Sukses

15 Hal Besar dalam Hidup yang Kerap Lupa untuk Kita Syukuri

Seperti halnya hal-hal yang kita anggap remeh, dampak bersyukur dalam kehidupan seseorang biasanya muncul dengan sendirinya melalui cara-cara yang mudah.

Liputan6.com, Jakarta Bersyukur adalah sebuah keharusan dan memiliki kekuatan yang sangat hebat. Dibutuhkan waktu dan kedisiplinan untuk membiasakan diri dalam bersyukur.

Seperti halnya hal-hal yang kita anggap remeh, dampak bersyukur dalam kehidupan seseorang biasanya muncul dengan sendirinya melalui cara-cara yang mudah.

Mulai dari meluangkan waktu untuk menikmati setiap momen singkat dengan orang yang dicintai hingga menjadi lebih menghargai kegembiraan yang paling sederhana.

Melansir Mind Body Green (10/11/2022), psikolog klinis dan instruktur terapi realitas Katrina Vandenbroeck, M.S., mengatakan bahwa rasa syukur memiliki peran yang kuat dalam meningkatkan kesehatan mental kita.

"Rasa syukur memungkinkan otak kita untuk mengembangkan koneksi yang memiliki efek positif pada kesehatan mental dan kesejahteraan kita secara keseluruhan," katanya.

"Ketika Anda bersyukur, Anda fokus pada apa yang ada dan bukan pada apa yang tidak ada atau apa yang seharusnya atau bisa saja terjadi. Hal ini sangat kuat dan berharga karena Anda dibawa kembali ke saat ini, satu-satunya titik waktu yang berada dalam kendali penuh kita."

Jika Anda ingin mengembangkan rasa syukur yang lebih dalam, berikut adalah daftar hal-hal besar dalam hidup yang patut disyukuri untuk membantu Anda membiasakan diri dalam bersyukur.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Napas

Hidup adalah sebuah anugerah. Anda masih bernapas meskipun semua kesulitan yang menghadang, dan itu adalah sesuatu yang benar-benar bisa Anda banggakan.

Keluarga dan persahabatan

Hidup jauh lebih mudah dengan kehadiran orang lain yang penuh kasih sayang, apakah itu orang tua, saudara kandung, pasangan, teman, atau anak-anak Anda. Keluarga juga bisa menjadi orang terpilih yang melengkapi konstelasi Anda. Pastikan untuk menghargai masing-masingnya.

Cinta

Apa pun sifatnya, cinta bisa ditemukan bahkan di tempat yang paling tak terduga. Jangan takut untuk menyambutnya ketika cinta itu datang kepada Anda. Bermurah hatilah dengan cinta ketika hati Anda meluap-luap karenanya.

Hewan peliharaan

Kesetiaan dan persahabatan yang tenang dari seekor hewan peliharaan yang mencintai Anda, tidak peduli siapa dan apa pun Anda, adalah hal terbaik yang dapat Anda alami dalam hidup. 

Tubuh Anda

Berterima kasihlah kepada tubuh Anda yang telah melakukan yang terbaik untuk menjadi wadah yang membuat jiwa Anda tetap Ada hingga saat ini. Kesejahteraan fisik dan mental datang dengan kesempatan untuk menikmati banyak hal dalam hidup.

 

3 dari 4 halaman

Uang

Syukuri berapa pun yang Anda miliki. Ada benarnya uang menjadi sumber kebahagiaan yang nyata. Uang memberi Anda akses ke banyak kenyamanan, keamanan, dan kesenangan.

Damai

Seperti cinta kasih, kedamaian hadir dalam berbagai bentuk. Entah itu pikiran yang tenang atau komunitas yang penuh kasih yang menjadi bagian dari Anda, akui dan hargai keberadaannya dalam hidup Anda.

Gizi

Sangat mudah untuk menganggap remeh makanan yang Anda makan setiap hari. Makanan menjadi bahan bakar untuk aktivitas sehari-hari dan menyegarkan jiwa Anda jika itu adalah hidangan yang menenangkan. Tanpa makanan yang tepat, Anda tidak akan dapat melakukan banyak hal.

Alam

Banyak kenyamanan yang kita nikmati sekarang, seperti air minum, udara bersih, dan fondasi yang kokoh di mana rumah-rumah kita dibangun, yang disatukan oleh keberadaan alam. Mensyukuri hal-hal ini membantu mengembangkan rasa tanggung jawab yang lebih dalam pada kita semua dalam menjaga lingkungan.

Rumah

Memiliki atap di atas kepala Anda adalah berkat yang sangat besar. Tidak semua orang memiliki tempat yang bisa disebut sebagai tempat tinggal mereka sendiri, padahal keamanan dan rasa memiliki sangat penting dalam hidup. Dengan rasa aman, maka akan muncul ketenangan pikiran.

 

4 dari 4 halaman

Tertawa

Ada banyak hal yang bisa dikatakan tentang khasiat tawa dalam penyembuhan. Bersyukurlah ketika Anda mengalaminya, dan bergembiralah setiap kali Anda membuat orang lain melakukan hal yang sama.

Kebaikan

Dunia adalah tempat yang kejam, tetapi kebaikan tumbuh di mana pun ia ditanam. Mengetahui hal ini mengembalikan keyakinan kita pada kemanusiaan dan menginspirasi kita untuk menjadi orang yang lebih baik.

Jika seseorang memiliki hati untuk membantu Anda mengatasi masa-masa sulit, biarkan lah, hal ini dapat membangkitkan rasa syukur dalam diri Anda.

Kebebasan

Tidak semua orang di dunia menikmati kebebasan dan hak istimewa yang sama seperti Anda. Nikmati kebebasan yang Anda miliki, dan yang paling penting, bertanggung jawablah dengan kebebasan itu.

Pekerjaan

Memiliki sumber penghasilan yang menopang semua kebutuhan Anda, bahkan jika itu bukan pekerjaan yang Anda inginkan, adalah hal yang besar, terutama selama masa-masa sulit ini. 

Pendidikan

Kesempatan untuk mencari pendidikan yang lebih tinggi dan memajukan diri Anda adalah hak istimewa yang sangat besar. Pelajari segala sesuatu yang Anda bisa, dan jangan pelit ketika berbagi pengetahuan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.