Sukses

Kata-Kata Lucu Bahasa Jawa Buat Status FB, Dijamin Followers Ngakak

Liputan6.com, Jakarta Banyak cara buat bikin orang lain tertawa. Bisa dengan melawak, bersenda gurau sambil menggelitiki orang tersebut, atau bisa juga dengan update status dengan menggunakan kata-kata lucu bahasa Jawa. Kenapa bahasa Jawa? Pasalnya, bahasa Jawa yang merupakan bahasa daerah ini memiliki warnanya sendiri saat diucapkan atau dibaca.

Bagi Anda yang fasih berbahasa Jawa, atau setidaknya mengerti kosakatanya, menjadikan kata-kata lucu bahasa Jawa memiliki nilai plus tersendiri. Bahasa ini dirasa lebih bisa menggambarkan situasi yang terjadi.

Pilihan-pilihan kata-kata lucu bahasa Jawa ini juga bisa bikin yang membacanya tertawa. Berikut Liputan6.com, rangkum dari berbagai sumber, Kamis (24/1/2019) kata-kata lucu bahasa jawa yang bisa Anda jadikan referensi untuk update status di FB.

2 dari 4 halaman

Kata-Kata Lucu Bahasa Jawa

1. Gincu vs Ilmu

Sing bergincu bakal kalah karo sing berilmu.”

Menurut kutipan di atas, yang bergincu akan kalah dengan yang berilmu. Maksudnya adalah, sebaiknya Anda mencari wanita yang enggak cuma pintar pakai makeup. Carilah wanita yang merias otak dan hatinya dengan ilmu yang berguna.

2. Ogah Sombong

Sakjane aku yo isi dolan neng mall macak mbois nongkrong neng kafe, tapi aku emoh. Mengko ndak diarani akeh duite”.

Pergi ke pusat perbelanjaan dan nongkrong di kedai kopi terkemuka sudah menjadi gaya hidup masyarakat modern. Aktivitas itu dilakukan untuk menunjukkan eksistensi, baik di dunia nyata maupun maya.

Namun, masih ada juga yang tidak terbawa arus kekinian ini. Jika kamu tipe orang yang enggak suka melakukan aktivitas itu, kamu bisa pakai kutipan tersebut untuk status fb mu.

3. Teman Jadi Cinta “Sampek kegowo turu, ngimpi ngusap pipimu. Tansah nyoto keroso konco dadi tresno.”

Hubungan cinta bisa saja datang dari pertemanan yang telah lama terjalin. Faktor kedekatan dan telah mengenal satu sama lain bisa menimbulkan percikan api asmara di antara teman.

Teman jadi cinta biasanya prosesnya berlangsung mengalir begitu saja. Bahkan tidak sedikit yang berlanjut hingga ke jenjang pernikahan.

4. ENggak Butuh GPS “Aku ra butuh peta utowo gps, nek karo koe aku wes yakin kudu neng endi”.

Kata kata lucu bahasa Jawa yang juga bernuansa romantis ini juga bisa menjadi alternatif ketika menggombal dan bisa juga Anda pakai untuk ngegombal di status FB. Kutipan di atas bisa dipakai untuk meyakinkan pacarmu.

Yakinkan si dia bahwa kamu enggak butuh peta maupun GPS untuk menentukan tujuan berikutnya. Bersama dirinya, Anda hanya ingin menuju ke jenjang yang lebih serius.

5. Foto DP Kok Bareng Terus?

DP BBM kok karo pacare terus. Opo mbiyen leh tuku hp urunan?”

Suka sebel sama temen kamu yang suka PDA (public display affection) di media sosial? Isinya pasang foto-foto mesra melulu. Kalau iya, kamu bisa menggunakan kata-kata lucu bahasa Jawa ini buat status FB.

Kalau diartiin, kalimat tadi nyindir, “Kok DP-nya berduaan mulu, beli HP-nya patungan ya?”.

3 dari 4 halaman

Bahasa Jawa yang lucu untuk update status

6. Alasan Tidak Mandi

Aku memang sengojo ora adus, ben kethok alami.”

Mandi memang sudah menjadi kewajiban. Cuma ada masa-masa di mana mandi terasa sangat berat. Bahkan lebih berat daripada mengangkat galon beserta penjualnya. Sedihnya, kalau pas malas mandi, kita sering diejek bau.

Daripada capek membalas semua ejekan itu satu per satu, mending kasih aja kata kata lucu bahasa jawa buat status fb. Yang artinya adalah, “Aku sengaja enggak mandi, biar keliatan alami.”

7. Utang

Yen tak sawang sorote mripatmu, ketoke kowe arep nembung utang karo aku.

Kata kata lucu bahasa jawa ini adalah plesetan dari lirik lagu Dangdut Pantura Konco Mesra. Kalau bunyi lirik aslinya sih begini, “Kalau aku melihat sorot matamu, sepertinya kamu ada rasa (sama aku).”

Tapi sama kata-kata lucu bahasa Jawa di atas diplesetin jadi, “Kalau ku melihat sinar di matamu, sepertinya kamu mau utang sama aku.”

8. Cara Hidup Damai

Urip kui koyo kopi asli. Nek ga iso nikmati rasane pait.”

Anda lagi ngerasa kalau hidupmu itu susah banget kayak lagi ngerjain soal tes olimpiade nuklir sedunia? Dan gara-gara itu Anda jadi kalut?

Kata-kata lucu bahasa jawa buat status fb tersebut bilang kalau hidup itu kayak kopi. Kopi asli ya, bukan yang sachet apalagi oplosan. Jadi, kita musti tahu cara menanganinya biar kita bisa merasakan nikmatnya.

9. CCTV

“Aku mbok kon ngerteni kowe terus. Rumangsamu aku CCTV po?”

Hati-hati, sikap pengertianmu pada orang lain itu bisa jadi bumerang buat diri sendiri. Terlalu banyak memaklumi, kata-kata lucu bahasa Jawa ini akan menjadi nyata, yaitu kamu akan dianggap jelmaan CCTV yang kerjaannya cuma ngawasin orang melulu.

10. Buatan Tuhan

Untung atiku iki digawe karo Gusti Allah. Nek gawean menungso wes remuk ket wingi”

Untung hatiku buatan Tuhan. Kalau buatan manusia, udah remuk dari kemarin. Begitu kira kira isi dari kata kata lucu bahasa Jawa buat status FB tersebut. Suatu kalimat yang cocok banget buat mewakili perasaan jengkel.

Coba jadiin kutipan di atas sebagai status FB-mu. Yah, itung-itung sebagai sindiran halus gitu deh.

4 dari 4 halaman

Status fb pakai bahasa Jawa yang kocak

11. Ini Baru Namanya Laki! “Ojo ngaku wong lanang tenanan nek durung: mangan, turu, masak, lan ngumbahi dhewe!”

Banyak yang mengaku pria sejati karena mereka merasa mampu melakukan hal-hal ekstrem. Semisal mendaki puncak Himalaya atau renang bolak-balik di Selat Sunda. Padahal, semua itu percuma kalau kesehariannya masih diladenin sama ibu atau pasangan. 12. Nyolot Banget!

“Kowe bar mangan aspal po? Kok ngomongmu atos?”

Pernah nggak temen Anda tiba-tiba bicara nyolot sama kamu? Enggak ada badai, nggak ada petir, tahu-tahu bicaranya nge-gas kayak motor balap. Momen kayak gini itu nyebelin banget.

Dia marah sama orang lain, kita yang tak tahu apa-apa ini jadi sasarannya. Biar dia cepet sadar, jangan Anda kasih jampi-jampi. Mending kutip aja kata-kata lucu bahasa jawa buat status fb anda yang artinya, “Ngomongmu kok keras (nyolot), abis makan aspal, ya?”

13. Oh Tuhan

“Kula ngertos nek rejeki niku mung titipan. Tapi Gusti, mbok nek nitip kathah sekedhik.”

Berdoa sama Tuhan memang harus bersungguh-sungguh, tapi enggak musti harus serius kayak ngerjain soal ujian negara.

Misalnya pakai kata-kata lucu bahasa Jawa buat status FB di atas yang bermakna, “Saya tahu kalau rejeki itu titipan. Tapi kalau nitipinnya agak banyakan dikit Tuhan.”

14. Teman Kok Gitu!

“Ngaku konco kok gur pengen nunut mulyo. Pas konco ciloko malah lungo.”

Punya teman yang hanya datang pas butuh aja? Tapi pas kamu lagi kesusahan dan butuh bantuan, dia malah pergi entah ke mana. Nah, kata kata lucu bahasa jawa buat status fb ini cocok Anda pasang.

Karena nadanya yang jenaka, moga-moga aja dia nggak marah saat membaca atau mendengar kutipan ini! Siapa tahu dia malah sadar dan mau berubah demi persahabatan kalian.

15. Jangan Kebablasan

“Guyon ki ojo kelewatan. Nek kelewatan ngko mutere kadohan.”

Kalau bercanda jangan kelewatan, soalnya kalau muter malah kejauhan. Itulah arti dari kutipan di atas.