Sukses

13 Tanaman Hias Cantik, Tapi Berbahaya Bagi Kucing Kesayangan Anda

Jika Anda memiliki hewan peliharaan seperti kucing, sebaiknya perhatikan jenis tanaman hias yang bisa beracun bagi mereka.

Liputan6.com, Jakarta Anda pecinta tanaman hias dan kucing? Jika benar, maka perlu mengetahui tanaman hias seperti apa saja yang bisa memberi dampak positif dan negatif bagi peliharaan berbulu Anda yang lucu.

Tanaman hias yang cantik memiliki aroma yang berbeda-beda. Beberapa aroma tanaman itu ada yang sangat disukai kucing, seperti Catnip, Thyme, Mint, dan Lavender. Setelah mencium aroma tanaman itu, biasanya kucing akan cenderung menggeseknya, menjilat, memakannya, menunjukkan perilaku yang tak biasa, bahkan mendadak berlarian kencang.

Di sisi lain, ada tanaman hias yang bisa beracun bagi kucing, akan membahayakan kesehatannya jika tanpa sengaja tertelan atau menghirupnya. Oleh karena itu perlu diperhatikan penempatannya agar tidak mudah dijangkau kucing. Berikut ini beberapa contoh tanaman hias yang kerap ditemukan di rumah para pecinta tanaman.

1. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan tanaman serbaguna di rumah. Tak hanya mempercantik rumah, lidah buaya juga punya khasiat untuk kulit dan rambut. Meskipun lidah buaya mungkin memiliki khasiat terapeutik bagi manusia, tapi lidah buaya mengandung saponin dan antrakuinon yang beracun bagi kucing. Dapat menyebabkan kelesuan, muntah, dan diare jika tertelan.

2. Lidah mertua

Tanaman lidah mertua dikenal manfaatnya untuk memurnikan udara. Ini adalah salah satu tanaman terbaik untuk kondisi cahaya rendah. Sementara tanaman ular tidak beracun bagi manusia, lidah mertua sangat beraun bagi kucing. Lidah mertua mengandung saponin yang bisa membuat kucing mual, muntah, dan diare jika tertelan.

3. English ivy

Memiliki daun kecil dan runcing membuat English ivy terlihat sangat lembut. Tanaman ini kerap dijadikan tanaman hias gantung rumahan yang cantik. English ivy mengandung Saponin triterpenoid yang beracun bagi kucing. Jika tertelan, English ivy dapat menyebabkan berbagai gejala termasuk kelemahan, muntah, tenggorokan bengkak, air liur berlebihan, dermatitis, ruam, dan ataksia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanaman Hias Selanjutnya

4. Pothos

Pothos merupakan tanaman yang biasa digantung di teras rumah atau ditaruh dalam vas berisi air. Mudah dirawat membuat tanaman ini sangat menarik pecinta tanaman. Meskipun aman untuk disentuh, jika tertelan, kucing akan mengalami rasa terbakar di mulut dan bibir, muntah, dan pembengkakan mulut.

5. Sago Palm

Sago Palm merupakan jenis tanaman hias palem yang bisa diletakkan di luar maupun dalam rumah. Sago Palm juga bisa membantu meningkatkan kualitas udara di ruangan. Namun, tanaman ini sangat beracun bagi teman berbulu. Sago palm mengandung Cycasin yang berbahaya bagi kucing. Jika ada bagian tanaman yang tertelan, hal itu dapat menyebabkan muntah, diare, dan bahkan gagal hati hingga kematian.

6. Amarilis

Seluruh bagian dari tanaman Amarilis, mulai dari batang, bunga, hingga daunnya mengandung toksin bernama phenanthridine alkaloids. Zat tersebut dapat memengaruhi tekanan darah dan menimbulkan kejang pada kucing.

7. Lantana

Lantana merupakan salah satu tanaman beracun karena mengandung alpha-lantadene. Lantadene dapat menyebabkan mual,muntah, diare, sesak napas, gagal ginjal, gagal jantung dan bahkan kematian.

 

3 dari 4 halaman

Sri rejeki

8. Monstera Deliciosa

Monstera Deliciosa adalah salah satu tanaman hias tropis paling trendi dan ditampilkan secara luas di media sosial dan dekorasi rumah ala tropis. Sayangnya, Monstera deliciosa mengandung kalsium oksalat yang tidak larut sehingga sangat beracun bagi kucing.

9. Pakis Asparagus

American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA) menyebutkan bahwa daun dan buah dari pakis asparagus tersebut mengandung zat yang beracun untuk kucing. Gejala yang ditimbulkan di antaranya adalah diare, muntah-muntah, hingga sakit perut.

10. Sri rejeki

Sri rejeki adalah tanaman hias yang populer bagi pecinta tanaman. Tanaman ini memiliki daun hijau dengan motif putih yang unik. Ada banyak jenis sri rejeki yang ukurannya bervariasi. Sayangnya, sri rejeki juga bisa beracun bagi kucing. Sri rejeki mengandung kalsium oksalat tidak larut dan enzim proteolitik yang harus dijauhkan dari kucing. Jika tertelan kucing, sri rejeki bisa menyebabkan muntah, mulut terbakar, iritasi mulut, bengkak, dan dalam kasus yang parah kesulitan menelan atau bernapas.

 

4 dari 4 halaman

Aglonema - Peace Lily

11. Aglonema

Aglonema adalah salah satu tanaman hias yang banyak disukai. Namun kamu sebaiknya menyingkirkannya jika ada kucing di rumah. Aglonema mengandung kalsium oksalat yang berbahaya bagi kucing menyebabkan masalah di mulut, tenggorok, pernafasan hingga gagal ginjal.

12. Tulip

Tanaman ini sangat indah di mata. Namun kelopak bunganya ternyata mengandung zat toksin yang bisa menyebabkan berbagai penyakit pada kucing. Di antaranya adalah iritasi perut, hilangnya nafsu makan, ngiler, depresi, kelainan jantung, hingga kejang-kejang.

13. Krisan

Tanaman ini mengandung zat pyrethrins yang dapat menimbulkan sakit perut, muntah, dan diare pada kucing kesayangan kamu. Selain itu, ASPCA menambahkan bahwa terkadang kucing bisa mengalami depresi dan kehilangan koordinasi setelah memakannya.

14. Peace lily

Peace lily merupakan jenis lily yang paling umum dijadikan tanaman hias. Daunnya gelap dengan bunga putih yang tahan lama. Meski indah untuk dijadikan dekorasi, peace lily mengandung kalsium oksalat yang berbahaya bagi kucing. Jika tertelan, peace lily dapat menyebabkan muntah, iritasi pada mulut dan saluran pencernaan, air liur yang berlebihan, dan pada kasus yang parah, kesulitan menelan atau bernapas. Tamana ini hanya berbahaya jika tertelan dan masih aman jika tersentuh kucing.

Untuk menghindari kucing berperilaku menjilat dan memakan tanaman, pastikan kamu memberikan makanan tepat waktu dan tidak membuatnya kelaparan. Untuk makanan sehat dan bernutiri kamu bisa berikan Muezza. Sebagai makanan dry food, Muezza sangat cocok dikonsumsi untuk kucing dewasa karena mengandung protein yang berkualitas tinggi.

Selain itu, Muezza mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kucing, mengoptimalkan sistem pencernaan, menstimulasi penglihatan kucing, dan mengurangi bau kotorannya. Muezza juga tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand.

Muezza memiliki 4varian rasa favorit para kucing, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Anda bisa membeli makanan kucing Muezza di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini