Sukses

Cara Jitu Manfaatkan AI Jadi Pendukung Pekerjaan

Kecerdasan Buatan (AI) telah menjadi bagian integral dari banyak aspek kehidupan kita. Namun, seiring dengan kemajuan teknologi AI, muncul pula tantangan baru yang perlu diatasi

Liputan6.com, Jakarta Kecerdasan Buatan (AI) telah menjadi bagian integral dari banyak aspek kehidupan kita, dari penggunaan di rumah tangga hingga pengembangan produk dan layanan di berbagai industri.

Namun, seiring dengan kemajuan teknologi AI, muncul pula tantangan baru yang perlu diatasi, yaitu kesenjangan keterampilan.

Banyak perusahaan yang ingin memanfaatkan potensi AI dalam operasional mereka. Namun sering kali mereka kesulitan menemukan orang yang memiliki keterampilan dan pengetahuan yang sesuai untuk menerapkan teknologi ini secara efektif.

Ini dapat menjadi hambatan yang signifikan dalam mengadopsi AI dan memanfaatkannya sepenuhnya untuk meningkatkan produktivitas dan inovasi.

Kesenjangan keterampilan dalam konteks AI dapat terjadi karena beberapa faktor.

Pertama, teknologi AI terus berkembang dengan cepat, sehingga banyak profesional yang tidak memiliki pelatihan atau pengalaman yang memadai dalam mengoperasikan atau mengembangkan solusi berbasis AI.

Kedua, AI membutuhkan keterampilan teknis yang khusus, seperti pemrograman dan pemahaman statistik, yang tidak dimiliki oleh semua anggota tim.

Selain itu, ada juga kesenjangan dalam pemahaman tentang bagaimana mengintegrasikan AI ke dalam proses bisnis yang ada.

Dalam konteks ini, para eksekutif di berbagai perusahaan dihadapkan pada tugas yang menantang untuk menciptakan tim yang memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk mengadopsi dan memanfaatkan teknologi AI secara efektif. 

Rashim seorang CEO di eWOW, influencer sekaligus pemimpin dalam bidang teknologi dan bisnis juga menyadari pentingnya mengatasi kesenjangan keterampilan dalam penggunaan teknologi AI. 

Rashim juga membuat strategi untuk mengatasi kesenjangan keterampilan dengan teknologi baru untuk pelanggan, mitra, dan karyawan di berbagai perusahaan.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat diambil oleh para pemimpin untuk membangun tim yang dapat mewujudkan inisiatif AI dikutip dari Forbes, Senin (6/5/2024):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Tentukan Bagaimana Anda Akan Menggunakan AI

Ada berbagai kasus penggunaan AI, namun kasus-kasus tersebut mungkin relevan atau tidak relevan dengan organisasi atau industri Anda.

Mengetahui bagaimana Anda berencana untuk menggunakan AI dalam produk dan layanan Anda adalah langkah pertama untuk menentukan kemampuan yang dibutuhkan organisasi Anda.

2. Tentukan kesenjangan keterampilan dalam organisasi Anda

Setelah Anda memutuskan kasus penggunaan AI mana yang akan menjadi fokus tim Anda, Anda perlu menentukan bakat apa yang harus mereka miliki.

Tahan godaan untuk menemukan kekurangan keterampilan pada anggota tim saat ini tanpa terlebih dahulu mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang bakat yang dibutuhkan untuk memenuhi tujuan jangka pendek dan jangka panjang.

Untuk mengevaluasi kesenjangan keterampilan, pertama-tama buatlah daftar semua talenta yang dibutuhkan untuk mencapai kasus penggunaan AI. kemudian bandingkan dengan keahlian yang dimiliki tim Anda saat ini. 

Saat menilai kesenjangan keterampilan, pertimbangkan pertanyaan-pertanyaan berikut:

- Apakah tim saya saat ini memiliki tingkat keahlian domain teknis yang diperlukan untuk menerapkan AI?

- Apakah tim saya memiliki kemampuan kekuasaan, seperti tawar-menawar dan komunikasi?

- Berapa banyak waktu yang kita miliki untuk mengatasi kesenjangan keterampilan?

3. Kembangkan rencana peningkatan keterampilan dan pelatihan ulang

Namun, karena pelatihan ulang membutuhkan perolehan kemampuan baru, biasanya dibutuhkan waktu lebih lama bagi karyawan untuk menjadi terampil kembali dan dengan percaya diri menjalankan peran baru mereka.

Ketika mengembangkan rencana peningkatan keterampilan dan pelatihan ulang, sangat penting untuk menyertakan kriteria peningkatan dan kesiapan kerja serta memastikan bahwa kriteria tersebut konsisten dengan rencana sumber daya Anda.

 

3 dari 3 halaman

4. Buatlah anggaran untuk waktu dan tenaga.

kebanyakan organisasi membuat kesalahan dengan hanya berfokus pada biaya pelatihan saat menentukan kebutuhan anggaran.

Mereka mengabaikan waktu manajer program pembelajaran, serta laporan dan waktu yang diinvestasikan oleh karyawan untuk memahami teknologi.

Meskipun kebutuhan dan skala pengembangan keterampilan setiap organisasi itu unik, ada baiknya untuk mendekatinya sebagai sebuah program yang dipimpin oleh sumber daya pembelajaran dan pengembangan, dengan waktu yang ditentukan untuk desain, pelaksanaan, dan pelaporan.

Selain itu, rencanakan juga kebutuhan perjalanan dan teknologi karyawan saat mereka menjalani program

5. Dapatkan dukungan dari pemangku kepentingan utama Anda

Tim SDM, tim pembelajaran dan pengembangan, keuangan, manajemen vendor, dan, dalam kasus yang jarang terjadi, tim hukum harus memberikan dukungan strategis dan operasional ketika mengembangkan keterampilan tim.

Tim-tim ini perlu meluangkan waktu untuk membantu Anda dalam proyek peningkatan keterampilan, oleh karena itu dukungan mereka sangat penting.

Sangat penting untuk memastikan bahwa para pemangku kepentingan Anda memahami bagaimana dukungan mereka terhadap program Anda akan mempengaruhi tujuan perusahaan. 

6. Menerapkan rencana pelatihan

Untuk mengatasi kesenjangan keterampilan AI, pikirkan bagaimana program pelatihan Anda menargetkan pengetahuan dan penerapan.

Memasukkan kedua faktor ini dalam program peningkatan keterampilan dan pelatihan ulang akan memastikan bahwa tingkat keterampilan karyawan melebihi kesadaran mereka.

Saat membuat program pelatihan AI, pilihlah perpaduan yang tepat antara kelas sesuai permintaan, kelas langsung, dan pelatihan.

Terapkan praktik pembelajaran terbaik agar peserta mendapatkan informasi, bukan sekadar menyelesaikan kursus.

Ada kemungkinan yang luar biasa untuk menciptakan solusi yang kuat dengan AI, namun hal ini hanya dapat dicapai jika kita memiliki tenaga kerja terampil yang tidak hanya memiliki pengetahuan, tetapi juga kepercayaan diri untuk menggunakan AI secara bermakna. Dan, sebagai pemimpin, kita harus memprioritaskan untuk mengatasi kesenjangan keterampilan AI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.