Sukses

Fakta Sebenarnya Susu Kental Manis, Jangan Salah Kaprah

Liputan6.com, Jakarta Ketika bicara tentang Susu Kental Manis mayoritas orang di dunia menyukainya. Ya, Susu Kental Manis sudah dikenal masyarakat dari generasi ke generasi. Itu karena Susu kental manis menjadi salah satu bahan yang tidak terpisahkan dari berbagai kuliner dan camilan favorit keluarga.

2 dari 12 halaman

Awal Mula Susu Kental Manis Diproduksi

Susu Kental Manis pertama kali diproduksi massal di Amerika pada abad ke-18 oleh Gail Borden. Sejak pertama kali diluncurkan, penjualan susu kental manis naik daun. Pada 1861 misalnya, susu kental manis dipesan dengan jumlah banyak oleh seorang jenderal Angkatan Darat Union (Union Army).

Susu kental manis itu dipesan untuk dinikmati oleh para prajuritnya di lapangan saat momen Perang Saudara. Ketika puncak perang, pabrik susu kental manis bernama Borden's Elgin di Illinois pun mulai memproduksi 300 ribu galon susu kental manis. Berawal dari sinilah, mulai muncul pelaku bisnis di bidang yang sama dan memproduksi susu kental manis.

 

Baca juga:

 

3 dari 12 halaman

Standar Pembuatan Susu Kental Manis

Semua produk atau bahan pelengkap makanan dan minuman dibuat, harus memenuhi standar keamanan yang berlaku. Di Indonesia standar keamanan tersebut ditentukan dari lembaga Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Termasuk susu kental manis diproduksi berdasarkan Perka BPOM Regulasi No.21 Tahun 2016. Dari aturan tersebut susu kental manis didefinisikan sebagai produk susu yang diperoleh dengan menghilangkan sebagian air dari campuran susu dan gula hingga mencapai tingkat kepekatan tertentu.  

Nah untuk diketahui bersama, penggunaan gula telah memenuhi standar pembuatan susu kental manis dimanfaatkan, selain untuk memberikan rasa manis, juga meningkatkan umur simpan. Gula memiliki sifat higroskopis yang dapat menghambat tumbuhnya bakteri dan fermentasi pada produk susu.

 

Baca juga:

 

Susu Kental Manis yang selama ini diperjualbelikan di warung-warung atau swalayan pun, bisa untuk dikonsumsi sebagai bahan makanan yang membuat kreasi menu sarapan untuk keluarga. Untuk lebih jelas, ada baiknya kita ketahui sejumlah fakta tentang susu kental manis berikut ini:

4 dari 12 halaman

1. Mengandung Mineral dan Vitamin

Susu Kental Manis telah menjadi bagian dari keluarga serta dijadikan sebagai pelengkap makanan sejak diproduksi pertama kali pada 1871 di dunia dan 1922 di Indonesia. Salah satu produk Susu Kental Manis yang mendapat kepercayaan keluarga turun temurun dari generasi ke generasi adalah susu kental manis Frisian Flag Gold.

Satu saset Susu Kental Manis Frisian Flag Gold mengandung 130 kkal dimana terdapat zat gizi makro, yaitu protein,karbohidrat dan lemak dan zat gizi mikro lain yang melengkapi adalah 9 vitamin, yaitu Vitamin A, Vitamin D13, Vitamin E, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin B6, Vitamin B12.

5 dari 12 halaman

2. Sesuaikan konsumsi dengan kalori harian yang masuk

Rangkaian Susu Kental Manis Frisian Flag Gold diproduksi dengan bahan dasar susu menggunakan teknologi proses yang modern serta melalui sistem jaminan mutu dan keamanan produk. Konsumsi harus sesuai dengan saran penyajian disertai dengan pola makan yang baik.

Tentunya dengan mengatur asupan gula, garam dan

6 dari 12 halaman

3. Takaran Gula Berstandar SNI

Seluruh produk Kental Manis Frisian Flag Indonesia diproses di pabrik modern yang telah menerapkan standar Good Manufacturing Practices (GMP): Prinsip-prinsip produksi yang baik dan menggunakan teknologi proses yang modern dengan menerapkan sistem jaminan mutu dan keamanan produk yang dijamin oleh sistem Food Safety System Certification (FSSC) serta menerapkan standar produk yang ketat sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Di Indonesia, pembuatan Susu Kental Manis harus sesuai  Standar Nasional Indonesia (SNI). Untuk diketahui, informasi nilai gizi pada kemasan produk susu kental manis Frisian Flag Gold sudah sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh pemerintah.

 

Baca juga:

 

7 dari 12 halaman

Alasan Memilih Susu Kental Manis

Susu kental manis atau sweetened condensed milk merupakan salah bahan makanan yang banyak digunakan pada aneka olahan makanan dan minuman. Ada banyak alasan mengapa susu kental manis banyak digunakan.

Pertama, susu kental manis dapat digunakan sebagai bahan makanan serbaguna dan penambah cita rasa. Kental Manis Frisian Flag misalnya yang memiliki beberapa varian dengan rasa yang berbeda. Dengan menambahkan kental manis dalam kreasi makanan favorit keluarga, rasa gurihnya dijamin camilan yang dibuat jadi lebih lezat. Selain dapat digunakan sebagai campuran, kental manis juga dapat dijadikan sebagai topping untuk menambah kenikmatan camilan.

Kedua, praktis dan ekonomis. Ya, susu kental manis kini tersedia di mana saja. Di Indonesia, susu kental manis bisa didapat dengan mudah karena dijual di warung dekat rumah, minimarket, pasar tradisional hingga pasar swalayan. Harganya pun cukup terjangkau karena tersedia dalam berbagai ukuran dan kemasan.

 

8 dari 12 halaman

Inovasi Kental Manis Frisian Flag

Selama ini kita tahu bahwa susu kental manis dikemas dalam sebuah kaleng yang sudah distrelisisasi. Namun seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, kemasan susu kental manis pun ikut beradaptasi.

Dengan memegang unsur keekonomisan inilah, susu kental manis kini hadir dalam berbagai jenis kemasan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Kental Manis Frisian Flag memiliki kemasan selain kaleng dalam bentuk saset dan pouch.

Kemasan saset sudah ada lebih dulu seperti susu kental manis dalam kaleng. Jadi bisa dikatakan pouch merupakan inovasi kemasan susu kental manis yang sangat praktis dan mudah digunakan. Salah satu keunggulan utama susu kental manis pouch adalah penggunaannya yang lebih mudah dituang.

Jadi, kamu tak perlu menggunakan peralatan apapun untuk membukanya. Cukup buka tutup kemasan kental manis pouch 560 gram dan 280 yang masih tersegel dan kamu bisa langsung menggunakannya.

Selain itu, untuk menuangkannya juga sangat mudah karena lubang pada kemasan sudah disesuaikan dan bisa dibuka tutup sehingga kamu tidak perlu menggunting kemasan untuk membukanya.

Kalau sudah selesai menggunakannya dan masih ada sisa, kamu cukup menutup kembali bagian penutup kemasannya tersebut. Kemasan susu kental manis yang mudah dituang ini bisa memudahkanmu saat sedang terburu-buru membuat sajian yang untuk keluarga.

9 dari 12 halaman

Susu Kental Manis, Campuran Bahan Kreasi Sarapan Keluarga

Jika diperhatikan, sepertinya hampir setiap hari kita menyantap makanan atau minuman yang di dalamnya ada campuran susu kental manis. Beberapa makanan dan minuman yang sering menggunakan susu kental manis adalah roti bakar, cake, martabak manis, puding, hingga aneka minuman kekinian seperti Thai tea hingga es kopi susu.

Termasuk saat sarapan yang menjadi hal penting untuk dilakukan memiliki banyak manfaat. Nah, Susu Kental Manis Frisian Flag Gold dapat dikombinasikan dengan bahan makanan lain, untuk dikreasikan menjadi olahan lezat dan nikmat untuk sarapan keluarga Indonesia.

Ada banyak ide resep olahan dari Susu Kental Manis yang bisa kamu kreasikan menjadi menú favorit  dan sarapan keluarga, seperti:

10 dari 12 halaman

1. Mini Pancake

Salah satu makanan yang sedang mengalami kenaikan tren adalah pancake. Hanya saja ukurannya dibuat kecil-kecil agar dapat diletakkan di dalam mangkuk dalam jumlah banyak, layaknya sereal. Menu sarapan ini sedang viral di berbagai media sosial, terlebih TikTok

Bahan:

  • Telur 2 butir
  • Mentega cair 40gr
  • Garam ½ sdt
  • Baking powder 1 sdt
  • Baking soda 1 sdt
  • Krim keju 50gr
  • Susu kental manis Frisian FlagGold  60ml
  • Tepung terigu 150 gr
  • Air 200 ml

Cara membuat: 

  • Siapkan mangkuk besar, masukkan telur, mentega cair, garam, baking powder, baking soda, krim keju dan masukkan Susu Kental Manis Frisian Flag lalu aduk merata
  • Setelah semua bahan rata, tambahkan tepung terigu sambil diaduk lalu masukkan air dan aduk kembali
  • Agar mini pancake berbentuk bulat bagus, kamu bisa menggunakan botol untuk menuangkan adonan tersebut
  • Pastikan juga ada jarak antara mini pancake satu dengan yang lainnya agar tidak menempel dan bentuknya bagus. Siapkan wajan panas dan masukkan adonan ke wajan sedikit-sedikit
  • Setelah matang bisa dihidangkan menggunakan toping Susu Kental Manis Frisian Flag Gold sesuai varian favoritmu.
11 dari 12 halaman

2. Bubur Ketan Hitam

Bubur ketan hitam menjadi salah satu menu sarapan favorit masyarakat Indonesia. Ketan hitam diketahui memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dengan kalori rendah. Ketan hitam mengandung zat besi, karbohidrat, vitamin E, serat, hingga protein yang mudah diserap tubuh, sehingga mampu memberikan energi dan bikin kamu jadi lebih semangat.

Agar rasanya makin lezat dan gurih, kamu bisa menambahkan Susu Kental Manis Frisian Flag Gold sebagai campuran menu sarapan keluarga. Cek resep berikut ini ya:

Bahan:

  • 200 gr beras ketan hitam
  • 700 ml air
  • 700 m200 ml Susu Kental Manis FrisianFlagGold
  • 200 ml santan
  • 2 lembar daun pandan
  • ½ sdt garam
  • Nangka sesuai selera

Cara membuat:

  • Cuci bersih beras ketan hitam yang akan digunakan lalu rendam selama 3 jam dengan air bersih
  • Setelah 3 jam, buang air rendaman beras ketan. Isi kembali air di dalam panci berisi beras ketan. Lalu rebus beras ketan dan tambahkan juga daun pandan di dalam air rebusan di atas api sedang
  • Masak selama 60 menit hingga beras ketan lunak dan bertekstur empuk serta menyerap air rebusan hingga jadi kental. Aduk secara perlahan dan berkala agar beras ketan gak menempel di bagian bawah panci
  • Tambahkan Susu Kental Manis Frisian Flag Gold lalu aduk hingga merata. Sisihkan bubur ketan hitam yang sudah jadi
  • Kemudian masak santan yang ditambahkan dengan daun pandan serta garam hingga mendidih.

Saat sudah siap, sajikan bubur ketan hitam dengan menuangkan bubur di atas mangkuk, lalu tuangkan santan di atasnya. Agar menambah cita rasa nikmat, tambahkan dengan buah nangka matang dan Susu Kental Manis Frisian Flag Gold sebagai toppingnya.

12 dari 12 halaman

3. Salad Buah

Buah memiliki kandungan gizi yang banyak diperlukan tubuh dan bisa dijadikan sebagai pelengkap sarapan. Untuk membuat salad buah untuk sarapan, caranya gampang banget.

Masukkan whipping cream 120 ml ke dalam mangkuk, krim keju 50 gr, susu kental manis Frisian Flag 50 ml lalu aduk sampai merata. Masukkan air lemon 1 sdm ke dalam adonan lalu aduk.

Setelah whipping cream siap, siapkan buah-buah pilihan Anda. Masukkan apel 100 gr ke dalam mangkuk besar, anggur hijau 100 gr, anggur hitam 80 gr, jeruk 80 gr, stroberi 80 gr, pisang 1 buah lalu tuang whipping cream tadi dan aduk secara merata dan salad buah siap untuk dihidangkan.

 

(*)

 

Baca juga: