Sukses

Sudah Benarkah Cara Anda Memperlakukan Buku?

Citizen6, Jakarta Buku selayaknya dapat digunakan dan dibaca selama bertahun-tahun. Meski tampak sepele, pernahkah Anda menyadari berapa pohon yang mesti ditebang untuk mencetak satu buku? Karenanya, perlu diperhatikan bagaimana cara memperlakukan buku-buku yang Anda miliki.

Memperlakukan buku secara baik akan sangat berguna jika Anda ingin menjaga kondisi buku tersebut. Buku yang diperlakukan dengan baik, sudah tentu umurnya pun akan lebih panjang. Sehingga bila suatu saat Anda ingin menggunakannya kembali, Anda tak perlu khawatir dengan kondisinya. Bahkan mungkin Anda bisa menjualnya kembali.

Lalu, bagaimanakah cara memperlakukan buku yang benar sebenarnya?

1. Mengambil buku

Saat Anda mengambil buku, pastikan untuk mengambil buku dengan memegang bagian tengahnya. Jangan menarik bagian atas buku karena akan merusaknya. Selain itu, jangan meletakkan buku begitu padat.Beri sedikit ruang agar mudah untuk mendapatkan pegangan saat ingin menarik/mengambil buku.

2. Membuka buku

Saat ingin membuka, pastikan tangan bersih terlebih dahulu. Jangan pernah menyentuh buku dengan tangan yang kotor. Saat ingin digunakan pertama kali, buka buku secara perlahan, letakkan sampul (cover) bagian depan sejajar dengan permukaan meja, lalu angkat tubuh buku sampai tegak. Ulangi juga untuk sampul bagian belakang.

Selanjutnya, ambil sebagian halaman secara berhati-hati, lalu buka, tegakkan dan jauhkan dari tubuh buku. Jaga sebagian besar halaman lainnya agar tegak lurus dengan permukaan meja. Tekan sedikit-demi sedikit halaman yang terbuka sampai pada sebagian besar halaman yang ditegakkan dan lakukan itu beberapa kali.

Setelah mengambil dan menekan sebagian halaman dari buku bagian depan kemudian lakukan juga hal yang sama pada beberapa halaman dari buku bagian belakang.

3. Membaca buku
 
Untuk jenis buku yang halamannya dari kiri ke kanan, peganglah buku di tangan kiri dan buka halaman dengan tangan kanan. Buka halaman di bagian bawah dengan tangan kanan. Yang harus diingat adalah, jangan menandai halaman buku dengan melipat sudut bagian atas. Sebaliknya gunakan pembatas untuk menandai halaman yang tengah Anda baca.

4. Menyimpan buku

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menyimpan buku. Yang pertama adalah Anda harus meletakkan buku sesuai dengan keperluannya. Kelompokkan buku sesuai jenisnya untuk mempermudah Anda menemukan buku yang Anda butuhkan dikemudian hari.

Selanjutnya, letakkan buku di daerah kering dan tidak lembab. Jaga suhu tempat buku disimpan sesuai suhu kamar untuk menjaganya dari jamur. Selanjutnya, barulah bersihkan buku secara teratur untuk menjaganya tetap terawat.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini