Sukses

6 Cara Membuat Surat Lamaran Kerja, Cocok untuk Freshgraduate

Cara membuat surat lamaran penting agar bisa meyakinkan perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta Untuk kamu yang ingin bekerja di perusahaan impian, selain menyiapkan soft skill atau hard skill yang kamu miliki, hal yang tidak kalah penting ialah surat lamaran pekerjaan. 

Surat lamaran kerja merupakan gerbang utama yang menentukan apakah kamu diterima kerja pada tempat yang kamu lamar atau tidak. Tentunya, kamu sebagai jobseeker harus mempromosikan diri agar perusahaan tertarik untuk merekrut kamu.

Sebagai freshgraduate yang akan memasuki dunia kerja, rupanya masih banyak yang bingung loh bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang benar. Beberapa diantaranya menulis surat lamaran kerja dengan berbelit-belit dan membuat staf HRD bosan. Jika begitu, maka kesempatan kamu untuk masuk ke perusahaan impian bisa raib begitu saja.

Tentunya kamu tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Oleh karena itu, berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber cara membuat surat lamaran kerja yang baik agar perusahaan tertarik Senin (18/3/2019)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1.  Menulis nama serta alamat surat yang akan dituju

Tuliskan nama surat yang akan dituju dan alamat lengkap perusahaan. Jangan lupa untuk menuliskan tanggal pembuatan surat lamaran kerjamu. Menulis  tanggal pembutaan surat biasanya terletak pada pojok kanan atas.

Jika kamu tidak mengetahui nama HRD sebuah perusahaan kamu cukup mengosongkannya saja, kamu bisa menuliskan dengan  Yth. Bapak/Ibu.

Contoh:

  

                                                                                             Yogyakarta, 15 Maret 2019

Kepada                       

Yth. Bapak/ Ibu

HRD  PT. Suka-Suka

Jl. Mangkubumi No. 12, Yogyakarta

3 dari 8 halaman

2.  Salam hormat dan  pembukaan

Dalam kata pengantar atau pembuka dalam surat lamaran kerja wajib kamu cantumkan di mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja perusahaan yang kamu  tuju. Baik dari surat kabar maupun internet, atau teman kamu. Kemudian, sebutkan posisi jabatan pekerjaan yang kamu pilih dalam perusahaan.

Contoh

Dengan hormat,

Berdasarkan info lowongan pekerjaan yang disebarkan melalui situs Jobstreet, saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan pada Bapak/Ibu pimpin untuk menempati

bagian Account Executive di PT. Suka-Suka

4 dari 8 halaman

3. Biodata pribadi

Tuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau nomor handphone, e-mail. Jika kamu ingin menulis latar belakang pendidikan, tulis saja latar belakang pendidikan tertinggi kamu.

Contoh 

Nama : Maudy Titi

Tempat, tanggal lahir : Sleman, 15 November 1996

Email : maduytiti@gmail.com

Telepon :081326754321

5 dari 8 halaman

4.  Pengalaman kerja dan kemampan yang kamu miliki

Sebagai freshgraduate yang belum memiliki pengalaman kerja, kamu bisa menuliskan pengalaman magang jika kamu pernah magang di sebuah perusahaan. Kamu juga bisa menuliskan organisasi yang pernah yang kamu ikuti yang kira-kira menunjang kamu dengan posisi yang lamar.

Tulis juga kemampuan  yang sekiranya dibutuhkan dalam perusahaan tersebut. Tulislah dalam bentuk kalimat yang singkat dan padat namun menjelaskan ya. Ingat, kamu membuat surat bukan sebuah artikel. 

Dalam akhir kalimat tulislah untuk pembaca bahwa kamu mempunyai keinginan kuat agar diterima di perusahaan tersebut.

Contoh

Saya mampu bekerja dalam tim, rasa ingin tahu yang tinggi, serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Semasa kuliah, saya aktif berorganisasi Himpunan Mahasiswa Komunikasi yang menjabat sebagai di Hubungan Masyarakat. Posisi yang saya ajukan sesuai dengan minat dan pengalaman saya. Saya percaya bahwa saya akan menjadi anggota yang baik untuk perusahaan.

6 dari 8 halaman

5.  Penutup

Buatlah sebuah penutup yang manis untuk surat lamaran kerjamu. Jangan lupa untuk mengucapkan terimakasih.

Contoh

Demikian surat permohonan pekerjaan ini saya buat, besar harapan saya untuk diberi kesempatan mengikuti seleksi wawancara agar saya dapat menjelaskan potensi saya lebih rinci.

Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih

7 dari 8 halaman

6.  Lampiran surat lamaran kerja

Agar perusahaan yang kamu tuju semakin tertarik untuk menerimamu, lampirkan juga hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Tetapi, ada beberapa perusahaan yang juga meminta kamu melampirkan hal lain seperti surat kesehatan, transkrip nilai dan lain-lain.

Kamu perlu mencermati syarat apa saja yang harus di penuhi saat kamu akan melamar pekerjaan.

Beberapa hal yang sebaiknya ada sebagai lampiran adalah :

- Pas foto (foto terbaru)

- Daftar riwayat hidup atau CV

- Fotokopi sertifikat kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah kamu ikuti)

- Portofolio

8 dari 8 halaman

7. Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap kamu)

Tanda tangan dan nama lengkap terletak di bawah pojok kanan surat.

Contoh

 Hormat saya,

 (Tanda tangan)

Maudy Titi

 

Nah, di atas adalah cara membuat surat lamaran kerja untuk kamu seorang freshgraduate.  Setelah surat lamaran pekerjaan sudah jadi, jangan lupa untuk membuatnya menjadi bentuk PDF ya. Semoga berhasil! 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.