Sukses

Final Piala Afrika: Sadio Mane Bawa Senegal Juara

Senegal keluar sebagai juara Piala Afrika 2022 lewat babak adu penalti usai mengalahkan Mesir 4-2.

Liputan6.com, Jakarta Sadio Mane sukses menjadi pahlawan bagi negaranya, Senegal. Di final Piala Afrika 2022, Senin (7/2/2022) dinihari. Mane membawa Senegal mengalahkan Mesir lewat adu penalti dengan skor 4-2.

Duel final Piala Afrika kali ini terbilang menarik. Pasalnya, Mane harus berjumpa dengan rekannya di Liverpool, Mohamed Salah yang membela Mesir.

Mane hampir saja menjadi pecundang di laga ini. Bagaimana tidak, ia gagal mengeksekusi penalti di awal laga.

Penalti sendiri diberikan setelah Saliou Ciss dilanggar di kotak terlarang. Namun tendangan Mane digagalkan kiper Mesir, Gabaski.

Senegal yang sebetulnya tak lebih diunggulkan dari Mesir justru lebih aktif menyerang. Namun ketangguhan Gabaski di bawah mistar gawang membuat gawang Mesir aman hingga laga tuntas 120 menit.

Skor imbang 0-0 yang tampak di papan skor mau tak mau membuat laga diteruskan ke babak adu penalti. Di sinilah, Senegal membuktikan kematangannya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Adu Penalti

Mesir dan Senegal sama-sama mengawali adu penalti dengan manis. Kalidou Koulibaly menuntaskan tugasnya untuk Senegal.

Sementara, Zizo sukses mencetak gol untuk Mesir. Skor 1-1 di awal babak adu penalti.

Senegal berada di atas angin ketika Abdou Diallo mencetak gol. Di sisi lain, Abdel Monem justru gagal dan membuat Mesir tertinggal 1-2

Akan tetapi, asa Mesir sempat hidup setelah penendang ketiga Senegal, Bouna Sarr gagal. Skor menjadi 2-2 berkat Marwan Hamdi yang menjadi penendang ketiga Mesir.

Bamba Dieng kembali membawa Senegal unggul lewat eksekusinya. Angin semakin berada di pihak Senegal setelah penendang keempat Mesir, Mostafa Lasheen gagal.

Mane yang menjadi eksekutor kelima pun dengan tenang menunaikan tugasnya. Skor 4-2 di babak adu penalti untuk kemenangan Senegal.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Senegal: Edouard Mendy, Bouna Sarr, Abdou Diallo, Saliou Ciss, Cheikhou Kouyate, Nampalys Mendy, Ismaila Sarr, Idrissa Guaye, Sadio Mane, Famara Diedhiou.

Mesir: Abougabal, El Fotouh, El Wensh, Abdelmonem, Emam Ashour, Al Sulaya, Elneny, Hamdi Fathi, Salah, Mostafa Mohamed, Omar Marmoush.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.