Sukses

Rutin Minum Jus Kentang Tiap Hari, 6 Manfaat Ini Akan Didapat Tubuhmu

Meski tidak seenak jus buah dan jus sayuran lainnya, tapi jus kentang memiliki banyak manfaat untuk kesehatanmu.

Liputan6.com, Jakarta - Kentang dikenal dengan manfaat kesehatannya yang luar biasa. Mulai dari meningkatkan kesehatan jantung, hingga meningkatkan pencernaan.

Sayuran sederhana ini juga bermanfaat bagi kesehatan dalam banyak cara, salah satunya dijadikan jus. Jus kentang dikenal kaya nutrisi dan menjadi sumber fitokimia, vitamin dan mineral yang sangat baik seperti vitamin C, kalium, kalsium, zat besi, seng, fosfor dan vitamin B.

Meski tidak seenak jus buah dan jus sayuran lainnya, tapi jus kentang memiliki banyak manfaat untuk kesehatanmu. Penasaran apa saja manfaat mengkonsumsi jus kentang? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Kamis (12/3/2020).

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jus kentang bisa membantu menurunkan berat badan karena mengandung vitamin C, vitamin esensial yang bisa membantu mempercepat metabolisme dengan lebih cepat.

Minum jus kentang setelah makan bisa menekan rasa laparmu, yang akan mencegahmu makan berlebihan dan menyebabkan penurunan berat badan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Jus kentang mengandung seng dan vitamin C yang mempercepat proses penyembuhan luka dan menyembuhkan sakit otot.

Kedua nutrisi ini diperlukan untuk sintesis kolagen dan protein dan pertumbuhan sel yang semuanya diperlukan untuk jaringan dan sel untuk memperbaiki dan membantu penyembuhan luka yang lebih cepat.

3 dari 7 halaman

3. Mencegah Penuaan

Adanya vitamin B dan antioksidan dalam jus kentang bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah, yang pada gilirannya, membantu menyehatkan sel-sel kulit dan mengurangi timbulnya keriput dan bintik- bintik penuaan.

Jadi, minumlah jus kentang untuk menjaga kulitmu tetap sehat.

4 dari 7 halaman

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kalium hadir dalam jus kentang bisa membantu membersihkan arteri yang tersumbat dan meningkatkan aliran darah ke jantung, yang membantu mencegah penyakit jantung dan kalsifikasi pembuluh darah di arteri.

5 dari 7 halaman

5. Meningkatkan Energi

Jus kentang menjadi penambah energi alami karena mengandung gula alami dan karbohidrat yang menghasilkan energi. Juga, kehadiran vitamin B dalam jus kentang membantu tubuh mengubah karbohidrat menjadi glukosa, sehingga meningkatkan tingkat energi tubuhmu.

6 dari 7 halaman

6. Meningkatkan Pencernaan

Jus kentang bisa membantu meningkatkan saluran pencernaanmu karena mengandung banyak alkali. Menurut sebuah penelitian, jus kentang bisa membantu menurunkan refluks asam, meredakan gastritis dan mengurangi keparahan masalah perut.

Jus kentang merah muda bahkan bermanfaat untuk mengobati sakit perut.

7 dari 7 halaman

Cara Membuat Jus Kentang

Untuk membuat jus kentang, bahan yang diperlukan, dua kentang besar, dua gelas air dan jus sayuran (opsional).

Hal pertama yang perlu kamu lakukan, bersihkan kentang dan potong kentang menjadi kecil-kecil, biarkan kulitnya. Lalu masukkan kentang dan air dalam blender. Proses selama dua hingga 3 menit. Setelah itu, saring jus dan lebih enak disajikan saat dingin.

Jika kamu tidak ingin minum jus kentang biasa, coba campur jus buas atau sayuran kesukaanmu. Minumlah setengah cangkir jus kentang dua hingga kali sehari, satu jam sebelum makan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.