Sukses

Peluang Usaha Logistik Masih Moncer di Tengah Pandemi

Liputan6.com, Jakarta Akhir tahun ini sejumlah orang harus berpikir apa usaha yang tahan banting saat pendemi. Usaha jasa logistik semakin bersinar di Indonesia. Terlebih saat pandemi Covid-19 yang mempengaruhi kebiasaan berbelanja masyarakat.

Berdasarkan data RedSeer pada November 2020, bisnis jasa logistik tumbuh hingga 100 persen bahkan mencapai 400 persen pada September. Hal tersebut seiring dengan penggunaan layanan e-commerce dan marketplace yang meningkat hingga 69 persen.

“Tahun depan, usaha logistik ini masih moncer, dan kami memang membuka kemitraan ini seluas-luasnya. “ kata Beni Syarifudin, Pendiri sekaligus CEO Trawlbens di Jakarta, kamis (3/12/2020).

TrawlBens sendiri saat ini tengah sibuk untuk melakukan penandatanganan kerjasama dengan mitra bisnis. Bahkan bulan lalu TrawlBens juga telah membuka kantor training center untuk melatih karyawan yang dikirim kepada mitra bisnis.

Melihat peluang yang begitu besar, TrawlBens startup kargo pertama di Indonesia kemudian meluncurkan aplikasi dengan teknologi digital terbaru. Di dalam aplikasi tersebut terdapat layanan pengiriman atau perpindahan barang ke seluruh Indonesia.

TrawlBens juga gencar memperluas jaringan dan membuka peluang kemitraan. Kesempatan menjadi mitra TrawlBens masih terbuka lebar dan syaratnya sangat mudah.

"Untuk saat ini TrawlBens membuka lima kemitraan yaitu mitra bisnis, mitra space, mitra pool warehouse, mitra kurir motor dan mitra transporter mobil,"ujar Beni.

Dia menjelaskan mitra bisnis merupakan kemitraan yang sangat menarik. Alasannya sederhana hanya duduk santai di rumah bisa mendapatkan penghasilan fantastis.

"Dapatkan keuntungan fantastis lebih dari 30 juta rupiah perbulannya tanpa perlu repot-repot mencari customer. Customer akan secara otomatis mendatangi tempat Anda," kata Beni.

Menurutnya mitra bisnis TrawlBens hanya perlu menyiapkan tempat sebagai kantor dan penyimpanan barang serta armada untuk mengirimkan barang. Mitra kemudian akan bertanggung jawab dalam menerima dan mengirim barang kepada customer di wilayah setempat.

"Mitra akan mendapatkan software aplikasi TrawlBens, seragam, interior design. Kemudian brandingan untuk armada yang Anda miliki, peralatan penunjang seperti timbangan, alat ukur, alat potong dan alat lainnya. Serta mendapatkan pelatihan untuk menjadi pengusaha kargo yang sukses," jelas dia.

 

2 dari 3 halaman

Syarat

Syarat lain menjadi mitra bisnis yaitu memiliki lahan atau tempat usaha seperti rumah/ruko, baik milik sendiri atau menyewa. Tempat tersebut hatus memiliki akses jalan dua lajur yang dapat dilalui oleh kendaraan roda empat. Kemudian memiliki kendaraan baik milik pribadi atau menyewa.

Jika tidak memiliki bisa mengajukan leasing dengan partner TrawlBens. Selain itu, memiliki karyawan dan driver. Apabila tidak memiliki, bisa mengajukan bantuan pencarian karyawan oleh partner TrawlBens.

Beni juga menjelaskan jika mempunyai garasi rumah ataupun kios di pinggir jalan pilih saja menjadi mitra space. "Mitra tidak perlu pusing mencari customer, karena TrawlBens akan membantu dalam mendapatkan customer." katanya.

Menurut dia mitra space nantinya akan menerima barang dari mitra kurir motor TrawlBens. Kemudian barang yang datang ditimbang dan diukur secara aktual, serta melakukan packing barang yang akan di kirimkan.

Kemudian satu lagi penawaran kemitraan dari TrawlBens yaitu mitra pool warehouse. Syaratnya mempunyai lahan minimal 1.000 m2. Lahan tersebut nantinya sebagai gudang penyimpanan barang kiriman menjadi mitra pool warehouse.

"Untung yang bisa Anda dapatkan lebih dari Rp50 juta per bulan," kata Beni.

Dia menjelaskan mitra pool warehouse TrawlBens memiliki tugas dan tanggung jawab dalam menerima kolektif barang dari mitra binis. Mitra space yang nantinya akan di sortir dan di kirimkan ke luar kota oleh mitra transporter mobil.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: