Sukses

IDSurvey dan Geo Dipa Energi Sinergi Kaji Pengembangan Panas Bumi

IDSurvey menandatangani nota kesepahaman dengan PT Geo Dipa Energi (Persero) tentang kerja sama joint study kegiatan operasi dan pengembangan energi panas bumi

 

Liputan6.com, Jakarta PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) sebagai Lead Holding BUMN Jasa Survei, IDSurvey terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik untuk negeri.

Hal ini ditunjukkan dengan menandatangani nota kesepahaman dengan PT Geo Dipa Energi (Persero) tentang kerja sama joint study kegiatan operasi dan pengembangan serta survei, inspeksi, pengujian, verifikasi, konsultansi dan sertifikasi untuk mendukung pemasaran dan pengembangan bisnis energi panas bumi.

Pada kegiatan ini, turut dihadiri oleh Direktur Utama IDSurvey/BKI Arisudono Soerono, beserta jajaran Direksi BKI, Direktur Utama SUCOFINDO, Jobi Triananda Hasjim, Direktur Utama Surveyor Indonesia, M. Haris Wijtaksana, Direktur Komersial Surveyor Indonesia, Saifudin Wijaya, Direktur Utama Geo Dipa Energi, Yudistian Yunis, dan Direktur Operasi Geo Dipa Energi, Supriadinata Marza.

“Sebagai perusahaan holding jasa survei yang bergerak dalam sektor Testing, Inspection, Certification, Classification & Statutory (TICCS), kami berkomitmen untuk mengakselerasi pembangunan berkelanjutan dengan menghadirkan layanan yang relevan dan membangun sinergi multipihak tak terkecuali dengan PT Geo Dipa Energi (Persero) dalam mendukung kontribusinya terhadap target energi terbarukan Indonesia,” ujar Direktur Utama IDSurvey, Arisudono Soerono, Kamis (1/2/2024).

Melalui penandatanganan nota kesepahaman ini diharapkan pengembangan bisnis di sector energy khususnya di bidang panas bumi dapat berkembang.

Potensi Panas Bumi

Selain itu juga dapat berkontribusi untuk memajukan negeri yang mana Indonesia memiliki energi panas bumi yang banyak dilihat dari jumlah gunung berapi. Serta, dapat menjadi instrumen yang efektif dalam mewujudkan langkah-langkah konkret bersama ke tingkat yang lebih strategis.

“Kami berharap dengan adanya kerjasama ini, membantu pengembangan studi geothermal dengan pengadaan tempat uji atau testing yang tersertifikasi dan laik serta efisiensi biaya pengujian yang mana selama ini kami selalu tidak ada tempat untuk melakukan pengujian selain di tempat negara asing. Kolaborasi IDSurvey dan Geo Dipa diharapkan dapat memberikan gambaran lebih utuh atas aturan pemerintah dan membuahkan sesuatu kepada negeri agar akselerasi dan perkembangan energi ini dapat sesuai dengan target pemerintah dan mewujudkan net zero emission di tahun 2060,” ujar Direktur Utama Geo Dipa Energi, Yustian Yunis.

“Besar harapan kami dapat mewujudkan visi bersama untuk mencapai traKami meyakini bahwa dengan semangat kebersamaan dan komitmen yang kuat, sinergi ini akan memberikan kontribusi yang lebih besar untuk kemajuan bersama dalam skala yang lebih luas,” tutup Arisudono.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

IDSurvey Ditarget Masuk 5 Perusahaan Terbesar ASEAN Bisnis TIC

Holding BUMN jasa survey yakni IDSurvey memberikan target agar perusahaan bisa masuk lima besar di Asia Tenggara dalam bisnis jasa Testing, Inspection and Certification (TIC).

Asisten Deputi Bidang Industri Manufaktur Kementerian BUMN, Liliek Mayasari mengatakan Kementerian BUMN terus melakukan transformasi keuangan, bisnis, maupun sumber daya manusia (SDM), sekaligus mengeluarkan program-program konkret yang dapat menjawab tantangan yang ada.

"Tantangan itu meliputi kesiapan SDM yang krusial untuk mendukung model bisnis, keuntungan bisnis, dan keberlangsungan usaha di masa depan," kata Liliek, Rabu (20/12/2023).Dia meminta perusahaan bisa mencetak EBITDA sebesar Rp 2 triliun dalam tiga tahun ke depan.

Sementara itu, IDSurvey sebagai Holding BUMN Jasa Survei yang beranggotakan PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) / BKI, PT SUCOFINDO, dan PT Surveyor Indonesia telah menunjukkan sisi kinerja keuangan dan operasional.

“Kami titip IDSquad (pegawai IDSurvey) untuk dapat menjaga prestasi. Kami beraharap tranfsormasi dapat terus dilakukan, baik transformasi keuangan, bisnis, dan maupun SDM. Sekaligus program konkret untuk menjawab tantangan di masa depan,” ujar Liliek Mayasari.

 

3 dari 3 halaman

Upaya IDSurvey

Saat ini IDSurvey untuk dapat mewujudkan Big Five di Asia Pasifik, menciptakan inovasi berkelanjutan, khususnya dalam mitigasi isu lingkungan, yaitu layanan EQUATR (konsultasi manajemen dekarbonisasi) yang dimiliki PT BKI (Persero), layanan validasi dan verifikasi dengan menerbitkan opini untuk perhitungan klaim karbon para pelaku usaha dengan skema Gas Rumah Kaca (GRK) dan Nilai Ekonomi Karbon (NEK) milik PT SUCOFINDO.

“Nantinya dengan komitmen yang kuat antar 3 entitas, mampu mencapai tujuan bersama dan memenuhi kebutuhan para stakeholders,” kata Direktur Utama PT Biro Klasifikasi (Persero) Lead Holding IDSurvey, Arisudono Soerono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.