Sukses

PNS Diminta Siap-Siap Digeser ke BUMN, Ada Apa?

PNS diminta siap untuk bekerja lintas instansi, termasuk ke BUMN dalam konsep ASN Merdeka.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo terus menggaungkan konsep ASN Merdeka. Lewat konsep ini, PNS diminta siap untuk bekerja lintas instansi sesuai permintaan.

"Kami ke depan juga ingin ASN jadi ASN Merdeka. ASN Merdeka itu, mulai dia mendaftar sebagai pegawai negeri, masuk di PANRB, jangan sampai dia pensiun di PANRB," ujar Tjahjo dalam acara Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM Tahun 2021, Senin (20/12/2021).

Tidak hanya lintas instansi, PNS juga bisa saja berpindah ke badan usaha milik negara (BUMN) seperti Pertamina, PLN, dan lainnya. Selain itu, karyawan swasta juga diberi kesempatan untuk bisa menduduki posisi eselon I dan II di suatu kementerian/lembaga.

"Dia (PNS) bisa pindah di kementerian lain, dia bisa pindah di BUMN, dan di BUMN juga bisa pindah di Kementerian PANRB. Termasuk deputi kami, SDM kami juga kami ambilkan dari mantan PT BNI dan Bank Mandiri," tuturnya.

"Itu contoh-contoh yang ingin kita bangun dalam konteks birokrasi atau ASN yang merdeka," tegas Tjahjo.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Birokrasi

Menurut Tjahjo, terbukanya peluang pekerja swasta menjadi pejabat PNS akan membuat kerja birokrasi jadi lebih cepat dan efektif.

Presiden Joko Widodo sendiri telah menetapkan tiga agenda utama reformasi birokrasi jangka pendek. Antara lain, mempercepat perizinan investasi, mempercepat layanan masyarakat, dan menghitung ulang komposisi ASN/PNS yang benar-benar dibutuhkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.