Sukses

Portugal Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022, Ronaldo: Dua Visi Pertama Tercapai

Liputan6.com, Jakarta Penyisihan Grup Piala Dunia 2022 di Qatar ditutup pada hari Jumat (2/12/2022) setelah satu setengah minggu penuh aksi yang luar biasa. Tim Nasional Korea Selatan dan Portugal lolos ke babak 16 Besar Piala Dunia Qatar 2022 usai The Taeguk Warriors berhasil menang 2-1 atas skuat asuhan Cristiano Ronaldo di Stadion Education City, Qatar.

Portugal memimpin lima menit memasuki pertandingan setelah pemain sayap Ricardo Horta membuka skor, menempatkan skuat Korea Selatan di bawah tekanan besar.

Namun, pertandingan semakin sengit ketika Korsel menyamakan kedudukan pada menit ke-27 melalui gol Kim Young-Gwon. Dilanjut dengan tembakan mewah dari Hwang Hee-chan di masa injury time, mengembalikan harapan tim untuk melaju ke babak selanjutnya.

Berkat kemenangannya ini, Timnas Korea Selatan menyusul Portugal di peringkat kedua klasemen Grup H.  Portugal memimpin Grup H dengan hasil tujuh poin. Sementara, Korea Selatan meraih empat poin, mereka unggul jumlah gol dari Uruguay sehingga mereka menemani Portugal untuk lolos ke babak 16 besar.

Pertandingan terakhir Portugal di babak penyisihan ini membuat pemain nomor 7 mengunggah foto timnya dan memberikan sedikit pernyataannya di akun Twittter pribadinya.

"Dua visi pertama tercapai: kualifikasi dan kepemimpinan dalam grup kami. Tapi masih banyak lagi yang akan datang! Ayo Portugal!," tulisnya sebagai keterangan foto. Hingga tulisan ini dibuat, unggahan Ronaldo telah dibagikan ulang oleh 9.339 akun dan disukai (likes) 144.000 kali. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kalah dari Korea Selatan, Fernando Santos Agak Kesal

Portugal masih memimpin di puncak Grup H, meskipun kebobolan pada menit ke-91 yang membuat Korea Selatan mengungguli Uruguay untuk memperebutkan tempat di babak sistem gugur.

Tim Santos akan menghadapi tim tempat kedua dari Grup H, antara Swiss, Serbia, atau Kamerun. Namun, ia menegaskan bahwa kekalahan dari Korea Selatan harus menjadi "peringatan" untuk pasukannya. 

"Kami yang pertama di grup, tapi kami ingin menang dan memiliki permainan yang lebih baik untuk meningkatkan moral para pemain. Tapi hasil ini menjadi peringatan bagi tim kami," tegas pelatih Portugal, Fernando Santos, dikutip dari ESPN, pada Sabtu (3/12/2022).

Sementara itu, tim Paulo Bento akan menghadapi Brasil setelah lolos ke putaran kedua untuk pertama kalinya sejak 2010. Mereka menuju keluar sampai kemenangan dramatis Hwang yang membuat mereka lolos dengan gol yang dicetak di atas Uruguay, yang tersingkir dari Piala Dunia meski mengalahkan Ghana 2-0.

"Sebelum pertandingan Son Heung-min mengatakan kepada saya bahwa saya akan menciptakan sesuatu hari ini," kata Hwang.

"Dia berkata, 'Kami percaya padamu.' Ketika saya masuk sebagai pemain pengganti, banyak rekan se-tim juga mengatakan bahwa mereka memercayai saya," tambahnya.

Ia pun menungkapkan bahwa sulit untuk menunggu hasil pertandingan lainnya, tetapi dengan tekad yang kuat mereka membuktikan bahwa dapat lolos ke fase gugur dan menjaga kepercayaan itu.

3 dari 4 halaman

Ronaldo Sempat Absen Latihan Jelang Pertandingan Terakhirnya

Mega bintang Portugal, Cristiano Ronaldo, dilaporkan tak muncul dalam sesi latihan bersama timnya, Rabu (30/11/2022) waktu setempat. Absennya Ronaldo berbarengan dengan ketidakhadiran Danilo Pereira, Nuno Mendes, dan Otavio yang dilaporkan mengalami cedera.

Situasi tersebut memunculkan spekulasi mengenai kondisi Ronaldo jelang laga pemungkas Grup H Piala Dunia 2022. Terlepas dari ketidakhadiran CR7 dalam latihan grup, Ronaldo diprediksi masih berambisi untuk tampil sejak menit pertama di pertandingan terakhir.

Sebabnya, laga kali ini bisa dijadikan kesempatan bagi peraih Ballon d’Or lima kali untuk menambah koleksi golnya di Piala Dunia. Walau begitu, Mirror menyebut bos Timnas Portugal nampaknya lebih tertarik melakukan rotasi pada penggawa lini serang.

Posisi Selecao das Quinas yang sudah aman memberi peluang bagi sang juru taktik untuk mengistirahatkan anak-anak asuhnya jelang babak 16 besar. Terdapat sejumlah nama yang berpotensi mendapat promosi ke starting line-up jika Fernando Santos benar-benar melakukan perubahan susunan pemain. Nama-nama tersebut ialah Rafael Leao, Goncalo Ramos, serta Matheus Nunes.

4 dari 4 halaman

Putus Kontrak dengan Manchester United

Berbeda dari situasinya bersama Timnas Portugal di Piala Dunia, kondisi Ronaldo di level klub terbilang memprihatinkan. Kontraknya baru saja diputus oleh Manchester United (MU), menyusul wawancara kontroversial yang dilakukan sang pemain dengan Piers Morgan.

CR7 kala itu mengkritik habis-habisan manajemen MU. Ia melontarkan kecaman pedas pada manajer Erik ten Hag serta mantan rekan se-timnya di Old Trafford. Akibat hal ini, Ronaldo dan MU kompak mengakhiri kesepakatan lebih awal.

Agen CR7 Jorge Mendes telah berupaya mencari klub baru untuk kliennya. Raksasa Liga Inggris Chelsea sempat dikaitkan dengan kepindahan sang pemain. Pemilik The Blues Todd Boehly memang terang-terangan menunjukkan ketertarikannya pada Ronaldo.

Sayang, wacana kepindahan CR7 ke Stamford Bridge nampaknya menemui batu sandungan besar. Juru taktik Chelsea Graham Potter dilaporkan kurang berminat pada prospek penandatanganan megabintang asal Portugal.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS