Sukses

Cedera Bukan Penghalang Christian Pulisic Tampil di Laga AS vs Belanda Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Doha - Penyerang Amerika Serikat, Christian Pulisic meyakinkan rekan setimnya bahwa dirinya siap tampil di laga AS vs Belanda pada babak 16 besar Piala Dunia Qatar 2022 pada Sabtu malam waktu Indonesia, 3 Desember 2022, meski masih dibekap cedera.

Laporan ESPN menyebut bahwa cedera tersebut didapatkan saat berbenturan keras dengan kiper Iran, Alireza Beiranvand, tak lama sebelum jeda babak pertama selesai. Christian Pulisic berhasil memanfaatkan umpan silang dari Sergino Dest untuk membuat AS unggul 1-0 dan membantu Amerika mendapatkan tempat di babak sistem gugur Piala Dunia 2022.

Pemain sayap Chelsea itu mengatakan dalam sebuah unggahan media sosial usai pertandingan AS vs Iran bahwa dia akan bersiap pada hari Sabtu. "Jangan khawatir," katanya.

Sementara rekan setimnya, Weston McKennie, mengatakan,"Saya mengiriminya pesan dan memeriksanya, dan dia berkata 'Percayalah saya akan siap pada hari Sabtu'.".

Pulisic tergeletak di tanah dalam mulut gawang selama beberapa menit setelah tabrakan dan sebelum meninggalkan lapangan untuk mendapat perawatan sementara hingga dia kembali untuk menyelesaikan babak pertama.

Meski begitu, Pulisic langsung digantikan oleh Brenden Aaronson pada menit awal babak kedua. Setelah laga, dia dilarikan ke rumah sakit dan di diagnosis memar bagian panggulnya.

Meski demikian, pertemuan terakhir AS vs Belanda di laga persahabatan pada 2015, kala itu Negeri Paman Sam Menang 4-3 atas The Oranje.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pelatih AS Lontarkan Pujian Kepada Pulisic

Sang pelatih, Gregg Berhalter, turut melontarkan pujian atas kerja keras dan ketangguhan Pulisic setelah pertandingan dan mengatakan dia dan para pemain melakukan video call singkat dengannya dari ruang ganti.

"Kami harus berbicara dengannya dan dia dalam semangat yang baik. Itulah yang dia lakukan, itulah kualitas spesial yang dia miliki dan segera setelah gol melebar dia masuk dengan intensitas," kata Berhalter dalam konferensi pers.

Dia menambahkan,"Dia mendobrak kotak dan membuatnya sangat sulit bagi bek dengan perubahan kecepatannya. Merupakan hal yang luar biasa ketika salah satu pemain terbaik Anda juga merupakan salah satu yang bekerja paling keras. Dia memang begitu. Saya tidak bisa mengatakan cukup banyak hal positif tentang Christian.".

3 dari 4 halaman

Kapten AS Mendoakan Agar Pulisic Cepat Pulih

Lebih lanjut, Kapten Amerika Serikat Tyler Adams mengatakan serta mendoakan untuk rekan setimnya Christian Pulisic agar cepat pulih kembali dan menambahkan bahwa gol seperti inilah yang dia harapkan dari Pulisic.

"Berapa banyak gol yang dia cetak seperti itu dalam kariernya? Pasca kedatangan, dia brilian. Cara pengaturan waktunya di dalam kotak dan untuk berada di depan bola itu --- dia akan melakukan apa saja untuk tim ini agar kami menang," kata Adams

"Pemain besar bagi kami, jelas. Berdoa untuknya, berharap semuanya baik-baik saja. Dia akan bertahan di sana. Saya tahu dia akan melakukan apa saja untuk bermain di pertandingan berikutnya," Adams menambahkan.

4 dari 4 halaman

Tim Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

  • Belanda (juara grup A)
  • Senegal (runner-up Grup A)
  • Inggris (juara Grup B)
  • Amerika Serikat (runner-up Grup B)
  • Prancis - Grup D
  • Brasil - Grup G
  • Portugal - Grup H

Prancis jadi tim pertama yang melangkah ke babak 16 besar setelah meraih dua kemenangan di dia laga awal Grup D. Setelah Prancis, Brasil menyusul ke 16 besar dengan mengalahkan Swiss. Portugal pun ikut mengamankan tiket ke 16 besar usai melewati perlawanan alot Uruguay.

Hanya Prancis, Brasil, dan Portugal yang sudah membungkus tiket ke babak 16 besar di matchday 2. Selanjutnya, di awal matchday 3, Belanda, Senegal, Inggris, dan Amerika Serikat menyusul ke babak 16 besar setelah melewati laga-laga sulit di fase grup.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS