Sukses

5 Kasus Orang Terkenal Hilang Secara Misterius dan Tak Pernah Kembali

Liputan6.com, Jakarta Setiap tahun, ratusan ribu orang menghilang. Beberapa ditemukan dan cukup beruntung untuk kembali ke orang yang mereka cintai. Yang lainnya, menghilang begitu saja dari muka bumi tanpa meninggalkan jejak.

Upaya bertahun-tahun pencarian tak memberikan hasil yang positif. Sampai-sampai, beberapa memunculkan teori konspirasi liar, spekulasi, dan tanda tanya. Berikut adalah daftar orang terkenal yang hilang dan tidak pernah ditemukan seperti dihimpun dari berbagai sumber.

 

2 dari 7 halaman

1. Michael Rockefeller

Michael Clark Rockefeller adalah putra ketiga dan anak kelima dari Wakil Presiden AS Nelson Rockefeller. Dia juga merupakan cicit dari John Davison Rockefeller Sr. yang merupakan salah satu pendiri Standard Oil.

Michael, lulusan Harvard, sedang dalam perjalanan ke Papua New Guinea. Ia pergi ke sana untuk memotret masyarakat Suku Asmat.

Pada 17 November 1961, Rockefeller dan René Wassing (seorang antropolog Belanda) berada sekitar 5 km dari pantai ketika perahu mereka terbalik. Menurut laporan, Rockefeller berhasil berenang ke pantai, tapi itu penampakan terakhirnya.

Bahkan setelah pencarian selama dua minggu yang mencakup helikopter, kapal, pesawat terbang, dan ribuan orang, Rockefeller tidak dapat ditemukan.

Hilangnya dia memunculkan teori konspirasi termasuk di mana dia diduga dibunuh dan dimakan oleh kanibal. Michael Rockefeller dinyatakan meninggal secara hukum tiga tahun setelah dia menghilang, pada tahun 1964.

 

3 dari 7 halaman

2. Sean Flynn

Sean Flynn, lahir pada tanggal 31 Mei 1941, adalah satu-satunya putra superstar Hollywood Errol Flynn. Untuk waktu yang singkat, Sean mengikuti jejak ayahnya dan mencoba berakting. Namun, Sean menemukan panggilan sejatinya dalam foto jurnalistik.

Sean melakukan perjalanan ke zona perang bersama dengan pasukan untuk mencari foto yang menarik dan luar biasa. Dia mengambil gambar untuk Time, United Press International dan Paris Match. Sean pernah pergi untuk meliput konflik Arab-Israel, perang Vietnam, dan banyak lagi. Juga, pria itu pernah pergi ke Kamboja untuk tugas dengan Timeto meliput pergerakan pasukan Vietnam Utara.

Di sana pada 6 April 1970, Sean dan rekan jurnalis foto Dana Stone mendapat petunjuk tentang pos pemeriksaan Viet Cong di jalan raya. Keduanya memutuskan untuk bepergian dengan sepeda motor mereka ke pos pemeriksaan untuk melihat sendiri.

Sejak saat itu, mereka tidak pernah terlihat atau terdengar lagi. Menurut laporan yang tidak diverifikasi oleh Time, Sean dan Dana ditangkap oleh para pejuang gerilya tentara Viet Cong.

Lili Damita, ibu Sean, menghabiskan banyak uang untuk mencoba menemukan putranya, tetapi tidak berhasil. Sean dinyatakan meninggal pada tahun 1984 atas perintah ibunya, Lili.

 

4 dari 7 halaman

3. James Riddle Hoffa

Alias Jimmy Hoffa, adalah presiden International Brotherhood of Teamsters (IBT) selama 14 tahun dari 1957 hingga 1971. Sejak muda, Hoffa menunjukkan kecerdasan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pemimpin. Ia menjadi aktivis serikat pekerja sejak awal dan naik menjadi tokoh penting di cabang regional IBT pada usia pertengahan dua puluhan.

Hoffa berperan penting dalam disahkannya Perjanjian Pengangkutan Barang Nasional yang pertama. Selama masa jabatannya, IBT tumbuh secara eksponensial di seluruh Amerika menjadi serikat terbesar dengan keanggotaan dengan lebih dari 2,3 juta anggota.

Terlepas dari kesuksesan besarnya dengan Teamsters, Hoffa memiliki hubungan dekat dengan sindikat kejahatan terorganisir pada saat itu. Hoffa dijatuhi hukuman penjara 13 tahun karena merusak juri, konspirasi, dan penipuan.

Hukumannya dikurangi oleh Presiden Nixon dengan syarat bahwa Hoffa tidak akan terlibat dalam segala jenis aktivitas yang berhubungan dengan serikat pekerja sampai tahun 1980. Namun, pada 30 Juli 1975, Hoffa menghilang dari sebuah restoran di Detroit dalam keadaan yang mencurigakan.

Sejak saat itu, Hoffa tidak pernah terlihat lagi. Pada tahun 1982, Jimmy Hoffa secara hukum "dianggap meninggal". Selama penyelidikan dan tahun-tahun setelahnya, beberapa teori konspirasi muncul tentang hilangnya Hoffa dan dugaan pembunuhan. Namun, tidak satupun terbukti.

 

5 dari 7 halaman

4. Joe Pichler

Joseph David Wolfgang Pichler, atau Joe Pichler begitu dia dikenal, lahir pada tahun 1987 adalah seorang aktor. Perannya yang paling terkenal adalah sebagai Brennan Newton dalam seri ketiga dan keempat dari serial film Beethoven.

Joe kembali ke kampung halamannya di Bremerton di Washington atas permintaan keluarganya. Dia menyelesaikan sekolah menengahnya pada tahun 2005 dan berencana untuk kembali ke Los Angeles untuk mengejar karir aktingnya lebih jauh. Saat berada di kampung halamannya, Pichler mendapat pekerjaan penuh waktu di TeleTech sebagai teknisi telepon.

Terakhir kali dia terdengar pada pukul 4:15 pagi pada tanggal 5 Januari 2005, pada hari dia menghilang, ketika dia menelepon seorang teman. Toyota Pichler ditemukan empat hari kemudian di belakang sebuah restoran.

Keluarganya mengajukan laporan orang hilang pada 16 Januari. Meskipun polisi mencurigai kasus tersebut sebagai bunuh diri, tubuh Pichler tidak pernah ditemukan.

 

6 dari 7 halaman

5. Daniel Lind

Daniel Lind Lagerlof yang dianggap sebagai salah satu sutradara paling serbabisa di dunia perfilman dan TV Swedia. Ia menghilang pada 6 Oktober 2011.

Lagerlof, pada saat itu, sedang dalam proses menyelesaikan lokasi pengambilan gambar untuk film mendatangnya yang diangkat berdasarkan buku penulis Swedia Camilla Lackberg: Cagar Alam Tjurpannan.

Menurut teori, Lagerlof terpeleset di atas bebatuan dan ditarik ke laut oleh gelombang besar di daerah tersebut. Namun, tidak ada saksi pada saat itu. Tidak ada jejak yang ditemukan, jadi pada tahun 2016, Lagerlof secara resmi dianggap tewas.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: