Sukses

Catat, Ini Tips Aman Bumil Mudik Naik Pesawat

Ibu hamil, sebaiknya perhatikan hal ini jika hendak mudik dengan pesawat.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian dari kalian tentu sudah ada yang pergi mudik ke kampung halaman atau masih ada yang telah menunggu jadwal mudik. Apa diantara kalian yang ingin mudik ada yang sedang hamil?

Memang ketika hamil rentan untuk melakukan perjalanan jauh, namun menggunakan pesawat terbang bisa menjadi alternatif. Hal ini tentu karena waktu tempuhnya yang lebih cepat dibandingkan mudik dengan kereta ataupun mobil pribadi.

Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi ibu hamil yang hendak naik pesawat. Masing-masing maskapai penerbangan memiliki syarat berbeda dalam memberlakukan penumpang yang sedang hamil.

Untuk usia kehamilan 28-34 minggu, ibu hamil diwajibkan menyertakan surat keterangan medis dari dokter. Di usia 32-35 minggu, ibu hamil hanya boleh melakukan penerbangan tidak lebih dari 3 jam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Mudik Bagi Ibu Hamil

Selain itu, masih ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan bagi ibu hamil agar mudik menggunakan pesawat lebih nyaman. Pertama, usahakan menggunakan pakaian dan sepatu yang nyaman. Hindari mengenakan pakaian yang ketat maupun sepatu berhak.

Selanjutnya, usahakan untuk memilih tempat duduk di dekat lorong. Ini tentu saja untuk memudahkan mobilitas ibu hamil jika ingin ke toilet dan juga menghindari mengganggu penumpang lain.

Ibu hamil biasanya mudah mengalami kram kaki. Untuk menghindari bumil mengalami kram kaki di dalam pesawat, sering-seringlah menggerakan kaki karena tak memungkinkan untuk berjalan-jalan di dalam kabin pesawat. Terakhir, hindarilah bawa barang berlebih.

Reporter:

Ayu Puji Lestari

Sumber: Vemale.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.