Sukses

10 Miliarder Kecantikan Terkaya 2023, Ada Rihanna hingga Kim Kardashian

Bisnis kecantikan tidak hanya menghasilkan untung ratusan miliar setiap tahun, tetapi juga ternyata beberapa miliarder terbesar di dunia. Jadi siapa saja para miliarder kecantikan ini?

Liputan6.com, Jakarta Tidak hanya bidang teknologi, dunia juga memiliki orang terkaya yang punya bisnis dalam dunia kecantikan. Dari Kim Kardashian, Rihanna, hingga pemilik LVMH Bernard Arnault, inilah daftar miliarder kecantikan terkaya di dunia 2023.

Melansir South China Morning Post, Minggu (20/8/2023), Françoise Bettencourt Meyers menjadi salah satu nama yang masuk dalam daftar. Dia berada dalam jejeran miliarder kecantikan terkaya selama bertahun-tahun.

Baik Bernard Arnault dan Bettencourt Meyers, keduanya memiliki satu kesamaan, yaitu sama-sama bos kerajaan kecantikan – LVMH dan L'Oréal. Sektor kecantikan, yang didefinisikan sebagai perawatan kulit, wewangian, tata rias, dan perawatan rambut, menghasilkan pendapatan sekitar USD 430 miliar tahun lalu, menurut McKinsey & Company. Perusahaan juga memperkirakan sektor ini akan terus tumbuh pesat sebesar enam persen per tahun.

Bisnis kecantikan tidak hanya menghasilkan untung ratusan miliar setiap tahun, tetapi juga ternyata beberapa miliarder terbesar di dunia. Jadi siapa saja para miliarder kecantikan ini?

10. Suh Kyung-bae (Amorepacific) – USD 1,6 Miliar

Sebagai ketua Amorepacific, perusahaan kosmetik dan perawatan kulit terbesar di Korea Selatan, Suh Kyung-bae, tidak hanya menjadi miliarder, tetapi juga orang terkaya kedua di negara itu pada 2015. Sejak saat itu, ia selalu berada di antara 10 besar orang terkaya di Korea Selatan.

Ketika menggantikan bisnis kosmetik ayahnya sebagai CEO pada 1997, Suh merombak Amorepacific dengan lusinan merek, seperti Amore Pacific, Innisfree, Etude, dan Laneige. Saat ini Amorepacific bernilai USD 4,7 miliar dan bosnya memiliki kekayaan sebesar USD 1,6 miliar, menurut perkiraan Forbes.

9. Kim Kardashian (KKW Beauty) – USD 1,7 Miliar

Bintang reality TV Kim Kardashian, juga seorang pengusaha yang sangat sukses. Dia mendominasi kancah kecantikan dan dunia mode dengan lini shapewear KKW Beauty dan Skims.

Kardashian meluncurkan KKW Beauty pada 2017, yang menghasilkan pendapatan kotor lebih dari USD 100 juta, menurut Celebrity Net Worth. Pada 2020, dia menjual 20 persen sahamnya seharga USD 200 juta, memperkirakan nilai keseluruhannya sebesar USD 1 miliar. Tapi dia menutupnya pada 2021 dan meluncurkan SKKN By Kim, koleksi perawatan kulit kelas atas sembilan langkah tahun lalu, menurut Forbes. Dia saat ini memiliki USD 1,7 miliar, menurut sumber yang sama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

8. Rihanna (Fenty Beauty) – USD 1,7 Miliar

Superstar Rihanna menjadi miliarder pada 2021, berkat kerajaan Fenty Beauty yang di mana ia memiliki 50 persen pendapatan, menurut Forbes. Hal itu juga menjadikannya penyanyi wanita terkaya di dunia dengan kekayaan bersih USD 1,7 miliar, per Celebrity Net Worth.

Diluncurkan pada 2017 dalam kemitraan dengan merek mewah LVMH, Fenty Beauty bertujuan untuk menarik wanita dari semua warna kulit. Itu menghasilkan USD 100 juta dalam dua bulan pertama, menurut Celebrity Net Worth. Hari ini, nilainya USD 1,4 miliar. Rihanna juga memiliki 30 persen merek pakaian dalam Savage x Fenty, yang bernilai USD1 miliar.

7. Hou Juncheng (Proya) – USD 2,2 Miliar

Hou Juncheng mendirikan Proya pada 2006 dan mengubah perusahaan tersebut menjadi salah satu grup kosmetik teratas di China. Proya fokus pada produk perawatan kulit, make-up dan kecantikan untuk wanita usia 18 hingga 24 tahun di kota-kota kecil dan menengah. Perusahaan ini terkenal dengan merek khas lokal dan internasional seperti Timage, Zwyer Caviar, dan Artemis.

Pada 2020, ia masuk dalam daftar miliuner Tiongkok versi Forbes dengan kekayaan senilai USD 1,2 miliar. Lebih dari dua tahun kemudian, dia hampir menggandakannya menjadi USD 2,2 miliar.

6. Antonio Luiz Seabra (Natura) – USD 3 Miliar

Antonio Luiz Seabra mendirikan Natura pada 1969. Dia menjadikannya merek kecantikan terbesar di Brasil – dan menjadikan dirinya miliarder.

Natura, pemilik The Body Shop saat ini, pertama kali terinspirasi oleh model penjualan door-to-door Avon, berkembang dari Brasil ke negara-negara Amerika Latin lainnya dan kemudian Prancis. Kemudian dibeli Avon, menghasilkan pendapatan kotor gabungan tahunan lebih dari USD 10 miliar, menurut Premier Beauty News.

Seabra juga memiliki Bresco, sebuah perusahaan persewaan properti yang berfokus pada gudang, kantor, dan hotel. Bisnisnya menghasilkan USD 3 miliar ke dalam kantong uangnya, lapor Celebrity Net Worth.

 

3 dari 4 halaman

5. Michael dan Wolfgang Herz (Beiersdorf) – USD 13 Miliar

Saudara Michael dan Wolfgang Herz berutang hampir setengah dari Beiersdorf, perusahaan di belakang merek-merek populer, seperti Nivea, Eucerin, dan Labello. Mereka masing-masing memiliki kekayaan bersih masing-masing USD 6,5 miliar, menurut Forbes.

Uang mereka tidak hanya mengalir dari produk perawatan kecantikan, tetapi juga sebagian besar dari Tchibo Holding, salah satu grup retail terbesar di Jerman.

4. Keluarga Lauder (Estée Lauder) – USD 40 miliar

Estée Lauder dan suaminya Joseph mendirikan perusahaan tersebut pada 1946, yang telah berkembang menjadi salah satu nama terkemuka di bisnis kosmetik saat ini dengan lini yang sudah dikenal, seperti Clinique, Mac, La Mer, dan lainnya. Keturunan mereka telah mengembangkan merek tersebut menjadi kekayaan gabungan sebesar USD 40 miliar, menjadikan mereka salah satu dari lima keluarga terkaya di AS, menurut Celebrity Net Worth.

3. Alain dan Gerard Wertheimer (Chanel) – USD 90 miliar

Brothers Alain dan Gerard Wertheimer, pemilik bersama Chanel, masing-masing bernilai USD45 miliar atau USD 90 miliar secara gabungan, menurut Celebrity Net Worth.

Sebagai cucu dan ahli waris Pierre Wertheimer, yang membeli mitra awalnya Gabrielle (Coco) Chanel, senama perusahaan, sebagian besar kekayaan saudara-saudara jelas berasal dari lini merek favorit, termasuk Chanel Beauty dan Chanel Perfume. Aliran uang mereka yang lain juga mencakup tiga kebun anggur di Prancis dan Lembah Napa California, serta pembiakan kuda pacu.

 

4 dari 4 halaman

2. Françoise Bettencourt Meyers (L'Oréal) – USD 90 Miliar

Ratu bisnis kecantikan, Françoise Bettencourt Meyers, adalah cucu dari Eugène Schueller, pendiri L'Oréal. Kekayaan bersihnya sebesar USD 90 miliar, per Kekayaan Bersih Selebriti, meningkat lebih dari dua kali lipat sejak 2018, ketika dia menduduki puncak daftar pendatang baru terkaya versi Forbes dengan USD 42,2 miliar.

Pewaris Liliane Bettencourt, yang merupakan wanita terkaya di dunia sebelum kematiannya pada 2017. Kekayaannya berasal dari dia dan keluarganya 33 persen saham di perusahaan.

1. Bernard Arnault (LVMH) – USD 219 Miliar

Lawan tangguh Elon Musk yang telah mengalahkannya ke daftar teratas lebih dari sekali dalam beberapa tahun terakhir, tidak lain adalah Bernard Arnault, bos besar Prancis dari rumah mewah raksasa LVMH. Dialah pemilik lebih dari 70 merek mode dan kecantikan termasuk papan atas, seperti Louis Vuitton, Christian Dior, Fendi, Tiffany, Bulgari dan Givenchy.

Salah satu pendiri LVMH, Arnault adalah penguasa dunia mode dan kecantikan. Laba LVMH melonjak dari USD 4 miliar pada 1989 menjadi USD 86 miliar tahun lalu dan sahamnya meningkat 35 persen selama setahun terakhir, menurut Forbes. Kekayaan Arnault sekitar USD 219 miliar, menurut sumber yang sama.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini