Sukses

7 Manfaat Mengagumkan Durian Bagi Kesehatan Tubuh

Liputan6.com, Jakarta - Durian menjadi salah satu buah yang mudah ditemukan di Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Buah yang memiliki cita rasa khas dan aroma wangi khas juga memiliki cara menikmati yang khas pula.

Meski begitu, tidak semua orang suka dengan buah durian karena dianggap baunya terlalu menyengat. Namun, tahukah kamu kalau durian memiliki segudang manfaat mengagumkan untuk kesehatan?

Nah, penasaran apa saja manfaat mengkonsumsi buah durian? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Minggu (31/5/2020). 

1. Meningkatkan Energi

 

Karena buah durian tinggi karbohidrat, mengkonsumsinya akan membantu mengisi kembali tingkat energi yang hilang.

Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu untuk dicerna, memicu kontraksi otot yang memberi tubuhmu energi yang tahan lama. Jadi, makan durian akan memberimu energid an mengurangi kelelahan dan keletihan.

2 dari 7 halaman

2. Membantu Pencernaan

Buah ini merupakan sumber serat yang baik dengan memainkan peran penting dalam kesehatan pencernaan.

Sel-sel usus besar menggunakan serat sebagai bahan bakar yang membantu menjaga mereka tetap sehat. Serat juga menjaga saluran pencernaanmu dengan menambahkan pergerakan ususmu teratur.

3 dari 7 halaman

3. Mengurangi Rasa Sakit

Ekstrak cangkang durian diketahui mengandung obat penghilang rasa sakit dan antibiotik.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Southern Medical University, ekstrak cangkang durian bisa membantu meredakan batuk karena efek penghilang rasa sakit dan antibiotik.

4 dari 7 halaman

4. Menginduksi Tidur dan Menurunkan Depresi

Menurut World Journal of Pharmaceutical Research, buah durian mengandung tryptophan dan asam amino. Ini adalah senyawa penginduksi tidur alami yang memetabolisasikan hormone melatonin dan serotonin.

Melatonin terlibat dalam siklus tidur-bangun dan serotonin terlibat dalam memproduksi tidur, suasana hati dan kognisi. Ini menurunkan risiko depresi dan stres.

5 dari 7 halaman

5. Membuat Tulang Sehat

Karena buah ini merupakan sumber kalsium dan fosfor yang baik, buah ini bekerja secara kolaboratif untuk membangun tulang. Untuk kesehatan tulang, jumlah yang tepat dari mineral ini diperlukan.

Menurut American Bone Health, 85 persen fosfor tubuh hadir dalam tulang sebagai kalsium fosfat.

6 dari 7 halaman

6. Mengobati Infertilitas pada PCOS

Polycystic ovarian syndrome (PCOS) adalah kondisi hormonal yang mengganggu sistem reproduksi, yang menyebabkan kemandulan.

Ketidakseimbangan hormone seks wanita mencegah perkembangan dan pelepasan sel telur yang matang. Ini mempengaruhi ovulasi dan kehamilan.

Sebuah penelitian telah menunjukkan potensi penggunaan buah durian dalam mengobati infertilitas pada PCOS, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan kemampuannya.

7 dari 7 halaman

7. Menyehatkan Kulit

Seperti buah lain pada umumnya, buah durian memiliki nutrisi dan vitamin yang baik buat kesehatan kulit.

Vitamin C yang terkandung di dalam buah durian cukup banyak sehingga sangat baik menutrisi kulit. Ada beberapa senyawa di dalam buah durian yang juga baik menjaga kelembaban kulit dan kesehatan kulit secara menyeluruh.