Sukses

34 Juta Rakyat RI Bisa Tersambung Listrik di 2014

Pemerintah menargetkan 34,3 juta penduduk Indonesia bisa tersambung listrik pada tahun depan.

Pemerintah menargetkan 34,3 juta penduduk Indonesia bisa tersambung listrik pada tahun depan. Biaya pemasangan listrik itu berasal dari pencabutan subsidi listrik untuk golongan pelanggan I4 dengan daya tak terhingga.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jarman mengatakan, pencabutan subsidi listrik golongan pelanggan I4 dapat menghemat anggaran negara Rp 7,1 triliun.

Penghematan anggaran tersebut, lanjut dia, bisa dialihkan untuk membangun infrastruktur sehingga PT PLN bisa menyambungkan listrik ke 34, 3 juta pelanggan baru.

"Penyambungan listrik ke 34,3 juta pelanggan baru itu dengan syarat perusahaan yang  untungnya gede dicabut subsidinya," kata Jarman usai menghadiri pelantikan pejabat Eselon I dan II Kementerian ESDM, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (20/12/2013).

Namun, jika rencana pencabutan subsidi listrik melalui kenaikan harga tidak dilakukan,  maka target pemasangan pelanggan  baru akan dikurangi.

Terkait dengan rasio elektrifikasi atau jumlah keluarga yang sudah menikmati listrik, Jarman menyebutkan sekitar 80,1% keluarga sudah mendapatkan listrik.  "Bulan kemarin 80,1%  atau 12,5 juta Keluarga. Kalau ini bisa dicabut (subsidi golongan I4) 34,3 juta pelangan baru," pungkasnya. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini