Sukses

Ikan 'Hantu', Penghuni Lautan yang Pandai Menyamar

Ornate ghost pipefish tidak mudah diketahui karena sangat pintar menyamar.

Liputan6.com, Maladewa - Seekor ikan bernama ornate ghost pipefish atau harlequin ghost pipefish memiliki kemampuan menyamar, seperti bunglon dan hewan darat lain.

Ikan bernama latin Solenostomus paradoxus ini sering disebut sebagai false pipefish yang berasal dari keluarga Solenostomidae. Nama spesiesnya diambil dari kata paradoxos Yunani, yang mengacu pada corak eksternal tubuh yang tidak biasa pada ikan ini.

Dilansir dari leisurepro.com, Kamis (1/10/2015), ikan ini dapat ditemukan di lautan Pasifik Barat dan Samudra Hindia, dan tinggal di sepanjang tepi terumbu karang yang rentan terhadap arus kuat.

ornate ghost pipefish memiliki variasi warna tubuh dari merah dan kuning bercorak, hitam, sampai hampir transparan.

Makhluk ini memiliki ukuran kecil yang tumbuh tidak lebih dari 15 cm, dengan variasi warna tubuh merah, kuning, hitam, dan hampir transparan. Sebagian besar ikan ini memakan udang bentik dan makhluk yang ukurannya lebih kecil. Ikan betina membawa telur di sirip perut mereka yang juga berfungsi sebagai kantong.

Meski terdapat di banyak tempat, ornate ghost pipefish tidak mudah diketahui atau sulit ditemukan karena sangat pintar menyamar.

Oleh karena kemampuan itu pula ikan ini memiliki predikat 'hantu'. Ghost pipefish menghabiskan sebagian besar hidup mereka dengan kepala atau mulut menghadap ke bawah, mengapung di sekitar karang atau bebatuan dan membuat mereka hampir mustahil terlihat.

memiliki kemampuan menyamar layaknya hilang, ikan ini mendapat predikat 'hantu'.

Makhluk-makhluk menarik ini dikenal mampu mengubah warna mereka untuk berbaur dengan latar belakang mereka. Mereka juga mampu berubah bentuk sehingga menambah misteri dan intrik ikan ini. Jika tidak diperhatikan secara teliti, akan sulit menemukannya karena warna tubuhnya hampir sama dengan terumbu karang tempat mereka menetap. (Dsu/Rie)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini