Sukses

Anak-anak Mendaki Gunung? Ini 5 Manfaatnya Buat Mereka

Mendaki gunung ternyata sangat baik untuk anak-anak. Apa saja manfaatnya?

Citizen6, Jakarta Kegiatan mendaki gunung kian hari kian diminati oleh berbagai kalangan. Tidak hanya mereka para anggota Komunitas Pecinta Alam maupun Mapala saja yang kerap wara-wiri mengunjungi gunung. Namun orang biasa yang bahkan tidak punya keahlian dan pengalaman bertahan hidup di alam bebas pun kini mulai membanjiri gunung-gunung. Tidak terkecuali anak-anak yang diajak oleh para orang tuanya.

Banyak hal positif yang akan diperoleh anak-anak  dari kegiatan mendaki ini. Walaupun termasuk kegiatan olahraga berat dan menantang, mendaki gunung akan terasa sangat menyenangkan bagi mereka jika saja para orang tua mampu menyiasatinya dengan baik, bijak dan benar.

Berikut 5 manfaat yang pernah saya dan suami rasakan langsung saat mengajak putri semata wayang kami, Chila, mendaki Gunung Semeru tahun lalu:

1.   Menanamkan kepercayaan diri kepada anak

Karena setiap hampir lima menit berpapasan dengan pendaki yang turun, dan mereka selalu menyapa Chila dengan kata-kata pujian seperti “Waaah hebat Si Ade kuat banget”, Atau membandingkan beberapa pendaki yang kecapekan dengan Chila. “Tuh masa kalah sama anak kecil." Kata-kata itu sepertinya menjadi pelecut bagi Chila untuk terus berjalan sendiri tanpa dituntun atau digendong. Berkali-kali kami tawari untuk menggendongnya, ia selalu menolak.

Dengan pujian dan motivasi yang kerap didengarnya dari para pendaki, Chila semakin percaya diri bahwa ia memang kuat sesuai dengan yang mereka disangkakan. Alhasil, selama 7 jam perjalanan dari Desa Ranupani menuju Danau Ranu Kumbolo, selama 6,5 jam Chila jalan kaki sendiri. Hanya setengah jam saja ia berada dalam baby carrier karena tidur siang.

Ingin tahu cerita selengkapnya? Baca langsung di sini

Pengirim:

Lina W. Sasmita

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.