Sukses

Cara Membuat Kue dengan Rice Cooker, Tanpa Oven, Tanpa Mikser

Liputan6.com, Jakarta Tahukah kamu bahwa rice cooker punya banyak fungsi, selain menanak nasi? Ada banyak menu yang bisa dimasak menggunakan alat penanak nasi ini.

Salah satu fungsi rice cooker yang tidak banyak orang tahu adalah bahwa alat ini bisa digunakan untuk memasak kue. Kamu bisa memasak kue nan lezat tanpa perlu punya oven atau mikser. Bahan-bahannya mudah didapat, caranya pun mudah sehingga cocok dicoba oleh pemula yang jarang memasak ataupun tidak punya alat-alat dapur yang lengkap.

Ingin tahu caranya? Simak resep berikut ini. 

Bahan:

  1. Tepung terigu (satu setengah cup)
  2. 1 butir telur
  3. Mentega tawar yang dicairkan (sepertiga cup)
  4. Gula pasir (setengah cup, bisa dikurangi atau ditambah sesuai selera)
  5. Baking powder 2 sendok teh
  6. Baking soda (setengah sendok teh)
  7. Susu (setengah gelas)
  8. Sejumput garam
  9. Minyak goreng

Jika ingin membuat banana cake, tambahkan pisang yang telah dihaluskan (1 cup). Bisa juga tambahkan buah kering, kismis atau kacang mede sesuai selera. Untuk ukuran, gunakan cup yang ada di kemasan rice cooker.

 

 

1 dari 2 halaman

Cara membuat

Cara membuat:

  • Campurkan tepung, gula, garam, baking powder, baking soda. Aduk hingga tercampur rata.
  • Masukkan mentega, susu, telur dan pisang. Aduk hingga rata dengan alat pengaduk adonan. Adonannya seharusnya berbentuk cairan kental yang rata. Kalau terasa terlalu kental atau kurang air, kamu bisa tambahkan air matang.
  • Lumuri dasar panci rice cooker dengan minyak. Jangan lupakan langkah ini, karena minyak akan mencegah kue menempel di rice cooker.
  • Masukkan adonan ke dalam rice cooker.
  • Tekan tombol masak seperti biasa saat menanak nasi.

Caranya, cukup pencet tombol masak seperti biasa. Rice cooker akan memberikan tanda bahwa proses masak selesai, tapi jangan senang dulu. Tunggu beberapa saat agar tombol masak bisa ditekan lagi. Pencet lagi tombol masak dan ulangi proses memasak sampai tiga empat kali. Cek apakah kue sudah matang dengan menusukkan tusuk gigi ke permukaan kue. Kalau masih belum matang, masak lagi. Setelah matang, keluarkan kue dari rice cooker.

Saya memakai rice cooker kapasitas 0,6 liter, tapi semua rice cooker bisa digunakan. Jika menggunakan rice cooker besar, takaran bisa digandakan. Selamat mencoba!

Saksikan video pilhan di bawah ini.