Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini China Main Hakim Sendiri Terhadap Anak Pribumi Indonesia

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video China main hakim sendiri terhadap anak pribumi Indonesia, kabar tersebut diunggah salah satu akun Facebook pada 20 Januari 2023.

Unggahanklaim video China main hakim sendiri terhadap anak pribumi Indonesia tersebut menampilkan seorang diikat tangannya, kemudian mendapat tendangan pada bagian wajah. Orang yang menendang tersebut terdengan menggunakan bahasa melayu.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Viralkan ini Cina main hakim sendiri hajar anak pribumi seperti itu salahnya apa.....?

Ya Allah hidup di negeri sendiri kok seperti itu ayooo viralkan biar semua tahu cina main hakjm sendiriūü§Ē

kalau ada pribumi yg tidak miris melihat ini,sudah di ragukan ke Indonesiaannya"

Benarkah klaim video China main hakim sendiri menendang anak pribumi Indonesia? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video China main hakim sendiri terhadap anak pribumi Indonesia dengan menangkap layar klaim video, untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Yandex.

 

<p>Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video China main hakim sendiri terhadap anak pribumi Indonesia</p>

Penelusuran mengarah pada sejumlah situs, salah satunya tulisan berjudul "Lelaki Cina Tendang Muka Remaja Melayu!" yang dimuat situs sapikpotrait.blogspot.com, pada 30 Juli 2014, situs tersebut memuat foto yang identik dengan klaim.

Situs sapikpotrait.blogspot.com menyebutkan, video seorang pria Tionghoa menendang wajah remaja Melayu karena ketahuan mencuri. Untuk diketahui semua orang, kejadian ini terjadi di Taman Dagang Ampang pada bulan Februari 2014.

Dalam situs tersbut juga mencantumkan maklumat dari Kepolisian Malaysia terkait perisitiwa dalam video tersebut.

Dikuti dari akun Facebook resmi Kepolisan Malaysia, pada 21 Juli 2014, berikut maklumat tersebut.

"ORANG RAMAI DIMINTA BANTU KENAL PASTI PELAKU

Kuala Lumpur, 21 Julai - Pihak polis ingin meminta kerjasama orang ramai untuk tampil memberikan maklumat berkenaan kes seorang lelaki yang dipercayai memukul seorang lelaki lain dalam satu klip video yang tersebar di laman sosial kebelakangan ini.

Menurut Ketua Polis Negara dalam twitter beliau kes tersebut dilaporkan berlaku pada tahun lalu dan pihak polis telahpun membuka kertas siasatan.

Namun demikian identiti pelaku masih belum dikenal pasti dan bantuan orang ramai adalah diperlukan bagi mengesan lelaki tersebut."

Sumber: 

https://www.facebook.com/photo/?fbid=817698204907155&set=a.826820630661579

http://sapikpotrait.blogspot.com/search/label/Lelaki%20Cina%20Tendang%20Muka%20Remaja%20Melayu%21

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video China main hakim sendiri terhadap anak pribumi Indonesia.

Peristiwa dalam video tersebut terjadi di Malaysia pada 2014.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS