Sukses

Doa-doa yang Harus Dihapal untuk Semua Kejadian agar Terhindar dari Bahaya

Dibaca saat tertimpa musibah atau di saat susah.

Liputan6.com, Jakarta Setiap manusia tentu ingin menginginkan rasa aman dan tenteram. Besarnya keinginan ini menunjukkan betapa besarnya peran dzikir bagi manusia.

Setiap kejadian, ujian, dan musibah adalah rahasia takdir yang telah Allah SWT gariskan semenjak zaman azali, bahkan ujian merupakan wasilah bagi seorang mukmin untuk mengasah serta meningkatkan keimanan.

Ketika banyak munculnya bencana yang datang secara tiba-tiba seperti gempa, banjir, kebakaran dan kejadian lainnya. Siapapun akan bersedih jika mendapatkan bencana tersebut.

Apalagi kejadian, bencana atau musibah tersebut menjadikan Anda kehilangan orang-orang yang Anda sayangi. Untuk itu sebaiknya, sebagai hamba Allah kita senantiasa berdoa dan meminta bantuan kepada Allah SWT.

Dikumpulkan Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (14/2/2019), berikut doa-doa yang bisa dibaca ketika Anda berada pada kondisi susah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa dijauhkan dari mara bahaya

Doa yang harus sering Anda baca agar Allah SWT menjauhkan Anda dari mara bahaya dan musibah:

"Bismillahilladzi laa yadhurru ma’asmihi syai’un fil ardhi wa la fis samaa’i wahuwas sami’ul alim."

Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah yang bersama nama-Nya sesuatu itu tidak berbahaya di bumi dan di langit. Dan Dia Maha Mendengar lagi Mengetahui.”

Selain itu, diriwayatkan dari Ibnu Umar ra bahwa Rasulullah SAW mengajarkan beberapa doa untuk memohon perlindungan dari kejadian atau bahaya. Rasulullah SAW memerintahkan umat muslim untuk agar senantiasa berlindung kepada Allah SWT dari bahaya.

“Berlindunglah kalian kepada Allah dari kerasnya musibah, turunnya kesengsaraan yang terus menerus, buruknya qadha serta kesenangan musuh atas musibah yang menimpa kalian.” (HR. Bukhari).

3 dari 3 halaman

Doa untuk meminta perlindungan dari penyakit, gangguan, serangan dan ancaman

Liputan6.com, Kamis (14/2/2019) mengutip dari beberapa sumber, ada doa untuk meminta perlindungan agar terhindar dari segala bahaya, gangguan, kerugian, penyakit, godaan, serangan, musuh-musuh, serta ancaman.

Doa ini bisa Anda baca tiga kali setiap pagi dan tiga kali setiap sore hari. Seperti ini doanya:

“Bismillahilladzi la yadhurru ma’asmihi syaiun fillardhi wala fissamai wahuwassami’ul ‘alim”

Artinya:

“Dengan nama Allah yang bila disebut, segala sesuatu di bumi dan langit tidak akan berbahaya, Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Barangsiapa membacanya sebanyak tiga kali ketika pagi dan petang hari, maka tidak ada sesuatupun yang membahayakan dirinya. (HR. Abu Dawud4/323, At-Tirmidzi 5/465, Ibnu Majah dan Ahmad. Lihat Shahih Ibnu Majah 2/332, Al-Allamah Ibnu Baaz berpendapat, isnad hadits tersebut hasan dalam Tuhfatul Akhyar hal. 39.)

“Qoola Rosuuluwlloohi shollawllohu ‘alaihi wasallama: laa yaruddul qodhoo-a illaddu’aa-u. Walaa yaziidu ful ‘umri illalbirru.” (HR. Tirmidzi)

Mengutip dari laman website Yusuf Mansur, dari doa di atas mengatakan bahwa Rasulullah SAW, semoga Allah memberinya shalawat, bersabda:

Tidak ada yang dapat menolak takdir (ketetapan) kecuali doa. Banyak-banyaklah berdoa. Apalagi Anda tidak tahu takdir apa yang akan berlaku dan sedang menghampiri diri Anda.

Karena kejadian yang serba tidak terduga, oleh karena itu kita dianjurkan untuk selalu berdoa dalam segala kondisi. Anda tidak pernah mengetahui takdir apa yang sedang menghampiri Anda.

Kalau sudah berdoa, InsyaAllah takdir apapun yang terjadi tetap suatu kebaikan. Sebab Allah selalu menemani, Allah mendampingi, dan Allah Ridha.

Memohon doa untuk semua amal usaha dan dakwah yang Anda lakukan. Dan Anda juga bisa doakan semua amal usaha dan segala aktivitas baik dari semua hamba-hamba Allah di semua zaman di semua tempat.

Hal ini dilakukan agar banyak mendapat ampunan, kemudahan, pertolongan Allah. Jangan berdoa untuk diri sendiri saja, ya.

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini