Sukses

4 Alasan Mengapa Tidur Terpisah dengan Pasangan Bikin Hubungan Lebih Sehat

Nyatanya ada beberapa manfaat yang didapat pasangan jika tidur terpisah.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pasangan suami istri sudah sewajarnya tidur bersama dalam satu ranjang dan kamar. Namun, sebuah survei menunjukkan bahwa 1 dari 4 pasangan memilih tidur di ranjang terpisah. 

Meski topik tersebut hingga kini masi tabu, namun nyatanya tidur terpisah dengan pasangan memiliki manfaat untuk kelangsungan hubungan yang sehat.

Berikut beberapa alasan mengapa tidur terpisah dengan pasangan bikin hubungan lebih sehat, seperti melansir Bright Side, Senin (1/11/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Tidur tidak akan terganggu

Kurang tidur tentu akan membuat Anda merasa lemas, kurang fokus dan tak bersemangat menjalani aktivitas keesokan harinya. 

Jika Anda tidak tidur nyenyak bersama dengan pasangan, Anda perlu mengubahnya. Sebab, wanita lebih sensitif terhadap suara-suara di sekitar mereka. Sehingga jika pasangannya mendengkur, kemungkinan besar mereka akan terbangun di tengah malam.

Studi menemukan bahwa tidur dengan pasangan bisa meningkatkan jumlah yang dihabiskan di tahap REM. Ini adalah tahap di mana operasi otak Anda meningkat dan tidur Anda lebih ringan.

Ini berarti bahwa tidur secara terpisah akan mengurangi durasi REM dan membuat Anda bebas dari gangguan lain.

3 dari 5 halaman

2. Bangun dengan bahagia dan segar

 

Bangun dengan kondisi bahagia dan segar merupakan hasil dari tidur tanpa gangguan. Pasangan yang bangun dengan kondisi ini akan memiliki energi lebih dan merasa bisa menghadapi hari-hari mereka masing-masing dengan lebih fokus dan kontrol.

Mereka juga lebih sehat secara mental dan fisik, juga tidak merasa kesal satu sama lain karena gangguan tidur apa pun. 

Dengan cara ini, seluruh hubungan mereka lebih bahagia karena mereka bangun dengan segar dan tanpa rasa kesal maupun marah.

4 dari 5 halaman

3. Jarang bertengkar

 

Ketika dua orang kurang tidur, toleransi frustasi mereka secara signifikan lebih rendah dan mereka menyerang pasangannya. Kurang tidur juga membuat individu kurang berempati terhadap emosi orang lain, sesuatu yang vital dalam suatu hubungan. 

Namun tidak hanya itu, kurang tidur juga bisa memicu lebih banyak pertengkaran di antara pasangan, bahkan dari hal terkecil.

Sebaliknya, ketika kedua pasangan tidur nyenyak, mereka bisa mengatasi masalah kecil dengan lebih baik dan menyelesaikannya secara efektif.

5 dari 5 halaman

4. Menikmati me time

 

Meski telah memiliki pasangan, setiap individu menikmati waktunya dengan melakukan hobi favorit atau aktivitas yang disuka. 

Anda juga bisa menggunakan waktu itu untuk berkomunikasi dengan teman-teman Anda dan fokus pada mereka sebentar. Semua ruang ini akan memberi Anda lebih banyak untuk dibicarakan dengan pasangan dari pengalaman selama tidak bersama beberapa waktu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.