Sukses

Kenalan dengan BTT Coin, Kripto Milik Platform BitTorrent

Liputan6.com, Jakarta - BitTorrent adalah platform berbagi file dan peer-to-peer (P2P) populer yang telah menjadi semakin terdesentralisasi dalam beberapa tahun terakhir. Awalnya dirilis pada Juli 2001, BitTorrent dibeli oleh platform blockchain TRON pada Juli 2018.

Sejak diakuisisi, BitTorrent telah menambahkan berbagai alat baru, dengan token cryptocurrency asli khusus yaitu BTT Coin, yang dirilis pada Februari 2019. BTT diluncurkan di blockchain TRON sendiri, menggunakan standar TRC-10.

Menurut literatur resminya, BitTorrent saat ini merupakan protokol komunikasi P2P terdesentralisasi terbesar di dunia.

Siapa Pendiri BitTorrent?

BitTorrent asli adalah gagasan Bram Cohen, seorang pengembang dan pengusaha yang sejak saat itu menjadi terkenal di arena cryptocurrency.

Cohen telah menjelaskan dia merancang BitTorrent untuk merebut industri hiburan yang ketinggalan zaman, yang membuat perolehan materi menjadi lambat dan mahal.

Platform ini telah mengalami beberapa pertempuran hukum, dengan Cohen mempertahankan itu tidak melanggar undang-undang hak cipta dalam memungkinkan pengguna untuk berbagi file seperti musik dan film di antara mereka sendiri.

Pada 2018, TRON menyelesaikan akuisisi BitTorrent, membawa BitTorrent di bawah kendali Justin Sun. Sun terkenal karena memasukkan TRON sebagai cryptocurrency dan teknologi blockchain-nya, 

TRON juga berada di balik penambahan cryptocurrency ke BitTorrent, karena token BTT dirilis di blockchain TRON. Langkah ini merupakan bagian dari upaya TRON untuk menambahkan fitur terdesentralisasi lebih lanjut ke platform.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 
 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Keunikan

Apa yang Membuat BitTorrent Unik?

Tujuan awal BitTorrent adalah untuk mengganggu industri hiburan lama dan bagaimana konsumen mendapatkan konten.

Jaringan distribusi yang mahal dan tidak efisien adalah target utama, dengan pengembang asli Bram Cohen melihat manfaat dalam memungkinkan pengguna internet untuk mendistribusikan konten di antara mereka sendiri secara langsung.

Pada awal 2000-an, BitTorrent menjadi platform berbagi file P2P masuk, dengan TRON melangkah pada 2018.

Di bawah TRON, BitTorrent telah memperluas daya tarik penggunanya kepada mereka yang tertarik dengan solusi terdesentralisasi dan cryptocurrency, serta basis penggunanya sendiri.

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Selasa Pagi 27 September 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang beragam pada perdagangan Selasa (27/9/2022). Mayoritas kripto kembali berada di zona hijau setelah sempat melemah pada hari sebelumnya. 

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Selasa 27 September 2022, pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) kembali menguat 1,51 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih melemah 1,75 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 19.165 per koin atau setara Rp 291,1 juta (asumsi kurs Rp 15.190 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga berhasil menguat pagi ini. ETH naik 2,01 persen dalam 24 jam, tetapi masih melemah 3,77 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.325 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) kembali meroket pada perdagangan hari ini. Dalam 24 jam terakhir BNB terbang 0,40 persen dan 2,20 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 275,37 per koin. 

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Kemudian Cardano berhasil menguat pagi ini. Dalam satu hari terakhir ADA menguat 0,27 persen, tetapi masih melemah 1,20 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,4463 per koin.

Adapun Solana (SOL) kembali menempatkan diri di zona hijau Sepanjang satu hari terakhir SOL melesat 3,49 persen dan 2,66 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 33,59 per koin.

Sedangkan XRP harus rela melemah setelah sempat menguat beberapa hari lalu. XRP ambles 5,12 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih menguat 23,37 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,4717 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) melemah 0,02 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam alami penguatan ke level USD 935,2 miliar dari sebelumnya di level USD 926,1 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.