Sukses

Pemerintah Buka Opsi Pakai Dana BOS Biayai Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran

Pemerintah membuka opsi untuk membiayai program makan siang gratis milik pasangan capres nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dari dana Bantuan Operasional Sekolah atau (BOS). Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah membuka opsi untuk membiayai program makan siang gratis milik pasangan capres nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dari dana Bantuan Operasional Sekolah atau (BOS). Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Meski demikian, pemerintah akan melakukan kajian lebih lanjut terkait penggunaan dana BOS untuk pembiayaan program makan siang gratis Rp15.000 per anak apabila kegiatan simulasi telah banyak dilakukan di berbagai wilayah Indonesia. Adapun, dana BOS merupakan bantuan pendidikan yang berasal dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

"Rencana nanti kita formulasikan (dana BOS), kalau simulasinya (makan siang gratis) sudah banyak," ujar Airlangga kepada awak media di Kementerian Perekonomian, Jakarta Pusat, Kamis (29/2/2024).

Saat ini, Airlangga mengaku pemerintah belum melakukan pembahasan terkait penggunaan dana BOS untuk pembiayaan program makan siang gratis milik Prabowo-Gibran.

"Kita belum memutuskan (dana BOS)," tegasnya.

Terkait sumber anggaran untuk kegiatan simulasi program makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Kabupaten Tangerang, pada hari ini, Kamis (29/2). Airlangga menyebut, anggaran tersebut berasal dari Pemda Kabupaten Tangerang yang bertindak sebagai sukarelawan atau volunteer.

"Dari pemda (Kabupaten Tangerang)," pungkasnya.

Makan Siang dan Susu Gratis

Sebelumnya, Menko Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa program Makan Siang dan Susu Gratis akan masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2025.

"Masuk (RAPBN 2025)," kata Airlangga kepada awak media di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta Pusat, ditulis Sabtu (24/5).

Anggaran yang disediakan untuk program makan siang dan pemberian susu gratis tersebut berkisar Rp400 triliun. Namun, penyaluran anggaran akan dilakukan secara bertahap.

Dia menyebut, program pemberian makan siang dan susu gratis akan dibahas lebih lanjut dalam Kebijakan Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) 2025. Dia pun meminta masyarakat untuk bersabar menantikan hasil pembahasan pada Senin pekan depan.

"PPKF sedang dibahas, nanti Senin akan ada sidang kabinet. Jadi tunggu saja Senin," ungkap Ketua Umum Partai Golkar tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Siswa Sekolah Gembira Dapat Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran: Ringankan Beban Orang tua

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menggelar simulasi program makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Kabupaten Tangerang, pada hari ini, Kamis (29/2).

Diketahui, makan siang gratis merupakan program unggulan pasangan capres Prabowo-Gibran yang masih unggul dalam hitung cepat atau quick count oleh berbagai lembaga survei.

Lantas bagaimana tanggapan siswa terkait program makan siang gratis?

Tanza siswa kelas 9 V SMP Negeri 2 Curug, Kabupaten Tangerang mengaku senang atas pelaksanaan simulasi  program makan gratis yang diusung Prabowo-Gibran. Alasannya dia bisa menghemat uang jajan sekolah lantaran tidak perlu membeli makanan berat di jam istirahat.

"Ya, senang sih dapat makan gratis, kan lebih hemat, gak perlu jajan beli makanan lagi kalau keluar," ujarnya kepada Merdeka.com di lokasi.

Adapun, menu makan siang gratis yang ga diperoleh Tanza berupa nasi ayam goreng tepung. Menurutnya, porsi yang disajikan cukup lengkap dan mengenyangkan.

"Tadi, dapat nasi, ayam goreng tepung, ada capcay, dan buah pisang. Dapat nya juga lumayan banyak," bebernya.

Senada, Kanza siswa kelas 9 SMP Negeri 2 Curug turut merasa senang' atas pelaksanaan program makan siang gratis senilai Rp15.000 tersebut. Dia menyebut, pelaksanaan program makan siang gratis dapat meringankan beban kedua orang tuanya untuk mempersiapkan bekal sekolah.

"Ya tanggapannya senang sih dapat makan siang gratis. Kan orang tua jadi lebih ringan lagi, tidak repot menyiapkan bekal," ungkapnya.

 

3 dari 3 halaman

Hemat Uang Jajan

Selain itu, program makan siang gratis juga dinilai dapat menghemat uang jajan sekolah. Sehingga, dirinya dapat menyisihkan uang jajan untuk kegiatan menabung.

"Program ini juga buat uang jajan siswa dapat di sisihkan untuk nabung gitu kan," ucapnya.

Untuk menu yang diperoleh Kanza dalam program makan siang gratis kali ini nasi semur telur ayam. Adapun, tambahan buah yang diperoleh ialah pisang. "Menunya nasi, semur telur ayam, tumis buncis, tempe, dan siomay telor. Untuk buahnya dapat pisang," sahutnya.

 

 

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.