Sukses

Studi: Pakai Ganja Sebelum Bedah Meningkatkan Rasa Sakit Setelah Operasi

Beberapa orang percaya penggunaan ganja sebelum operasi akan mengurangi rasa sakit. Namun menurut studi, ganja justru akan menambah rasa sakit.

Liputan6.com, Colorado - Jika menurut Anda merokok atau memakai ganja dapat membantu mengendalikan semua jenis rasa sakit, ternyata studi tidak membenarkan hal tersebut.

Dikutip dari CNN, Senin (05/10/2020), menurut penelitian, menggunakan ganja sebelum memasuki rumah sakit untuk prosedur pembedahan dapat membuat rasa sakit Anda selama pemulihan jauh lebih buruk.

"Ada beberapa bukti bahwa ganja mungkin bermanfaat untuk nyeri kronis dan saraf. Namun, penelitian awal menunjukkan bahwa ini bukan kasus nyeri akut seperti untuk operasi patah kaki," kata penulis utama Dr. Ian Holmen, ahli anestesiologi di Rumah Sakit Universitas Colorado di Aurora.

Selain peningkatan nyeri akut, orang yang menggunakan ganja sebelum operasi juga membutuhkan lebih banyak anestesi selama operasi. Menjalani anestesi dapat berisiko bagi beberapa orang, seperti orang tua atau orang dengan penyakit kronis seperti diabetes.

"Studi ini menunjukkan bahwa penting bagi pasien untuk memberi tahu dokter ahli anestesi mereka jika mereka telah menggunakan ganja sebelum operasi untuk memastikan mereka menerima anestesi dan pengendalian nyeri terbaik, termasuk penggunaan alternatif non-opioid," imbuh Holmen. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Studi Dilakukan pada Pasien Operasi Patah Kaki

Studi tersebut membandingkan pasien yang menjalani operasi untuk patah kaki, antara mereka yang memakai ganja dan mereka yang tidak menggunakannya. Jenis dan metode penggunaan ganja tidak diketahui, juga tidak seberapa sering pasien menggunakan ganja.

Mereka yang melaporkan menggunakan ganja menerima 58% lebih banyak opioid per hari saat di rumah sakit, melaporkan tingkat rasa sakit yang lebih besar pada skala 1 sampai 10 dan membutuhkan tambahan anestesi 12,4 mililiter selama operasi dibandingkan mereka yang tidak menggunakan ganja.

Selama operasi, ahli anestesi akan menaikkan dosis jika mereka mengamati gerakan tubuh yang tidak disengaja, peningkatan detak jantung, tekanan darah tinggi atau peningkatan kecepatan pernapasan. studi menemukan semua sinyal dari tingkat rasa sakit yang lebih besar.

Temuan ini menambah penelitian yang ada, yang menemukan pasien yang menggunakan gulma memiliki lebih banyak rasa sakit terkait operasi, yang juga terjadi pada pengguna opioid.

"Kami sekarang memahami pasien yang secara kronis menggunakan opioid sebelum operasi seringkali memiliki respons rasa sakit yang berlebihan dan membutuhkan peningkatan pengobatan nyeri setelah operasi karena mereka memiliki rasa sakit yang meningkat," imbuh Holmen.

 

Reporter: Ruben Irwandi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.