Sukses

7 Hal yang Wajib Anda Siapkan Jika Ingin Berkebun, Jangan Sampai Lupa!

Liputan6.com, Jakarta Hobi terkini yang jamak dilakukan banyak orang untuk mengisi waktu luang di rumah adalah berkebun. Dengan berkebun, Anda dapat menanam banyak jenis tumbuhan, mulai dari sayuran, buah-buahan, hingga tanaman hias

Selain bisa mengisi waktu luang, kegiatan berkebun juga dapat memberikan dampak positif untuk kesehatan tubuh dan mental. Berkebun memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh, menjaga kesehatan jantung, dan meredakan stres serta meningkatkan pikiran positif. 

Akan tetapi, sebelum Anda melakukan kegiatan berkebun, ada baiknya untuk mempersiapkan beberapa hal di bawah ini, ya!

2 dari 3 halaman

1. Media Tanam yang Punya Unsur Hara

Jika Anda ingin berkebun, ada baiknya untuk mempersiapkan media tanam yang tepat agar tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan subur. Salah satu langkahnya adalah dengan memilih media tanam ramah lingkungan yang memiliki unsur hara makro dan mikro.

2. Pot Tanaman

Peralatan kedua yang wajib Anda miliki adalah pot tanaman. Selain sebagai wadah untuk menanam, pot juga dapat membuat tanaman terlihat lebih indah. Dan jika ingin meletakkan tanaman di dalam rumah, Anda dapat menggunakan beberapa pot bunga dengan warna uang yang netral.

3. Benih Tanaman

Dalam berkebun, Anda juga harus menyiapkan benih tanaman yang baik. Jika ingin memperindah ruangan di dalam rumah, Anda bisa memilih benih tanaman hias sebagai pilihan tepat. Hal yang patut Anda cermati adalah memilih benih tanaman yang berkualitas, ya!

4. Pupuk

Setelah benih tanaman Anda dapatkan, selanjutnya adalah pupuk. Pupuk memiliki fungsi untuk memberikan nutrisi pada tanaman dan menyuburkan tanah. Agar mudah terurai dengan tanah, Anda dapat memilih tekstur pupuk yang tidak terlalu keras.

3 dari 3 halaman

5. Sekop Tanaman

Anda juga harus menyiapkan sekop tanaman. Alat satu ini bisa memudahkan Anda dalam memindahkan media tanam ke dalam pot, menggali lubang, dan menebar pupuk. Agar mudah dipakai, Anda dapat memilih sekop dengan bentuk yang ergonomis, ya!

6. Guntingan Dahan

Guntingan dahan juga harus Anda siapkan. Alat satu ini memiliki fungsi memotong ranting, membentuk tanaman, dan memotong daun yang layu. Langkah tersebut wajib Anda lakukan agar tanaman dapat berkembang dengan baik.

7. Terrarium

Terrarium juga dapat Anda siapkan jika ingin berkebunn. Anda bisa memilih terrarium yang indah dan sudah dilengkapi dengan tanaman hias agar tampilan rumah semakin indah dipandang. 

Itulah 7 hal yang perlu Anda siapkan jika ingin kegiatan berkebun semakin asyik. Jika ingin mencari segala peralatan penunjang kegiatan berkebun tersebut, Anda dapat mencarinya di marketplace berwarna oranye yang selalu menebar promo ongkos kirim, ya!

 

(*) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.