Sukses

Cara Membuat Odading Mang Oleh yang Viral, Enak dan Gampang

Liputan6.com, Jakarta - Odading Mang Oleh kini memang tengah menjadi perbincangan viral publik, khususnya para pengguna jejaring sosial. Jajanan khas Bandung itu menarik perhatian publik setelah seorang pria bernama Ade Londok membuat review super unik.

Dalam video yang beredar di lini masa, dia bahkan mengatakan bahwa orang-orang yang makan odading Mang Oleh akan menjadi superhero Iron Man.

Berkat review tersebut viral, odading Mang Oleh pun diserbu pembeli. Bahkan para pembeli rela antre panjang untuk bisa membeli odading viral tersebut.

Namun, jika kamu mencicipi odading tesebut dan malas untuk antre. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah lo. Berikut resep odading kreasi Joanne Sebastian yang dibagikan melalui laman Cookpad.com.

2 dari 4 halaman

Bahan yang Dibutuhkan

Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat odading viral tersebut.

Bahan A:

300 gr tepung terigu

2 sdm susu bubuk

5 sdm gula pasir

1 std ragi instan

Bahan B:

2 butir telur

100 mil santan instan

Bahan C:

Sejumput garam

1 sdm margarin/butter

Olesan:

Secukupnya air matang

Taburan:

Secukupnya wijen putih.

3 dari 4 halaman

Cara Membuatnya

Berikut cara membuatnya:

1. Pertama-tama dduk dan campur seluruh bahan A, aduk rata, lalu masukkan bahan B sesuai urutannya, uleni dengan tangan hingga kalis.

2. Lalu masukkan bahan C, uleni hingga cukup kalis elastis, bisa gunakan mixer dengan hook roti pada proses ini, tapi diuleni dengan tangan pun cukup mudah, tidak perlu seperti membuat adonan roti.

3. Istirahatkan adonan selama satu jam atau sampai mengembang dua hingga tiga kali lipat, tutup dengan serbet bersih.

4. Setelah mengembang, kempiskan adonan, taburi meja kerja dengan tepung terigu secukupnya, pipihkan adonan setebal kira-kira satu cm, lalu potong-potong adonan dengan scraper/sepatula plastik berbentuk persegi.

5. Tata adonan berjarak, agar tidak saling menempel, istirahatkan kembali selama 15-20 menitan hingga mengembang sekali lagi.

6. Setelah mengembang lagi, olesi permukaan adonan dengan kuas dan air, lalu taburi dengan wijen, sambil sedikit ditekan agar wijennya tak gampang rontok saat digoreng.

7. Panaskan minyak banyak dengan api kecil, goreng Odading pada minyak panas, sekali balik, hingga kedua sisinya matang sempurna dan berwarna golden brown.

8. Angkat, tiriskan, sajikan kue Odading selagi hangat.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: