Sukses

UEFA Jatuhkan Hukuman untuk 9 Klub Penggagas European Super League

UEFA memberikan hukuman ringan kepada 9 klub European Super League yang sudah tobat.

Liputan6.com, Jakarta- Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) akhirnya menjatuhkan hukuman untuk sembilan klub yang ikut menggagas lahirnya European Super League. Namun hukuman yang diberikan tidak terlalu berat.

Seperti diketahui pada April lalu European Super League sempat diumumkan ke publik bakal digulirkan Agustus nanti. Total 12 klub yang menjadi penggagasnya.

Ada Real Madrid, Atletico Madrid, Barcelona, Manchester City, Manchester United, Liverpool, Chelsea, Arsenal, Tottenham Hotspur, Inter Milan, AC Milan dan Juventus.

Namun European Super League hanya bertahan beberapa hari. Sembilan klub kemudian memutuskan mundur. Tinggal tersisa Real Madrid, Juventus dan Barcelona.

UEFA kemudian melakukan rekonsiliasi dengan sembilan klub yang mundur. Kesembilan klub menandatangani perjanjian 'Club Commitment Declaration'. Mereka akan berkomitmen mengikuti ajang yang diadakan UEFA.

Saksikan Video Menarik Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hukuman

Selain itu, dalam pernyataan resminya, Jumat (7/5/2021) UEFA juga memastikan memberikan hukuman kepada sembilan klub tersebut. Mereka harus menyetor uang total 15 juta euro yang akan dipakai untuk program pengembangan usia dini di Eropa.

Pendapatan kesembilan klub tersebut dari kompetisi UEFA musim depan juga akan dipotong lima persen. Hukuman berat baru akan diberikan jika mereka kembali ke European Super League. Mereka harus membayar denda 100 juta euro.

3 dari 3 halaman

Juve dan Madrid

UEFA selanjutnya akan mengambil tindakan tegas kepada Madrid, Juventus dan Barcelona yang masih setia mendukung European Super League. Ketiga klub bisa dikeluarkan dari Liga Champions musim depan.

Real Madrid dan Juventus merupakan pemimpin European Super League. Florentino Perez menjadi chairman, sedangkan Andrea Agnelli wakilnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • UEFA atau Union of European Football Associations, dalam bahasa Indonesia disebut Uni Sepak Bola Eropa,

    UEFA

  • European Super League merupakan format liga baru yang digagas 12 klub top Eropa demi sepak bola yang lebih profesional

    European Super League

  • Liga Super Eropa merupakan format liga baru yang digagas 12 klub top Eropa demi sepak bola yang lebih profesional

    Liga Super Eropa

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU