Sukses

Disaksikan Erick Thohir, Yayasan BUMN Beri Bantuan Alat Kesehatan Pemprov Sumbar

Menteri BUMN Erick Thohie menyaksikan pemberian bantuan alat-alat kesehatan yang diserahkan Yayasan BUMN untuk Indonesia kepada Pemprov Sumbar.

Liputan6.com, Jakarta Kunjungan kerja Menteri BUMN, Erick Thohir ke Sumatera Barat beberapa waktu lalu tak hanya menginisiasi proyek infrastruktur untuk memajukan perekonomian dan pariwisata di Ranah Minang.

Selain meninjau rencana pembangunan jembatan layang di Sitinjau Lauik dan reaktivasi KA Wisata Mak Itam pada jalur Sawahlunto-Muarokalaban, Erick juga menyaksikan pemberian bantuan alat-alat kesehatan yang diserahkan Yayasan BUMN untuk Indonesia kepada Pemprov Sumbar.

Dalam kunjungan yang didampingi anggota DPR asal Sumbar, Andre Rosiade, Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy, Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta, Bupati Agam Andri Warman, dan Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, pada Selasa 20 Desember itu, Menteri BUMN kembali menegaskan bahwa pemerintah tidak pernah menomorduakan Sumatera Barat.

"Di luar dukungan pembangunan dan pemberdayaan infrastruktur yang lebih memadai sehingga bisa mendongkrak perekonomian daerah dan nasional, kami juga memberikan bantuan berupa alat-alat kesehatan. Hal ini bertujuan agar ketahanan kesehatan di setiap daerah merata. Ini membuktikan bahwa kami tidak pernah menomorduakan Sumbar," ujar Erick Thohir, ditulis, Jumat (30/12/2022).

Sumbangan alat-alat kesehatan yang diberikan Yayasan BUMN untuk Indonesia terdiri dari delapan unit ventilator, delapan unit oxygen concentrator, dan 20.000 lembar masker medis.

Bantuan yang diberikan Direktur Eksekutif Yayasan BUMN untuk Indonesia, Syafuan diterima Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy di Stasiun KAI Sawahlunto untuk kemudian akan dikelola oleh dinas kesehatan provinsi serta didistribusikan kepada rumah sakit di beberapa kota dan kabupaten di Sumatera Barat.

“Yayasan BUMN untuk Indonesia sudah beberapa kali memberikan bantuan alat kesehatan ke banyak rumah sakit di Indonesia. Alhamdulillah, sekarang giliran Sumatera Barat. Saya sangat senang dan bahagia sekali, semoga bantuan ini dapat bermanfaat dan menjadi berkah untuk warga Sumbar yang membutuhkan,” ungkap Syafuan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apresiasi Pemprov

Audy Joinaldy mewakili Pemprov Sumbar berterima kasih atas bantuan yang sangat berarti bagi rumah sakit-rumah sakit umum daerah yang menyebar di kota dan kabupaten Sumbar.

“Kami pasti akan menggunakan sumbangan alat kesehatan ini sebaik-baiknya untuk kepentingan bersama agar ketahanan kesehatan masyarakat Sumbar meningkat. Semoga ke depannya, Yayasan BUMN untuk Indonesia terus memberikan perhatian dan bantuan-bantuan lain di berbagai sektor lainnya,” katanya.

Wakil rakyat asal Minang, Andre Rosiade juga menyambut baik pemberian alat-alat kesehatan tersebut.

“Saya mengapresiasi bantuan yang telah diberikan Yayasan BUMN Untuk Indonesia kepada rumah sakit melalui Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Harapannya, bantuan ini dapat meningkatkan fasilitas kesehatan di Sumbar untuk dinikmati seluruh masyarakat," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Erick Thohir Tinjau Proyek Infrastruktur BUMN di Sumatera Barat

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berkunjung ke beberapa wilayah di Sumatera Barat, pada Selasa, 20 Desember 2022. Kunjungannya, antara lain untuk memantau sejumlah proyek infrastruktur milik BUMN.

Pada kunjungannya kali ini, Erick mengagendakan pertemuan dengan beberapa BUMN, antara lain Hutama Karya (HK). HK tengah mengembangkan sebuah proyek yang dapat mengurai persoalan lalu lintas antara Padang-Solok, Sumatra Barat (Sumbar). HK memrakarsai pembangunan Flyover Sitinjau Lauik dengan konsep kerja sama pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

“Hari ini mau meninjau beberapa proyek BUMN untuk meningkatkan infrastruktur Sumatra Barat. Mulai dari pembangunan KPBU Sitinjau Lauik, hingga revitalisasi Kereta Api Mak Itam yang legendaris oleh KAI. Insya Alloh dengan infrastruktur yang lebih memadai, Sumatra Barat bisa mendongkrak perekonomian daerah dan nasional,” ujar Erick.

Erick mendapatkan sambutan ribuan warga Padang dan sekitarnya saat baru saja mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Sumatera Barat. Massa memenuhi kiri dan kanan jalan yang dilewati rombongan Erick di sepanjang jalur exit dari Bandara.

Warga mempersiapkan diri untuk menyambut tokoh yang kini populer sebagai salah satu calon pemimpin bangsa melalui berbagai survei belum lama ini. Hal itu antara lain terlihat dari munculnya spanduk bertuliskan Erick Thohir Pilihan Nan Tapek 2024. Tulisan berbahasa daerah setempat tersebut dapat diterjemahkan menjadi Erick Thohir Pilihan Yang Tepat 2024.

Spanduk yang membentang di beberapa titik jalan tersebut menandai sikap sebagian warga atas dukungan masyarakat Sumatra Barat terhadap Erick untuk maju pada Pemilihan Umum 2024.

Mendapatkan sambutan hangat seperti itu, Erick menyempatkan diri menyapa dan melambaikan tangan. Erick pun menjabat tangan beberapa warga yang berdiri dekat dengan kendaraan yang ditumpanginya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.