Sukses

Penerbangan Bandara Husein Sastranegara Pindah ke Kertajati Oktober 2023, Kemenhub Siapkan Bus dan Travel

Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Darat telah berupaya memenuhi integrasi moda dari dan menuju Bandara Kertajati, pada rute Kota Bandung dan Cirebon dengan angkutan bus maupun agen travel.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi membahas penyiapan integrasi antarmoda di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. Bandara Kertajati ini target akan melayani penerbangan komersial reguler pada Oktober 2023.

Menhub Budi Karya menyampaikan, setelah melayani haji dan umrah, Bandara Kertajati bersiap melayani penumpang pesawat sesuai rencana pemindahan operasional Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati pada Oktober 2023.

Oleh karenanya, Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Darat telah berupaya memenuhi integrasi moda dari dan menuju Bandara Kertajati, pada rute Kota Bandung dan Cirebon dengan angkutan bus maupun agen travel.

"Penyiapan shelter angkutan darat memerlukan waktu sekitar 3 sampai 4 bulan. Oleh karenanya saya minta Pemprov Jabar untuk membahas upaya integrasi dari Bandara Kertajati menuju Kota dan Provinsi lainnya maupun sebaliknya. Selain itu, saya juga meminta Pemprov Jabar mengkurasi agen perjalanan yang memiliki record bagus," pinta Menhub dalam keterangan tertulis, Sabtu (29/7/2023).

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja menyampaikan, pihaknya telah berkoordinasi dengan beberapa pihak penyedia jasa angkutan darat untuk memenuhi integrasi antarmoda menuju DKI Jakarta, Jawa Barat, maupun Jawa Tengah.

Menurut dia, pengembangan Bandara Kertajati telah menarik minat beberapa pihak dari India dan Arab Saudi. Negara-negara itu telah menyampaikan minatnya untuk mengembangkan Bandara Kertajati.

"Berbagai pertemuan untuk membahas peluang investasi pengembangan Bandara Kertajati melalui skema Public Private Partnership atau Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) juga telah dilaksanakan," kata Setiawan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penerbangan Bandara Husein Sastranegara Pindah ke Kertajati Mulai Oktober 2023

Sebelumnya, Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bandung Ema Sumarna meyakini bahwa Kota Bandung bisa beradaptasi dengan perpindahan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung ke Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat mulai Oktober 2023 mendatang.

"Untuk pengaruh ekonomi, kita akan lihat, kan kejadiannya juga belum, tapi yang jelas siapa pun juga akan beradaptasi dengan rencana dan kebijakan ini (perpindahan penerbangan ke Bandara Kertajati)" kata Ema Sumarna, di Pasar Cihapit, Kota Bandung, dikutip dari Antara, Rabu (12/7/2023).

Lebih lanjut, Ema menerangkan bahwa posisi dari pemerintah kota mendukung sepenuhnya kebijakan dari pemerintah pusat tersebut, dan dia mengharapkan seluruh masyarakat juga bisa mendukung, walau di awal tidak akan dapat menyenangkan seluruh pihak.

"Kami kan di level bawah pasti harus mendukung apa yang jadi kebijakan pemerintah pusat, tinggal menyesuaikan. Untuk saat ini tidak mungkin menyenangkan semua pihak, tetapi seiring dengan berjalannya waktu, saya yakin perlahan bisa menyesuaikan dengan kebijakan itu," ujarnya lagi.

Terlebih, ujar dia, saat ini dengan Tol Cisumdawu yang sudah diresmikan, akan mempermudah akses dan juga tidak semua pesawat akan dipindahkan ke Kertajati.

"Dengan tol yang sudah berjalan, itu konon katanya paling lambat hanya dua jam, dan saya yakin penyesuaian itu akan ada, toh di Bandung pun nanti tidak akan hilang semuanya saya pikir kalau yang baling-baling kelihatannya akan tetap di sini, jadi semua akan mulai beradaptasi," ujarnya lagi.

3 dari 3 halaman

Bandara Kertajati Beroperasi Penuh

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat bakal beroperasi penuh di Oktober 2023, sehingga penerbangan komersial dengan pesawat jet yang ada di Bandara Husein Sastranegara akan dipindahkan seluruhnya ke Kertajati.

"Nantinya dimulai bulan Oktober, (Bandara Kertajati) akan operasi penuh. Artinya dari Bandara Husein Sastranegara akan digeser ke Kertajati, utamanya untuk yang pesawat jet," ujar Jokowi.

Jokowi juga mengatakan saat ini Bandara Kertajati sudah terhubung dengan Tol Cisumdawu yang baru saja diresmikan olehnya, dengan begitu perjalanan masyarakat, khususnya dari Bandung akan makin singkat dan lebih mudah ke Kertajati.

"Plus ini telah selesai dan diresmikan Tol Cisumdawu, sehingga jarak tempuh antara Bandara Kertajati dan Bandung hanya kurang lebih 1 jam ini juga akan mempercepat perkembangan Bandara Kertajati," kata Jokowi.

Jokowi juga memaparkan perkembangan trafik terkini dari Bandara Kertajati. Bandara internasional itu, menurutnya, makin ramai, Kertajati sudah bisa digunakan untuk embarkasi dan debarkasi haji untuk 8.000 jamaah di tujuh kabupaten dan kota di Jawa Barat, ditambah juga sudah digunakan untuk penerbangan umrah hingga empat kali seminggu.

Maskapai swasta juga sudah mulai membuka rute penerbangan reguler internasional di Kertajati, yakni rute penerbangan dari dan ke Kuala Lumpur, Malaysia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini