Sukses

11 Alasan Orang Takut Jatuh Cinta dan Lebih Suka Melajang

Liputan6.com, Jakarta Jatuh cinta bisa jadi sangat menantang. Kebanyakan orang berbicara tentang betapa senangnya bertemu dengan seseorang yang spesial, tetapi ada sisi negatifnya juga.

Butuh kekuatan untuk mengatasi beberapa ketakutan yang Anda pikirkan saat menjalani hubungan. Berikut ini beberapa alasan yang mungkin menahan Anda untuk tidak jatuh cinta secara bebas dan tetap melajang seperti dilansir dari Brightside.

 

2 dari 7 halaman

1. Takut terlihat rentan

Menunjukkan bahwa Anda rentan dan lemah itu sulit karena kebanyakan dari kita berasumsi bahwa orang lain menyukai orang yang tanpa cela. Tapi kesalahan itulah yang membuat kita menjadi diri kita sendiri.

Terbuka kepada pasangan Anda tentang keraguan, kesalahan masa lalu, atau karakter yang tidak diinginkan adalah cara yang bagus untuk mengkonsolidasikan hubungan Anda. Anda sebenarnya memberi pasangan Anda kesempatan untuk membantu Anda menyelesaikannya bersama.

2. Tidak dapat membayangkan bersama orang yang sama seumur hidup

Memang sulit membayangkan menghabiskan sisa hidup Anda dengan satu orang, apalagi saat ini begitu banyak pilihan baru dapat diterima secara sosial. Sebuah penelitian telah menunjukkan bagaimana hubungan terbuka sama memuaskannya dengan hubungan monogami.

 

3 dari 7 halaman

3. Takut mengulangi kesalahan masa lalu

Beberapa orang mengalami masa lalu yang sulit, yang lain tidak. Sulit untuk melupakan beban emosional dan pasangan baru tidak selalu berarti awal yang baru, karena Anda mungkin mengulangi kesalahan yang sama yang Anda buat dalam hubungan sebelumnya.

Memiliki pasangan baru pasti tidak akan menyelesaikan semua masalah Anda, tetapi mereka mungkin dapat menunjukkan beberapa hal menarik yang tidak Anda sadari.

4. Anda memang suka menyendiri

Jika Anda seorang introvert, Anda mungkin dapat dengan mudah memahami yang satu ini. Bergaul dengan orang, terutama dalam kelompok besar, bisa melelahkan.

Jatuh cinta pada akhirnya mengharuskan Anda menghabiskan banyak waktu dan energi untuk seseorang. Namun, Anda akan terkejut mengetahui bahwa sebuah penelitian menunjukkan bahwa introvert yang paling bahagia adalah mereka yang memaksakan diri untuk bertindak sebagai ekstrovert.

 

4 dari 7 halaman

5. Takut hubungan gagal seperti pasangan lainnya

Orang berubah, minat berubah, terkadang orang tumbuh terpisah. Anda telah melihat hal itu terjadi di sekitar Anda dengan teman, keluarga, dan rekan kerja.

Tetapi jatuh cinta mungkin adalah salah satu hal paling menarik yang dapat dilakukan manusia, juga karena Anda tahu bahwa orang favorit Anda di dunia ini mungkin tidak akan bertahan selamanya jika Anda tidak bekerja untuk itu. Menghindari menerima begitu saja dan menerima perubahan adalah cara yang bagus untuk membantu Anda meninggalkan zona nyaman dan mencoba hal baru juga.

6. Takut kehilangan kendali

Mencintai terkadang merasa bahagia, tetapi terkadang juga merasa marah, sedih, atau kecewa. Cinta memiliki kemampuan untuk memicu reaksi irasional dan emosi yang intens. Ini bisa tampak menakutkan jika Anda suka mengendalikan segala sesuatunya.

 

5 dari 7 halaman

7. Merasa berkencan itu sulit

Kencan juga bisa menjadi kerja keras dan seringkali hasilnya tidak sepadan. Terlebih jika Anda adalah orang yang pemalu.

Banyak orang juga berbicara tentang bagaimana berkencan menjadi begitu sulit hari ini karena aplikasi kencan. Kencan telah menjadi aktivitas seperti berbelanja yang berfokus pada memperluas pilihan calon mitra alih-alih berporos pada proses aktual yang mungkin menghasilkan hubungan jangka panjang.

8. Takut mengetahui sifat asli pasangan

Kita semua rentan terhadap idealisasi, tetapi beberapa orang takut memperdalam hubungan untuk mengetahui kebiasaan buruk pasangannya atau karakter yang tidak disukai. Bisa juga terjadi bahwa Anda sangat mengidealkan seseorang sehingga Anda menciptakan ekspektasi yang sangat tinggi yang tidak dapat dipenuhi oleh siapa pun, yang berarti Anda pasti akan kecewa.

Kabar baiknya adalah, menurut penelitian ini, mengidealkan pasangan Anda bisa menjadi hal yang baik jika Anda melakukannya dengan cara yang sehat yang membantunya tumbuh.

 

6 dari 7 halaman

9. Takut kehilangan identitas Anda

Perlu banyak waktu untuk membangun identitas yang Anda rasa nyaman. Anda mungkin harus bergumul dengan banyak rasa tidak aman dan belajar dari kesalahan masa lalu untuk berada di posisi Anda sekarang.

Jelas, bersama seseorang dapat mengubah beberapa hal yang paling Anda sukai dari diri Anda, menjadi lebih baik atau lebih buruk. Tetapi berpikir bahwa Anda mungkin bisa menghentikan diri Anda dari perubahan adalah apa yang mungkin menyebabkan ketakutan ini.

10. Menyukai hidup yang tengah dijalani dan tak ingin mengambil risiko

Cinta membawa perubahan dan menjadi lajang tidak selalu buruk. Anda telah bekerja keras untuk mendapatkan posisi yang baik di tempat kerja, Anda telah membangun jaringan pertemanan yang solid, dan Anda memiliki apartemen yang bagus. Itu adalah hal-hal berharga yang mungkin hilang jika Anda jatuh ke dalam spiral emosi yang tidak rasional.

 

7 dari 7 halaman

11. Takut orang lain akan menilai hubungan Anda

Harus meyakinkan orang lain bahwa Anda membuat pilihan yang tepat bisa melelahkan. Teman dan keluarga sering kali memiliki pendapat yang kuat karena mereka peduli pada Anda.

Apa yang dipikirkan teman dan kerabat Anda pasti bisa memberi Anda wawasan yang baik tentang hubungan Anda, tetapi itu tidak boleh menggantikan apa yang Anda pikirkan atau rasakan. Lagi pula, hanya Anda yang cukup mengenal pasangan Anda untuk memutuskan.