Sukses

6 Manfaat Lain Kantong Teh Celup Bekas, Jangan Langsung Dibuang

Kantong teh celup bekas ternyata memiliki berbagai manfaat lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Setelah digunakan, biasanya Anda akan langsung membuang kantong teh celup bekas. Namun, sebaiknya Anda mengubah kebiasaan tersebut. Karena kantong teh celup bekas ternyata memiliki sederet manfaat yang tak Anda ketahui sebelumnya.

Kantong teh celup bekas paling sering digunakan untuk mengompres mata yang bengkak akibat begadang. Cukup ditaruh dalam lemari es selama beberapa menit, kemudian letakkan pada di mata Anda selama 5 menit. Ini dapat meredakan bengkak tersebut.

Lalu, apa lagi manfaat lainnya? Ini dia seperti dilansir dari WebMD.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Meredakan berbagai masalah kulit

Jika tak sengaja menyentuh beberapa jenis tumbuhan liar merambat dan mengalami ruam yang gatal, serta nyeri pada kulit, sisa kantong teh celup dapat membantu meredakannya. Anda hanya perlu mandi dengan air rendaman teh hitam.

Rendaman teh hitam (black tea) dapat membantu meredakan peradangan dan menenangkan kulit Anda. Penelitian menunjukkan bahwa kain basah yang sebelumnya direndam dengan teh hitam dapat bekerja dengan baik dalam mengobati kondisi kulit lain yang dapat menyebabkan gatal, seperti masalah dermatitis pada wajah.

3 dari 7 halaman

2. Meredakan Luka Ringan

Teh hitam juga dapat membantu meredakan rasa sakit dan mengurangi proses pembengkakan yang disebabkan goresan kecil atau memar pada kulit. Caranya adalah dengan lebih dulu membuka kantong teh, kukus teh, dan biarkan dingin, lalu tekan ke area yang terluka selama beberapa menit.

4 dari 7 halaman

3. Mengurangi Sakit Gigi

Jika sedang mengalami sakit gigi, kantong teh peppermint hangat mungkin akan memberikan kenyamanan saat ditempelkan pada gigi dan gusi. Kandungan asam dalam teh dapat membantu proses pembekuan darah. Menggigit kantong teh hangat juga dapat membantu mengontrol pendarahan setelah Anda mencabut gigi.

5 dari 7 halaman

4. Menghilangkan Komedo Hitam

Mengaplikasikan masker terbuat dari daun teh hijau sanggup membantu menghilangkan komedo membandel. Caranya adalah dengan menyobek kantong teh, kemudian campur satu sendok daun teh hijau dengan sedikit air hingga sedikit mengental menyerupai tekstur pasta.

Gosok perlahan campuran tersebut di atas area berkomedo selama dua hingga tiga menit, lalu bilas dengan air hangat. Terakhir, keringkan wajah Anda dan gunakan pelembab.

6 dari 7 halaman

5. Menyuburkan Tanaman

Tumbuhan membutuhkan nitrogen untuk pertumbuhan yang sehat, juga sebagai bahan penyusun dasar DNA. Daun teh sendiri kaya akan kandungan tersebut. Studi menunjukkan bahwa daun teh bekas yang dicampur dengan tanah dapat membantu tunas dan akar tumbuhan untuk tumbuh lebih cepat dan meningkatkan produksi kimia pada tanaman.

7 dari 7 halaman

6. Mewarnai Pakaian

elama berabad-abad, beragam tanaman telah digunakan untuk mewarnai pakaian dan tekstil, tak terkecuali daun teh. Kantong teh celup dapat digunakan sebagai pewarna alami untuk menciptakan tampilan dan desain baru, terutama untuk bahan katun.

Cukup dengan mengeluarkan teh dari kantongnya, lalu panaskan dengan air dengan takaran secukupnya. Setelah sekitar satu jam, saat daun tampak layu, saringlah daunnya untuk mendapatkan warna alami dari sari daun teh. 

 

(Brigitta Valencia Bellion)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.