Sukses

4 Manfaat Menaruh Bawang Putih di Bawah Bantal Saat Tidur

Anda akan mendapatkan manfaat menakjubkan jika meletakkan bawang putih di bawah bantal saat tidur.

Liputan6.com, Jakarta - Bawang putih menjadi bumbu dapur yang banyak digunakan untuk berbagai olahan masakan. Meski memiliki aroma yang menyengat, bawang putih nyatanya punya segudang manfaat luar biasa, seperti melawan sel kanker, mendetoksifikasi tubuh, mengurangi lemak tubuh hingga memperpanjang hidupmu.

Setelah Anda mengetahui betapa bermanfaatnya bawang putih bagi tubuh, Anda tentu akan belajar untuk mengabaikan aromanya yang menyengat, bukan?

Anda juga akan mendapatkan manfaat menakjubkan lainnya jika Anda meletakkan bawang putih di bawah bantal saat tidur.

Penasaran apa saja manfaat yang didapat jika Anda menaruh bawang putih di bawah bantal saat tidur? Berikut ulasannya, seperti melansir dari Bright Side, Senin (22/11/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Mengatasi hidung tersumbat

Jika Anda tengah mengalami hidung tersumbat, Anda akan merasa lega saat mencium aroma bawang putting. Itu karena bawang putih mengandung antibiotik kuat yang disebut allicin, yang perlahan menguap dari bawang putih dan melawan kuman dan infeksi. 

Allicin bawang putih juga membantu membersihkan saluran dalam hidung dengan melarutkan lendir. Prosesnya tentu bertahap, tapi itu sepadan. Setelah beberapa saat, Anda akan terbebas dari hidung tersumbat dan bisa bernapas dengan lega.   

3 dari 5 halaman

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bawang putih memiliki kemampuan untuk menghancurkan semua jenis bakteri jahat, karena memiliki sifat antibakteri yang sangat kuat. 

Allicin menghentikan dua kelompok fermentasi yang memungkinkan bakteri menular berkembang biak di tubuh.

Jika Anda rutin meletakkan bawang putih di bawah bantal, Anda akan merasa lebih terjaga di pagi hari. Selain itu, Anda juga jarang sakit.

4 dari 5 halaman

3. Tidur lebih nyenyak

Bawang putih kaya akan vitamin B1, yang dikenal bisa membantu memerangi gangguan tidur. Selain itu, ada juga banyak vitamin B6 dalam bawang putih, yang bisa meningkatkan sekresi melatonin secara signifikan.

5 dari 5 halaman

4. Mengusir serangga

Jika Anda takut laba-laba merangkak ke dalam mulutmu saat tidur atau pernah terbangun karena gigitan nyamuk berulang kali, ini yang Anda butuhkan. 

Bawang putih beracun bagi serangga, terutama nyamuk. Itu sebabnya makhluk kecil ini menjauhi bau bawang putih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.