalam tubuh Anda yang dilepaskan selama momen keintiman. Ini bisa termasuk bercinta, berpegangan tangan, berciuman, atau bahkan berpelukan dengan seseorang.

Ketika oksitosin dilepaskan, itu menyebabkan Anda lebih mempercayai pasangan Anda, bahkan ketika kepercayaan tidak dijamin.

Hormon kecil ini juga bersalah karena mendorong ikatan, yang dapat membuat Anda merasa tidak mungkin meninggalkan pasangan, bahkan saat Anda tahu mereka tidak baik untuk Anda.

Bagaimana meninggalkan hubungan semacam ini? Berikut ini tipsnya, dikutip dari Brightside, Jumat (1/1/2021):

 

3 dari 6 halaman

1. Ketahuilah Bahwa Anda Pantas Mendapatkan Lebih Baik

Meruntuhkan harga diri dan harga diri adalah tindakan yang dilakukan pelaku kekerasan agar korbannya tetap terperangkap dalam hubungan.

"Biarkan saya pantas mendapatkan yang lebih baik!"

Jadikan mantra ini sebagai bagian hidup Anda. Ingatkan diri Anda sendiri tentang nilai ini setiap hari.

Anda telah berusaha sekuat tenaga untuk membuat hubungan Anda berhasil, tetapi terkadang cinta tidak cukup, dan harus tetap terus maju demi kesejahteraan fisik dan mental Anda sendiri.

 

4 dari 6 halaman

2. Bangun Sistem Pendukung

Emosi yang Anda alami untuk putus cinta hampir sama dengan putusnya hubungan yang sehat. Anda akan merasa berkonflik, mabuk cinta, lega, tertekan, dan banyak lagi.

Meninggalkan hubungan yang beracun sangat sulit terutama jika Anda selama ini bergantung secara finansial pada mantan Anda, tetapi jangan putus asa!

Alih-alih berfokus pada mengapa ini akan sulit, fokuslah pada membangun sistem dukungan yang Anda perlukan saat berani mengambil risiko. Penelitian menunjukkan bahwa dukungan teman dan keluarga selama masa-masa sulit menurunkan tekanan psikologis.

Memiliki sistem pendukung akan memudahkan Anda untuk melanjutkan hidup.

 

5 dari 6 halaman

3. Bersikap Tegas Pada Tiap Keputusan

Putus itu sulit, tidak peduli apa situasinya. Anda meninggalkan kehidupan yang biasa Anda lakukan, dan meskipun Anda tahu hubungan itu tidak lagi aman, itu tetap menyebalkan, meninggalkan kehidupan yang telah Anda bangun untuk diri sendiri.

Ada kalanya Anda tergoda untuk kembali dengan pasangan tersebut, tetapi berdirilah dengan teguh. Anda berhak mendapatkan pasangan yang mencintai dan menghormati Anda.

Jangan berikan mantan harapan palsu untuk kembali bersama. Tegas dalam keputusan Anda untuk meninggalkan hubungan dan jangan bergeming.

 

6 dari 6 halaman

4. Putuskan Kontak

Salah satu cara terbesar bagaimana meninggalkan hubungan yang beracun adalah dengan memutuskan semua kontak dengan mantan Anda setelah putus.

Tetap berhubungan dengan mantan, membuka pintu bagi dia untuk kembali bersama, ditambah lagi, melihat mantan di media sosial akan membuat memori hubungan terasa segar di benak. Inilah yang harus dilakukan, yaitu hapus semua kontaknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.